30 Januari 2023 12:22 pm

9 Rutinitas Sehat Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Di Fase 20’mu!!

9 Rutinitas Sehat Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Di Fase 20’mu!!
Memasuki usia 20’an, pasti kalian pernah dapat masukan dari teman lain atau kerabat yang lebih dewasa – “Coba lakuin ini.. Jangan lakuin kebiasaan itu..”.

Nah terkadang hal tersebut justru jadi tekanan buat kita sehingga menimbulkan kebiasaan buruk. Misalnya, seberapa lama jam tidur kamu dalam sehari? Atau malahan kamu enggak tidur sama sekali??

Mari kita perjelas, tekanan ini seolah mengambil alih diri kita.

Di usia 20-an merupakan waktu utama untuk transisi dan membuat keputusan yang akan membantu kamu memandu hidup melalui jalan yang ingin kamu ikuti, bukan apa yang menurut orang lain harus kamu lakukan.

Nah salah satu yang perlu kita awali, ialah mulai menerapkan kebiasan sehat untuk mendapatkan hidup yang lebih berkualitas.

Ada 9 tips sederhana buat kamu :

1. Olahraga Rutin

(Jangan cuma sebulan!)

-

Kamu mungkin sering melihat anjuran untuk berolahraga di berbagai situs, dan masih tidak menanggapinya. Seriously, olahraga / exercise itu penting, guys! Tidak perlu setiap hari, cukup minimal 3 kali seminggu saja, kamu pasti akan merasa lebih sehat, dan peredaran darah juga akan lebih lancar!

Ada banyak cara kok untuk membakar kalori, misalnya :
  • Olahraga di gym, jangan takut untuk membangun masa otot, karena kita membutuhkannya.
  • Kalau kamu tidak suka gym, ada banyak olahraga lain seperti sepak bola, volli, tennis, dll.
  • Lari. Kalau kamu suka aktivitas outdoor, lari/jongging juga cocok. Sangat bagus untuk menjaga berat badan, dan mengurangi risiko penyakit jantung serta diabetes ketika kamu memasuki usia 50’an nantinya.

2. Menu Sehat


-

Mencoba memasak sendiri dengan resep baru yang sehat, akan membuatmu berterimakasih dengan dirimu sendiri di masa yang akan datang.

Jangan lupa untuk perhatikan menu yang kamu masak :
  • Hindari lemak trans, pemanis buatan dan minuman manis, karena tidak baik untuk kesehatan. Kamu dapat memilih lemak sehat seperti yang dapat kita temukan pada alpukat dan minyak zaitun (Ini campuran yang bagus untuk roti bakar).
  • Tambahkan protein, buah-buahan dan sayuran ke dalam pola hidup sehat kamu. Cobalah untuk menghilangkan makanan tidak sehat seperti gorengan, daging merah dan daging olahan, tetapi juga jangan membatasi diri.

3. Minum 2 Liter Air Setiap Hari

(Pastikan kamu minum air putih, bukan soda!)

-

Stay hydrated! Meski pola makanmu sudah sehat, kamu tetap harus rutin minum 2 liter air putih setiap hari. Mungkin terdengar banyak, tapi sebenarnya tidak! Kamu bisa siapkan botol air minum-mu sendiri sebagai penanda sudah seberapa banyak yang kamu minum hari ini?!

Dan bila kamu merasa sudah terlalu banyak minum air putih, kamu bisa minum teh sesekali. Kamu akan terkejut seberapa cepat tubuhmu bisa menetralisir toxin nantinya. Namun jangan berlebihan, terlalu banyak minum juga dapat membuatmu pusing, ingatlah untuk minum secukupnya.

4. Jam Tidur Cukup


-

Tidurlah antara 6-8 jam per hari. Jika kamu tidur kurang dari 6 jam, kesehatanmu dapat terganggu dan kamu akan meningkatkan risiko kurang tidur kedepannya.

Tetapi tidur lebih dari 8 jam juga dapat meningkatkan kemungkinan serangan jantung, depresi, dan risiko obesitas. Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas, hal tersebut dapat membantumu untuk meningkatkan kualitas tidur!

5. Pakai SPF Untuk Mencegah Kerutan


-

SPF seharusnya wajib dalam skincare rutin kamu, karena dia dapat mencegah kanker kulit dan juga kerutan. Jangan lupa gunakan pembersih, pelembab, dan SPF yang sesuai dengan jenis kulitmu. Tentunya kamu ingin menjaga kulit tetap muda selama mungkin yang kamu bisa.

6. Meditasi


-

Meditasi direkomedasikan dalam pola hidup sehat di usia 20-mu, terutama bila kamu ingin mengurangi stress. Pada fase ini hidupmu penuh dengan perubahan dan banyaknya kesempatan serta keputusan yang harus diambil dapat membuat tertekan.

Meditasi merupakan alat yang dapat membantumu menjaga emosi supaya tetap stabil. Kamu bisa meditasi di pagi hari, atau malam hari sebelum tidur, atau kapan pun selama kamu dapat berkonsentrasi.

7. Jauhkan Gadget Sesekali


Para ahli merekomendasikan untuk membatasi penggunaan gadget selama 2 jam (di luar jam kerja) dala sehari. Namun terdengar sebentar kan, jadi katakanlah kita ambil 3 jam per hari.

Tidak perlu menghabiskan waktu menonton bagaimana orang lain menjalani hidupnya! Mulailah menjadi seseorang yang memposting aktivitas positif, mencoba kuliner, atau bermain dengan peliharaanmu.

8. Temukan Hobi!


Daripada menghabiskan waktu dengan gadget, temukan hobi yang kamu suka! Exercise ketika ada waktu luang, atau menghadiri workshop yang berkaitan dengan aktivitas yang kamu sukai. Jangan banyak alasan untuk rebahan sepanjang hari, kamu bisa menemukan berbagai aktivitas yang lebih menyenangkan.

9. Tentukan Tujuanmu!


-

Apakah kamu tahu tentang “Hierarki Kebutuhan Maslow”? Yang merupakan teori motivasi, bahwa lima kategori kebutuhan manusia mendikte perilaku individu. Kebutuhan tersebut adalah kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan cinta dan memiliki, kebutuhan harga diri, dan kebutuhan aktualisasi diri.

Bila kamu ingin mencapainya, mulailah menentukan tujuanmu! Fokus pada target tersebut akan membuatmu merasa produktif, dan membuatmu lebih termotivasi setiap kamu mencapai sesuatu.

Seperti yang kamu lihat, tidaklah sulit untuk membuat kebiasaan baik dan hidup lebih sehat. Kita baru membahas 9 poin, namun masih banyak kebiasaan sehat lain yang dapat meningkatkan kualitas hidupmu!
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.