16 Maret 2023 12:04 pm

Sakit Gigi Saat Berpuasa? Jangan Panik! Ketahui Penyebab dan Cara Mencegahnya, Supaya Puasa Kamu Tetap Lancar!

Sakit Gigi Saat Berpuasa? Jangan Panik! Ketahui Penyebab dan Cara Mencegahnya, Supaya Puasa Kamu Tetap Lancar!
Bulan puasa hampir tiba, yang merupakan waktunya bagi Muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Puasa dapat memberikan efek yang menyehatkan bagi tubuh.

Namun, bagi sebagian orang yang memiliki masalah kesehatan mulut, ada risiko sakit gigi yang dapat datang tiba-tiba ketika berpuasa. Terutama ketika berpuasa, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena sakit gigi.

Seperti konsumsi makanan dan minuman manis yang berlebihan saat berbuka puasa, serta kurangnya konsumsi air putih sehingga tubuh menjadi dehidrasi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kesehatan gigi dan mulut selama bulan puasa, serta mengikuti aturan-aturan dan saran yang tepat untuk mencegah terjadinya sakit gigi.

Penyebab Sakit Gigi Saat Puasa


Mirip dengan sakit gigi pada umumnya, sakit gigi saat berpuasa dapat disebabkan oleh beberapa kondisi pada gigi seperti gigi sensitif atau gigi yang berlubang.

Seperti yang dikutip dari Cleveland Clinic, saraf pulpa dalam gigi merupakan bagian yang sangat sensitif. Jika saraf ini teriritasi atau terinfeksi, dapat menyebabkan rasa sakit yang parah.

Ketika sedang berpuasa, mulut kita cenderung menjadi lebih kering. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi air liur yang diakibatkan oleh terhentinya aktivitas mengunyah makanan.

Pada orang yang memiliki gigi sensitif, berkurangnya kadar air liur dapat membuat gigi mereka kurang terlindungi dengan baik, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit gigi.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit gigi saat puasa. Berikut adalah beberapa penyebab sakit gigi saat puasa :

1. Kurang Menjaga Kebersihan Gigi


-

Tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan sakit gigi ketika berpuasa. Ketika seseorang tidak rajin membersihkan gigi, hal tersebut dapat memperburuk kondisi gigi dan memicu terjadinya rasa sakit.

Jika tidak segera ditangani, masalah tersebut dapat semakin parah dan berdampak serius pada kesehatan gigi dan mulut.

2. Banyak Mengonsumsi Makanan Manis


-

Ketika berbuka puasa, umumnya seseorang akan mengonsumsi banyak makanan manis yang dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi.

Konsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit gigi selama puasa dan dapat merusak jaringan gigi di sekitarnya. Sebaiknya batasi konsumsi makanan tersebut untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutmu.

3. Mengonsumsi Sesuatu yang Terlalu Panas


-

Terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman yang panas dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif dan rentan mengalami sakit gigi, terutama saat berpuasa.

Kondisi ini terjadi karena saat puasa, produksi air liur berkurang, sehingga jika gusi terkena makanan atau minuman yang panas, dapat langsung berdampak pada gigi dan menyebabkan sakit gigi.

Mencegah Gigi Sensitif Saat Puasa


Saat berbuka puasa, seseorang akan mengonsumsi teh manis hangat, es buah, dan hidangan lainnya. Sehingga suhu pada mulut menjadi bercampur dan menyebabkan gigi menjadi sakit dan lebih sensitif. Hal tersebut tentu dapat mengurangi rasa nikmat saat berbuka.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah hal tersebut :

1. Banyak Minum Air saat Sahur dan Berbuka


-

Ketika berpuasa, air memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Dengan memperoleh asupan air yang cukup, tubuh dapat terhidrasi dengan baik dan mempertahankan keseimbangan metabolisme.

Selain itu, mengonsumsi air yang cukup juga dapat mencegah terjadinya masalah mulut kering selama berpuasa. Air sangat berguna dalam membantu produksi air liur dan melindungi sensitivitas gigi agar tetap terjaga dengan baik.

2. Hindari rokok, Makanan, dan Minuman yang Bersifat Asam


-

Merokok memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan gigi dan mulut. Selain mengandung nikotin dan tar yang dapat membuat gigi kekuningan, merokok juga dapat menyebabkan tumpukan plak pada gigi. Selain itu, minuman yang mengandung asam seperti kopi atau soda, dapat memicu rasa sakit gigi.

Untuk menghindari hal tersebut, disarankan untuk meningkatkan asupan air setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam agar dapat membantu menetralisir efek negatifnya pada gigi dan mulut.

3. Sediakan Gumafixa


-

Jika sakit gigi terjadi ketika berpuasa, tentunya dapat menjadi pengalaman yang sangat tidak nyaman karena sulit untuk minum obat penghilang rasa sakit selama waktu puasa.

Tapi sekarang kamu tidak perlu khawatir! Karena kini sudah ada perlindungan paling efektif untuk gigi dan gusi-mu! Dengan berkumur menggunakan Gumafixa setiap sehabis sahur dan sebelum tidur, dapat membantu menjaga kondisi mulutmu tetap bersih selama berpuasa seharian penuh!

Gumafixa juga dapat meredakan nyeri sakit gigi dengan seketika, sehingga kamu dapat tetap berpuasa dengan nyaman esok hari, tanpa sakit gigi yang tersisa dan mengganggu. Kandungan herbal dalam Gumafixa tanpa tambahan zat kimia, sangat aman dipakai ketika perut kosong, tanpa efek samping.

Gigi sehat, makan pun nikmat, puasa pun lancar!! ^-^
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.