18 Juli 2022 3:09 pm

Sakit Gigi Yang Mengintai Para Lanjut Usia - Ini Solusinya!

Sakit Gigi Yang Mengintai Para Lanjut Usia - Ini Solusinya!
Berbagai masalah pada gigi yang kita alami saat masih muda dapat bertambah buruk di hari tua. Bahkan jika Fixas belum pernah mengalami sakit gigi, efek dari kurangnya kesadaran menjaga kesehatan gigi dapat terasa ketika menginjak lanjut usia.

Jika kita memperhatikan kakek dan nenek, kebanyakan dari mereka mungkin sudah kehilangan banyak gigi atau bahkan seluruhnya. Masalah gigi dan mulut memang rentan menyerang orang di usia 60 tahun lebih, hal ini terjadi akibat kebersihan mulut dan gigi yang buruk, merokok, serta kurang asupan kalsium dan vitamin D.

Beberapa Masalah Gigi Pada Lansia


sakit gigi pada lansia
sakit gigi pada lansia

Berikut ini beberapa masalah kesehatan mulut dan gigi yang kerap terjadi pada lansia :

1. Gigi Menghitam


Gigi dilindungi oleh enamel atau email, yakni lapisan terluar yang kuat. Seiring berjalannya waktu, enamel dapat mengikis dan memperlihatkan lapisan dentin asli yang berwarna kekuningan. Bukan hanya menguning, lapisan tersebut juga bisa menghitam.

Penyebabnya, mulai dari makanan, kopi, dan kebiasan merokok. Meskipun masalah mulut dan gigi pada lansia ini umum terjadi, gigi menghitam juga bisa terjadi akibat gigi berlubang.

2. Karies Gigi


Gigi Berlubang pada lansia dipicu oleh perubahan air ludah akibat faktor penuaan, pola makan tidak seimbang, serta perawatan gigi yang tidak dilakukan dengan baik. Jika kondisi ini dibiarkan tanpa penanganan, dapat berujung pada tanggalnya gigi.

3. Akar gigi membusuk (root decay)


Paparan asam secara terus-menerus dari makanan dan kebiasaan minum kopi, bisa menyebabkan gigi membusuk. Akibatnya, jaringan gusi menyusut dan akar gigi menjadi terbuka. Ketika akar gigi tidak memiliki enamel sebagai pelindung, bagian ini rentan infeksi dan kerusakan.

Akibatnya, akar gigi pun membusuk. Kebiasaan sejak muda seperti sering minum kopi, merokok, dan mengonsumsi makanan asam dapat meningkatkan risiko pembusukan akar gigi di hari tua.

4. Oral thrush


Oral Thrush masuk ke dalam deretan masalah gigi dan mulut yang umum terjadi pada lansia. Penyakit ini merupakan masalah kesehatan akibat penumpukan jamur Candida albicans pada lapisan mulut. Oral thrush menyebabkan munculnya bercak putih di mulut yang terasa perih akibat infeksi jamur.

Kondisi ini umumnya terjadi pada lansia dengan diabetes atau kekurangan vitamin. Selain masalah kesehatan, oral thrush juga rentan menyerang orangtua yang mengonsumsi antibiotik, memakai gigi palsu, dan memiliki kebiasaan merokok.

5. Mulut kering


Xerostomia, atau yang lebih dikenal dengan istilah mulut kering merupakan kondisi yang terjadi saat fungsi kelenjar ludah menurun. Penyebabnya beragam, mulai dari kebiasaan merokok, menggunakan obat untuk hipertensi, bahkan kurang minum air putih.

Masalah mulut kering pada lansia yang tidak diatasi dengan baik bisa menyebabkan gigi berlubang. Pasalnya, terbatasnya air liur menciptakan lingkungan mulut yang asam sehingga bakteri mulut berkembang dengan aktif dan merusak gigi.

6. Penyakit gusi


Kebersihan gigi dan mulut yang buruk di usia muda menyebabkan penumpukan plak. Seiring waktu, plak akan menjadi sarang bakteri untuk berkembang biak. Bakteri tersebut kemudian dapat mengiritasi gusi, membuatnya bengkak, merah, dan berdarah.

Jika tidak diobati, penyakit ini bisa menghancurkan gusi, tulang, bahkan ligamen yang menopang gigi sehingga membuat gigi lepas. Masalah gigi dan mulut inilah yang menyebabkan banyak lansia kehilangan giginya.

7. Kanker


Sel kanker bisa menyerang bagian tubuh mana pun, mulai dari mulut, lidah, hingga tenggorokan. Kebanyakan penyakit ini terdeteksi pada orang yang berusia 60 tahun ke atas. Perkembangan sel yang tidak normal bisa disebabkan oleh penyakit gigi dan gusi akibat kebersihan mulut lansia yang buruk.

Gejala yang ditimbulkan awalnya berbentuk sariawan, yang mungkin sering muncul atau tidak kunjung sembuh. Kemudian, menimbulkan rasa sakit luar biasa yang mengganggu aktivitas, makan dan berbicara.

Tips merawat kesehatan gigi dan mulut lansia


Tentunya setiap orang dapat terhindar dari berbagai penyakit yang mengintai gigi dan gusi, selama kebersihan dan kesehatan mulut terjaga. Jadi tidak ada kata terlambat untuk melakukan upaya pencegahan tersebut, terutama bila Fixas mulai mengalami berbagai keluhan seperti nyeri pada gigi.

Berikut ini beberapa langkah untuk merawat gigi dan gusi yang dapat dilakukan secara mandiri :
  • Sikat gigi 2 kali, yaitu 30 menit sehabis makan dan sebelum tidur. Gunakan sikat gigi bersih, berbulu lembut, dan pasta gigi mengandung fluoride.
  • Flossing atau membersihkan sisa makanan dengan benang gigi.
  • Mengurangi konsumsi makanan manis, asam, dan kopi serta berhenti merokok.
  • Setelah makan biasakan untuk membersihkan gigi dengan kumur-kumur air.
  • Cek kesehatan gigi dan mulut setidaknya 6 bulan sekali. Konsultasikan dengan dokter gigi apakah membutuhkan penggunaan obat tertentu.

Obat Sakit Gigi Pada Lansia


Orang pada usia lanjut tentunya tidak dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai macam pereda nyeri berbahan kimia. Lalu bagaimana bila sakit gigi menghantui?

Rasa nyeri yang dapat mengganggu waktu tidur dan membuat aktivitas makan menjadi tidak nyaman memang perlu segera ditangani, terlebih bakteri yang menyerang pada gigi tersebut harus diatasi.

Gumafixa
Gumafixa

Sekarang telah hadir pengobatan herbal yang aman untuk para lanjut usia – Gumafixa. Obat sakit gigi herbal ini terbuat dari minyak atsiri berkualitas tinggi dari daun cengkeh pilihan, yang telah dipercaya sebagai pereda nyeri alami sejak dahulu kala.

Para orang tua serta kakek dan nenek kita pasti sangat familiar dengah herbal yang satu ini. Gumafixa yang terbuat murni dari bahan herbal tanpa bahan kimia, sangat aman untuk pengobatan para orang tua lanjut usia.

Beberapa kelebihan Gumafixa sebagai satu-satunya obat sakit gigi herbal yang ber-BPOM antara lain :
  1. Aman digunakan semua usia, dari anak-anak, dewasa, hingga lansia
  2. Tidak menimbulkan efek samping
  3. Mengatasi sakit gigi dalam 1 menit
  4. Aman digunakan Ibu hamil dan Ibu menyusui
  5. Aroma yang soft
  6. Tidak menimbulkan rasa terbakar dan menyengat
  7. Telah terdaftar di BPOM

Gumafixa merupakan sahabat seluruh keluarga di Indonesia, yang dipercaya sebagai solusi nomor satu sakit gigi!
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.