12 September 2022 3:20 pm

Sudah Rutin Menggosok Gigi?? Eits! TIdak Cukup! Berapa Lama Durasi Menggosok Gigi??

Sudah Rutin Menggosok Gigi?? Eits! TIdak Cukup! Berapa Lama Durasi Menggosok Gigi??
Meskipun menjadi salah satu bagian tubuh terkuat, gigi yang tidak dijaga dengan baik bisa terkikis, berlubang, dan akhirnya copot. Itulah sebabnya Fixas perlu menjaga kebersihan gigi dengan rajin menggosok gigi. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu berapa lama sebaiknya harus menggosok gigi.

Jika Fixas ingin tahu sebaiknya berapa kali sikat gigi dalam sehari, kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi, serta lamanya waktu menyikat gigi yang baik dan benar, simak terus panduan dalam artikel ini.

Durasi menyikat gigi yang ideal


Menyikat gigi merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Pasalnya, gigi dan mulut yang sehat memudahkan kita untuk mendapatkan berbagai nutrisi dari makanan. Jika tidak dijaga dengan baik, bakteri di mulut akan menumpuk menyebabkan infeksi.

Bahkan, pada beberapa kasus parah dapat menyebar ke area tubuh lain, bahkan ke otak dan menyebabkan infeksi. Dengan menggosok gigi dapat mencegah penumpukan plak, air liur, dan bakteri di mulut. Dengan begitu, bau mulut, gigi berlubang, dan masalah gusi lainnya bisa dihindari.

Berdasarkan American Dental Association (ADA) menyikat gigi sebaiknya dilakukan selama 2 menit sebanyak 2 kali sehari, yakni pagi dan malam hari.

Kenapa harus ada durasinya?


Logikanya, menyikat gigi dengan cepat atau terburu-buru memungkinkan gigi tidak dibersihkan secara menyeluruh. Ingat, baik itu bakteri maupun sisa makanan bisa melekat di antara sela gigi dan gusi sehingga butuh waktu lebih lama untuk membersihkannya.

Studi pada Journal of Dental Hygiene memperkuat adanya kaitan antara durasi menyikat gigi dengan kondisi plak di mulut. Sebanyak 47 partisipan diamati kebiasaannya dalam menggosok gigi. Setelah diselidiki, kebanyakan dari mereka menggosok gigi selama 45 detik.

Setelah diamati lebih dalam, periset menyimpulkan kaitan lama menggosok gigi dengan kondisi plak, yakni :
  • Menyikat gigi selama 180 detik atau 2 menit dapat menghilangkan 55% lebih banyak plak ketimbang menyikat gigi selama 30 detik.
  • Menyikat gigi selama 120 detik dapat menghilangkan 26% lebih banyak plak ketimbang menyikat gigi selama 45 detik.

Hasil studi ini menunjukkan bahwa menggosok gigi selama 2 menit jauh lebih baik dalam menghilangkan plak ketimbang hanya 45 detik saja.


Perhatikan pula waktu menyikat gigi


Sikat gigi sebanyak 2 kali dalam sehari, umumnya dilakukan sekali setelah makan dan sekali sebelum tidur. Sikat gigi yang dilakukan setelah makan di pagi hari memungkinkan gigi bersih dari sisa makanan. Sikat gigi juga mampu menghilangkan bau mulut karena mulut yang kering setelah tidur berjam-jam.

Sementara itu, menyikat gigi sebelum tidur mencegah terjadinya penumpukan sisa makanan dalam waktu yang lama hingga esok harinya. Jika terbiasa menyikat gigi setelah sarapan, pastikan untuk menunggu setidaknya 30 menit / satu jam setelah makan.

Memberi jeda waktu setelah makan untuk menyikat gigi, guna menghindari terjadinya pengeroposan gigi. Pasalnya, makanan membuat kondisi mulut jadi asam dan melemahkan enamel—lapisan terluar gigi.

Bila menyikat gigi dengan kuat langsung setelah makan, enamel yang sudah lemah oleh asam akan semakin mudah terkikis. Dan bila pilihan makanan yang dikonsumsi mengandung asam tinggi, seperti jeruk, risiko pengeroposan semakin besar.

Ketimbang langsung menyikat gigi, lebih baik bilas mulut dengan berkumur air putih. Dengan begitu kadar asam di mulut akan berkurang dan enamel akan tetap kuat.

5 Cara Menggosok Gigi yang Benar


Agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut, terapkan cara menggosok gigi yang benar dengan melakukan langkah-langkah berikut ini :

-

1. Awali dari seluruh geraham


Setelah sikat gigi dibasahi dan dioleskan pasta gigi secukupnya, gosok bagian luar gigi geraham pada perbatasan gusi dan gigi dengan gerakan memutar selama kira-kira 20 detik. Setelah itu, gosok gigi geraham dari atas ke bawah, mulai dari batas gusi hingga ujung gigi, untuk menghilangkan plak dan sisa makanan di permukaan dan sela-sela gigi. Lakukan selama 20 detik.

2. Sikat gigi bagian depan


Setelah semua gigi geraham selesai disikat, arahkan sikat ke gigi depan bagian luar. Gerakkan sikat gigi secara melingkar dan perlahan hingga semua permukaan gigi depan terkena, agar sisa makanan dan plak yang menempel dapat tersapu. Setelah itu, gosok bagian dalamnya dengan gerakan vertikal (ke atas dan ke bawah).

3. Sikat permukaan mengunyah


Permukaan mengunyah gigi geraham ukurannya lebar dan agak cekung, sehingga memungkinkan makanan untuk menempel di sana. Sikat permukaan gigi ini dengan gerakan memutar agar sisa makan agar sisa makanan bisa terangkat.

4. Sikat area lidah dan sisi dalam pipi


Setelah semua gigi tersikat, jangan lupa untuk menyikat permukaan lidah dan sisi dalam pipi dengan sikat gigi. Sisa makanan dan bakteri penyebab bau mulut mungkin menempel pada area ini, sehingga perlu menyikatnya juga secara lembut.

5. Bersihkan sela gigi dengan benang gigi


Agar perawatan gigi dan mulut maksimal, disarankan untuk lanjut membersihkan gigi menggunakan benang gigi. Benang gigi mampu mengangkat sisa makanan yang mungkin masih terselip di sela-sela gigi yang sempit dan tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Meski sikat gigi anda masih terlihat bagus, jangan lupa untuk menggantinya setiap 3–4 bulan sekali, terutama jika bulu sikat sudah berubah bentuk atau terlihat kotor. Sama halnya dengan bagian tubuh yang lain, gigi dan mulut juga harus rajin dibersihkan secara menyeluruh agar kesehatannya tetap terjaga.

Jadi, mari terapkan cara menggosok gigi yang baik dan benar. Selain itu, jangan lupakan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, agar kesehatan gigi dan mulut dapat terus terpantau.

Dalam pemeriksaan gigi ini, dokter juga dapat melakukan pembersihan karang gigi dan tindakan lain yang dirasa perlu bila ada masalah pada gigi dan gusi Anda.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.