8 April 2023 3:04 pm

Temukan 6 Manfaat Kesehatan Yang Mengejutkan dari Puasa Ramadhan

Temukan 6 Manfaat Kesehatan Yang Mengejutkan dari Puasa Ramadhan
Bulan Ramadan adalah waktu istimewa untuk merenung, meningkatkan diri, berbuat baik, dan menguatkan spiritualitas. Puasa merupakan pilar utama dalam Bulan Suci ini, di mana mereka yang menjalankan puasa Ramadan berpuasa mulai dari fajar hingga maghrib.

Meskipun telah ada jutaan orang di seluruh dunia yang berhasil menjalani penyucian spiritual dalam Bulan Ramadan selama lebih dari seribu tahun, beberapa orang khawatir bahwa puasa dalam jangka waktu yang lama akan berdampak buruk pada kesehatan mereka.

Jika kamu termasuk salah satu dari mereka yang khawatir, mari kita lihat enam manfaat kesehatan yang akan kamu nikmati selama dan setelah Ramadan.

Manfaat Puasa Bagi Tubuh


Berikut adalah beberapa dampak positif puasa terhadap kesehatan :

1. Mengontrol Kadar Gula Darah


Studi yang diterbitkan oleh World Journal of Diabetes meneliti 10 orang dengan diabetes mellitus tipe 2. Para peneliti menyimpulkan bahwa puasa Ramadan dapat signifikan menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, puasa juga dapat mengurangi resistensi insulin, meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, dan membuat perjalanan glukosa dalam tubuh menjadi lebih efisien.

Namun, sebelum berpuasa, penting bagi mereka yang memiliki diabetes dan menggunakan obat atau insulin untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

2. Menurunkan Berat Badan


Menurut penelitian di The American Journal of Clinical Nutrition, puasa dapat meningkatkan metabolisme melalui peningkatan kadar norepinefrin dalam tubuh, yang dapat mengakibatkan penurunan berat badan.

Bahkan, dalam review di jurnal Nutrition, puasa sehari penuh dapat menurunkan berat badan hingga 9 persen dan massa lemak tubuh menurun secara signifikan setelah 12-24 minggu. Namun, penurunan berat badan akan lebih stabil jika diperhatikan pula menu makanan saat sahur dan berbuka puasa.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah


Menurut studi di jurnal Obesity, puasa selama delapan minggu dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol "jahat") hingga 25 persen dan trigliserida hingga 32 persen.

Bahkan, studi lain yang dilansir dari American Journal of Cardiology pada 4.629 orang menyebutkan bahwa puasa dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

4. Meningkatkan Fungsi Otak


Penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa puasa selama Ramadan juga memiliki efek signifikan pada peningkatan fungsi otak. Selama Ramadan, fokus mental meningkatkan tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, yang menghasilkan produksi lebih banyak sel otak, yang pada gilirannya meningkatkan fungsi otak.

Selain itu, hormon kortisol yang merupakan indikator tingkat stres juga mengalami penurunan yang signifikan selama dan setelah Ramadan. Ini berarti bahwa tingkat stres cenderung berkurang selama periode puasa Ramadan, menghasilkan manfaat kesehatan mental yang lebih baik.

5. Menyehatkan Jantung


Orang yang berpuasa secara teratur memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah. Ini karena, puasa secara teratur membuat tubuh beradaptasi sehingga lemak akan dijadikan sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Dampaknya, kolesterol di dalam tubuh akan berkurang dan mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Membentuk Pola Makan Teratur


Dengan menjalani ibadah puasa, kamu akan terlatih untuk mengikuti pola makan yang teratur dan membentuk kebiasaan makan yang baik untuk kesehatan.

Berpuasa telah terbukti memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Namun, jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa.

Cara Untuk Membantu Meningkatkan KesehatanSelama Ramadhan


1. Berbuka dan sahur dengan cara yang sehat

Hindari makanan berat, berlemak, gorengan, hidangan asin dan manis berlebihan. Mengatur waktu dan porsi makan juga membantu pencernaan dan mencegah penambahan berat badan.

2. Tetap terhidrasi

Dengan mengonsumsi cukup air selama waktu berbuka dan sahur. Kamu juga bisa membuat infuse water, dan hindari juga kopi dan teh.

3. Berolahraga secukupnya

Tetap aktif membantu mengurangi kelelahan, dan merupakan peluang bagus untuk menurunkan berat badan jika diperlukan. Kamu bisa berolahraga sebelum sahur atau beberapa jam setelah berbuka.

4. Ambil kebiasaan sehat (dan tinggalkan yang tidak sehat)

Ramadhan juga merupakan kesempatan untuk membuang kecanduan seperti merokok atau gula. Serta waktu yang tepat untuk memulai dan mempertahankan kebiasaan sehat seperti makan lebih banyak sayuran, dan minum lebih banyak air.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.