28 Juni 2022 2:40 pm

Saatnya Beralih ke Herbal! Ini Dia 12 Solusi Herbal Yang Ampuh Atasi Sakit Gigi!

Saatnya Beralih ke Herbal! Ini Dia 12 Solusi Herbal Yang Ampuh Atasi Sakit Gigi!
Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, ada banyak hal yang dapat menjadi pemicu sakit gigi. Tak butuh waktu lama hingga sakit gigi menjadi sangat mengganggu. Rasa sakitnya menyebar dengan cepat dari rahang hingga ke kepala.

Bila Fixas mengalami sakit gigi yang datang tiba-tiba, entah karena gigi berlubang, penyakit gusi, gigi sensitif, atau penyebab yang belum diketahui, terdapat cukup banyak tanaman herbal yang dapat meredakan sakit gigi.

TANAMAN HERBAL UNTUK OBAT SAKIT GIGI


Sejak zaman dahulu, masyarakat telah menanam berbagai macam tanaman herbal untuk meredakan sakit gigi. Banyak yang telah menggunakan pereda nyeri dari herbal tersebut selama puluhan tahun. Dan belakangan sebagian orang lebih senang mengonsumsi obat herbal untuk mengobati penyakitnya.

Perlu diketahui bahwa terlalu sering mengonsumsi obat kimia tidak baik untuk tubuh, sementara obat herbal dipercaya lebih aman dan minim efek samping, dan juga dapat menjadi detoks untuk tubuh. Sakit gigi pun bisa diobati dengan obat herbal. Ini menjadi solusi untuk Fixas yang enggan mengonsumsi obat kimia.

Beberapa tanaman herbal yang biasa digunakan untuk mengobati sakit gigi antara lain :

1. Cengkeh

cengkeh
cengkeh

Cengkeh mengandung eugenol, vanilin, tanin, asam galotanat, dan kalsium oksalat. Minyak cengkeh juga berada pada urutan teratas sebagai pereda nyeri alami dan anti bakteri. Hal ini membuat cengkeh dipercaya sebagai obat sakit gigi herbal yang ampuh.

Cara mengobati sakit gigi dengan cengkeh cukup mudah. Cukup teteskan minyak cengkeh pada gigi yang sakit. Tetapi rasa dari minyak cengkeh cukup kuat, jadi Fixas mungkin akan lebih hati-hati agar tidak terkena lidah.

2. Serai

serai
serai

Serai memiliki sifat analgesik atau pereda nyeri dan antibakteri. Untuk membuat obat herbal untuk sakit gigi dari serai caranya cukup mudah. Berikut bahan dan caranya.
Bahan : Serai 15 gram & Daun sirih 5 lembar

Caranya :
  • Cuci serai dan daun sirih sampai bersih.
  • Setelah itu, rebus serai dan daun sirih dengan air sebanyak 400cc.
  • Saat merebus serai dan daun sirih tunggu sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 200 cc.
  • Setelah hangat, buat air rebusan serai dan daun sirih untuk kumur-kumur. Fixas bisa mengulangi lagi berkumur dengan air rebusan tersebut sebanyak tiga kali sehari.

3. Daun Sirih


daun sirih
daun sirih

Umumnya daun sirih dikenal sebagai tanaman herbal yang berkhasiat untuk merawat area kewanitaan. Daun sirih juga kerap digunakan untuk menghentikan mimisan. Rupanya manfaat daun sirih tidak hanya itu saja, daun sirih juga bermanfaat sebagai obat herbal yang ampuh meredakan sakit gigi karena gigi berlubang.

Penderita sakit gigi tidak boleh asal menggunakan daun sirih untuk mengobati penyakitnya. Sebab ada cara khusus untuk membuat daun sirih efektif mengobati sakit gigi.
Berikut bahan dan cara membuat ramuan daun sirih yang efektif mengobati sakit gigi karena gigi berlubang.
Bahan : Daun sirih ( 2 lembar), Garam (1/2 sendok), Air hangat ( 1 gelas)
Caranya :
  • Cuci daun sirih di bawah air mengalir sampai bersih.
  • Kemudian, remas daun sirih dan seduh dengan air hangat dan masukkan garam.
  • Aduk hingga garam larut dan diamkan sampai air daun sirih dingin.
  • Lalu, gunakan air daun sirih tersebut untuk kumur-kumur.

4. Daun Salam

daun salam
daun salam

Daun salam tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur. Daun salam juga bermanfaat sebagai obat herbal. Selain mengandung flavonoid, daun salam juga mengandung tanin yang bersifat antiinflamasi dan antimikroba. Zat inilah yang membuat daun salam mampu mengobati sakit gigi.

Selain itu kandungan minyak asiri dalam daun salam memiliki efek analgesik. Penelitian yang dilakukan oleh Agus Sumono dan Agustin Wulan SD pada 50 orang pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Jember menunjukkan hasil kumur dengan air rebusan daun salam mampu mengurangi jumlah bakteri streptococcus sp dalam rongga mulut.

5. Daun Jambu Biji


daun jambu biji
daun jambu biji

Daun jambu biji dipercaya efektif meredakan nyeri sakit gigi. Hal ini disebabkan, daun jambu biji mengandung minyak atsiri yang bermanfaat menghilangkan rasa sakit. Cara membuat obat herbal ini cukup mudah, cukup cuci bersih daun jambu biji kemudian lumatkan. Letakkan daun jambu biji tersebut di gigi yang sakit.

6. Daun Kayu Putih

daun kayu putih
daun kayu putih

Kayu putih bersifat analgetik alias pereda sakit. Bagian kayu putih yang digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah daunnya. Cara membuat ramuan herbal daun kayu putih ini cukup mudah berikut panduannya.

Bahan : Daun kayu putih (13 gram), Air ( 2 gelas )
  • Cuci daun kayu putih lalu rebus sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar satu gelas.
  • Bagi dua air rebusan daun kayu putih tersebut.
  • Minum air rebusan daun kayu setengah gelas dua kali sehari.

7. Kapsaisin


capcaisin pada cabai
capcaisin pada cabai

Merupakan komponen aktif dari cabai yang menimbulkan rasa pedas dan panas. Zat ini sering digunakan untuk mengurangi rasa nyeri karena khasiatnya sebagai antinyeri, termasuk nyeri pada sakit gigi.

Capsaicin bekerja dengan cara menghambat hantaran sinyal atau rangsangan nyeri pada saraf, sehingga nyeri yang dirasakan berkurang. Bagi Fixas yang tahan dengan pedas, bisa mencoba untuk menaruh sedikit cabai bubuk di kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

8. Timi

Sejak abad pertengahan tanaman ini telah digunakan untuk meredakan berbagai nyeri, termasuk sakit gigi.

9. Kunyit

Zat bioaktif utama-curcumin dalam kunyit, mengandung antibakteri, antiseptic, dan analgesic / pereda nyeri.

10. Teh Herbal

Beberapa orang menggunakan teh peppermint, teh jahe, atau teh chamomile untuk meredakan sakit gigi, dengan meletakan kantung teh yang sudah didinginkan ke bagian gigi yang sakit.

Selain tanaman herbal di atas, terdapat alternatif lain yang juga dapat meredakan sakit gigi, yaitu :

1. Activated Charchoal / Arang Aktif :

Arang yang dimaksud di sini bukanlah arang yang digunakan untuk membuat bara api, melainkan karbon atau zat arang yang dihasilkan dari bahan-bahan alami. Biasanya tersedia dalam bentuk pila tau bubuk. Zat ini sudah lama dikenal sebagai pengikat dan penawar racun dalam tubuh.

Arang aktif juga diklaim dapat meredakan sakit gigi dan memutihkan gigi. Fixas dapat membeli produk ini di apotek, lalu campurkan bubuk arang aktif dengan sedikit air hingga menjadi pasta, dan oleskan pada gigi yang sakit.

2. Gumafixa

gumafixa
gumafixa

Gumafixa adalah brand obat sakit gigi nomor satu di Indonesia. Terbuat dari bahan herbal Oleum Syzygium Aromaticum Folium yaitu minyak atsiri dari daun cengkeh dan Oleum Peppermint Folium atau peppermint, tanpa bahan kimia, dan telah terdaftar di BPOM.

Salah satu keunggulan dari obat sakit gigi herbal ini adalah aman dipakai semua usia dan ibu hamil, juga aromanya yang lembut tidak menyengat di mulut jika terkena lidah, dan tentunya juga aman bila tidak sengaja tertelan.

Pada sakit gigi ringan, beberapa tanaman herbal yang sudah kita bahas di atas dapat mengatasi nyeri pada gigi, tapi tentu saja dengan obat akan lebih cepat meredakan sakit gigi, juga agar sakit gigi tidak datang kembali.

Setelah seringnya kita mengonsumsi obat berbahan kimia ketika sakit, Gumafixa menjadi pilihan utama sebagai obat herbal yang dapat mengobati sakit gigi dan gusi dengan cepat. Jadi akan lebih efektif bila Fixas menyediakan Gumafixa di rumah, terutama bila anggota keluarga sudah sering mengalami sakit gigi.

Tentu saja cara terbaik mengatasi sakit gigi adalah memastikan Fixas tidak mengalaminya. Menyikat gigi dan flossing setiap hari, juga rutin mengecek kesehatan gigi ke dokter gigi, dapat mecegah kita mengalami berbagai masalah sakit gigi.

Ingatlah bahwa kesehatan mulut juga sepenting kesehatan tubuh kita. Karena ketika kita tersenyum tanpa masalah apapun pada kesehatan mulut, rasa percaya diri juga akan meningkat. 😉-😄-
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.