9 Mei 2023 4:09 pm

Waspada Bahaya Heatstroke -Tewaskan Ribuan Warga India dan 2 Anak Malaysia! Kenali Cara Mencegahnya!

Waspada Bahaya Heatstroke -Tewaskan Ribuan Warga India dan 2 Anak Malaysia! Kenali Cara Mencegahnya!
Cuaca panas yang ekstreem saat ini tengah melanda beberapa negara di Asia.

Baru-baru ini beredar kabar dua anak berusia 19 bulan dan 11 tahun di Malaysia yang meninggal dunia setelah mengalami heat stroke atau serangan panas akibat cuaca panas.
Dilansir dari The Straits Times, salah satu orang tua dari bayi berusia 19 bulan yang meninggal mengatakan bahwa anaknya menunjukkan gejala seperti batuk-batuk dan muntah selama kurang lebih satu minggu.
Sementara, di India angka kematian akibat gelombang panas telah mencapai 24.000 kasus dari tahun 1992 sampai April 2022. Sedangkan pada tahun ini, gelombang panas yang belakangan terjadi di India menewaskan sedikitnya 13 orang dan delapan lainnya masih menjalani perawatan medis.

Apa Itu Heatstroke?


Heatstroke adalah kondisi yang disebabkan jika tubuh kamu terlalu panas, biasanya akibat paparan panas yang berkepanjangan atau aktivitas fisik pada suhu yang tinggi. Heatstroke, bisa terjadi jika suhu tubuh naik menjadi 40 C (104 F) atau lebih tinggi. Kondisi ini paling umum terjadi pada bulan-bulan musim kemarau.

Heatstroke membutuhkan perawatan darurat. Jika tidak diobati, heatstroke dapat merusak otak, jantung, ginjal, dan otot dengan cepat. Kerusakan tersebut akan semakin parah jika pengobatan ditunda, dan dapat meningkatkan risiko komplikasi serius atau kematian.

Gejala Heatstroke Beberapa gejala dari heatstroke meliputi :
  1. Suhu tubuh yang tinggi mencapai 40 C (104 F)
  2. Perubahan kondisi mental atau perilaku, seperti kebingungan, kegelisahan, bicara tidak jelas, mudah tersinggung, kejang, dan koma
  3. Perubahan dalam berkeringat. Heatstroke yang disebabkan oleh cuaca panas, kulitmu akan terasa panas dan kering saat disentuh. Namun, heatstroke yang disebabkan olahraga berat, kulit akan terasa kering atau sedikit lembab
  4. Mual dan muntah
  5. Kulit memerah seiring meningkatnya suhu tubuh
  6. Pernapasan menjadi cepat dan dangkal
  7. Detak jantung meningkat secara signifikan karena tekanan panas memberikan beban yang luar biasa pada jantung untuk mendinginkan tubuh
  8. Sakit kepala hingga berdenyut.

Penyebab Heatstroke


Heatstroke dapat terjadi akibat dari :
  1. Paparan pada lingkungan panas. Jenis nonexertional heatstroke biasanya terjadi setelah terpapar cuaca panas dan lembap dalam waktu yang lama. Hal ini terjadi paling sering pada orang dewasa yang lebih tua dan pada orang yang menderita penyakit kronis.
  2. Aktivitas fisik yang berat. Exertional heatstroke disebabkan oleh kenaikan suhu tubuh inti akibat aktivitas fisik yang intens di cuaca panas, terutama jika kamu tidak terbiasa dengan suhu yang tinggi.

Dalam kedua jenis heatstroke di atas, kondisi tubuh juga dipengaruhi oleh :
  • Mengenakan pakaian berlebih yang mencegah keringat menguap
  • Minum alkohol, yang dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur suhu
  • Dehidrasi karena tidak minum cukup air untuk menggantikan cairan yang hilang melalui keringat

Mencegah Heatstroke


Heatstroke bisa diprediksi dan dicegah. Lakukan tindakan ini untuk mencegah heatstroke saat cuaca panas :
  1. Kenakan pakaian longgar dan ringan
  2. Lindungi diri agar tidak terbakar sinar matahari, dengan topi lebar dan kacamata hitam, serta gunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF min. 15 (setiap dua jam - atau lebih)
  3. Minum banyak cairan untuk menjaga diri tetap terhidrasi akan membantu tubuh berkeringat dan mempertahankan suhu tubuh yang normal
  4. Ambil tindakan ekstra dengan obat-obatan tertentu
  5. Jangan pernah meninggalkan seseorang di dalam mobil yang terparkir. Ini adalah penyebab umum dari kematian akibat panas pada anak-anak. Ketika terparkir di bawah sinar matahari, suhu dalam mobil dapat naik 20 derajat F (lebih dari 11 C) dalam 10 menit.
  6. Beristirahatlah di saat-saat terpanas, jika kamu tidak dapat menghindari aktivitas fisik yang berat di cuaca panas, minumlah cairan dan istirahatlah secara teratur di tempat yang sejuk
  7. Beradaptasi dengan kondisi cuaca, batasi waktu yang dihabiskan bekerja atau berolahraga di bawah sinar matahari hingga kamu terbiasa dengan kondisi cuaca tersebut
  8. Jika kamu mengonsumsi obat atau memiliki kondisi yang meningkatkan risiko masalah yang berkaitan dengan panas, hindari panas dan bertindak cepat jika kamu merasakan gejala kepanasan.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.