20 Mei 2023 2:52 pm

Selamat Tinggal Bibir Pecah-pecah!! Tips Praktis Mengembalikan Kelembutan Bibir!!

Selamat Tinggal Bibir Pecah-pecah!! Tips Praktis Mengembalikan Kelembutan Bibir!!
Bibir pecah-pecah bisa menjengkelkan, menyakitkan, bahkan hingga berdarah. Dengan berbagai penyebab, banyak dari kita mengalaminya dari waktu ke waktu.

Baik itu karena cuaca atau lip balm yang buruk, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Karena bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti bagian kulit tubuh yang lain, bagian bibir sangat rentan mengering. Jadi, bagaimana cara mencegah bibir kering dan pecah-pecah dalam kondisi ini?

Mencegah Bibir Pecah-pecah


1. Jangan dijilat


Menjilat bibir hanya membuatnya semakin kering. Karena air liur menguap dengan cepat, bibir kamu akan lebih kering setelah kamu menjilatnya daripada sebelumnya.

2. Jangan mengelupas kulit bibir yang kering


Kebiasaan ini bisa melukai bibir, membuatnya berdarah, sekaligus iritasi. Jika ingin menghilangkan kulit kering di bibir, apalagi yang sudah setengah mengelupas, gunakan scrub bibir yang juga bisa melembapkan. Dengan begitu, proses penghilangan kulit mati di bibir tidak akan menyakitkan.

3. Jangan menggunakan lip balm yang beraroma


-

Ketika kamu mengoleskan sesuatu yang harum pada bibir, kamu refleks akan menjilatnya. Meskipun lip balm beraroma mungkin menyenangkan, mereka dapat menyebabkan mulut menjadi kering dan pecah-pecah.

4. Gunakan sunscreen


Jika kamu berencana menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, gunakan lip balm dengan tabir surya. Ini akan membantu melindungi bibir dari paparan sinar matahari, serta mencegah kekeringan dan pengelupasan yang mungkin terjadi setelahnya.

5. Tutupi mulut saat berada di luar


Udara dingin, terutama, dapat membuat bibir menjadi kering. Menutupinya dengan syal saat berada di suhu ekstrem dapat membantu melindunginya.

6. Hindari alergen


Mungkin bibir kamu sensitif dan mudah meradang ketika terkena parfum, pewarna, atau wewangian. Oleh karena itu, jauhkan kosmetik dan produk yang mengandung bahan-bahan ini dari sekitar mulut.

7. Tetap terhidrasi, baik di dalam maupun di luar


Pertahankan kelembapan udara di rumahmu dengan menggunakan humidifier. Selain itu, pastikan minum cukup air untuk menghindari dehidrasi, yang dapat menyebabkan kulit dan bibir kering.

8. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein


Kafein dalam kopi dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh dan membuat mulut terasa kering. Selain kopi, minuman lain yang mengandung kafein adalah teh dan minuman bersoda. Disarankan untuk mengurangi minuman dengan kandungan kafein ini dan lebih baik perbanyak konsumsi air putih.

Perawatan Bibir Pecah-pecah


Jika bibir kamu sudah kering dan pecah-pecah, metode pencegahan tersebut mungkin dapat mencegah kondisinya semakin memburuk. Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu penyembuhan lebih cepat.

1. Eksfoliasi


Ketika bibir kamu pecah-pecah, dia akan terasa kasar dan mulai mengelupas. Namun, mengangkat kulit yang belum sepenuhnya mati dapat menyebabkan pendarahan dan rasa sakit, jadi berhati-hatilah.

Oleskan eksfoliator yang lembut seperti scrub gula dengan jari kamu. Pastikan untuk menggunakan pelembap yang berkualitas.

2. Pelembap


Gunakan pelembap untuk mencegah bibirmu semakin kering. Produk yang mengandung beeswax (lilin lebah) atau petroleum bekerja untuk menjaga kelembapan.

Oleskan lebih banyak pada malam hari sebelum tidur. Salep seperti minyak kelapa, mentega kakao, dan petroleum jelly juga merupakan pilihan yang baik.

Ketika digabungkan dengan metode pencegahan di atas, kedua perawatan ini dapat mempercepat penyembuhan pada bibir pecah-pecah.

Kondisi Yang Lebih Serius


Namun apabila ternyata kondisi bibir kamu tidak membaik, mungkin ada kondisi mendasar yang harus ditangani dan segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Bibir pecah-pecah dapat terinfeksi, karena bakteri dapat masuk melalui retakan dan luka. Ini dikenal sebagai cheilitis dan harus diobati oleh dokter. Kita semua pernah mengalami bibir kering dan pecah-pecah pada suatu saat.

Dan dalam kebanyakan kasus, perhatian dan pencegahan yang teliti adalah kunci untuk membuat bibir kamu terlihat dan terasa lebih baik.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.