1 Oktober 2022 3:16 pm

Root Canal - Persiapan Perawatan Saluran Akar Gigi

Root Canal - Persiapan Perawatan Saluran Akar Gigi
Perawatan saluran akar gigi atau endodontik merupakan perawatan untuk memperbaiki gigi yang rusak parah atau terkena infeksi. Perawatan ini dapat mengatasi masalah gigi tanpa perlu mencabutnya, sehingga anda tetap bisa mengunyah dan menggigit makanan dengan nyaman.

Kondisi yang Memerlukan Perawatan Saluran Akar Gigi


Saluran akar adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan rongga alami di tengah gigi yang berisi pulpa. Saluran ini memanjang dari mahkota gigi sampai ke ujung akar. Sementara itu, pulpa merupakan bagian lunak di dalam gigi yang berisi pembuluh darah, saraf, dan jaringan ikat.

Umumnya, perawatan saluran akar gigi dilakukan untuk mengatasi nyeri yang disebabkan oleh peradangan atau infeksi pada pulpa. Hal ini bisa terjadi akibat gigi berlubang atau cedera pada gigi.

Berikut ini adalah beberapa gejala yang menandakan adanya infeksi pada pulpa :

  • Gigi terasa sakit saat terkena makanan atau minuman, khususnya yang dingin atau terlalu panas
  • Gigi terasa sakit saat menggigit atau mengunyah
  • Gigi terasa longgar atau goyang

-

Jika anda merasakan gejala-gejala tersebut, kemungkinan besar anda memerlukan perawatan saluran akar gigi.

Apakah Perawatan Saluran Akar Gigi Akan Terasa Sakit?


Banyak orang yang keburu bergidik duluan saat membayangkan sakitnya perawatan saluran akar gigi. Padahal, rasa sakit yang timbul sebenarnya berasal dari infeksi pada gigi yang membusuk tersebut, bukan dari prosedur yang dilakukan.

Prosedur saluran akar gigi sendiri tidak menimbulkan rasa sakit. Perawatan ini justru dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Dokter terlebih dulu akan memberikan bius atau anestesi lokal untuk membuat kebas daerah sekitar gigi yang rusak.

Walau tidak menimbulkan rasa sakit, bukan berarti anda bisa datang begitu saja tanpa persiapan yang matang. Pasalnya, proses root canal treatment ini umumnya dilakukan dalam 1–2 kali kunjungan ke dokter gigi dan memakan waktu relatif cukup lama.

Maka, perlu untuk mempersiapkan diri terlebih dulu agar perawatan saluran akar gigi tidak akan meninggalkan trauma dan aman.

Persiapan Sebelum Perawatan Saluran Akar Gigi


Berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perawatan saluran akar gigi atau root canal treatment.

1. Konsultasikan pada dokter soal obat penawar rasa sakit


Jika gigi sudah terinfeksi, perawatan apa pun bisa menyebabkan rasa ngilu dan tidak nyaman pada mulut. Antibiotik mungkin diresepkan dokter untuk mengatasi infeksi gigi dan membantu untuk mengurangi rasa sakit.

Konsumsi antibiotik juga bisa memperpendek waktu pemulihan anda nantinya. Obat yang diresepkan oleh dokter harus diminum pada waktu dan dosis yang tepat secara teratur, kecuali jika diinstruksikan sebaliknya.

Beri tahu dokter juga mengenai obat-obatan lain yang sedang anda gunakan saat ini, baik resep atau nonresep. Pada umumnya, pasien tidak boleh mengonsumsi aspirin selama 10 hari sebelum perawatan.

Jangan pula minum obat penghilang rasa sakit (painkiller) tepat sebelum jadwal perawatan saluran akar gigi anda untuk membantu mengurangi rasa sakitnya. Hal ini penting karena dokter mungkin meminta pasien untuk menunjukkan di mana tepatnya letak nyeri giginya.

2. Jangan merokok atau minum alkohol


Hindari minum minuman beralkohol setidaknya 24 jam sebelum jadwal root canal treatment dan 48 jam setelahnya. Jangan pula merokok 24 jam sebelum dan 72 jam sesudah melakukan perawatan di dokter gigi.

Merokok dan minum alkohol dapat memperlambat waktu penyembuhan serta berpotensi menyebabkan komplikasi. Jika memungkinkan, kurangi pula intensitas merokok dan minum alkohol setelah anda melakukan perawatan akar gigi. Hal ini untuk menghindari terjadinya masalah kesehatan gigi di masa mendatang.

3. Cukupi asupan makanan Anda


Tidak ada pantangan makanan khusus sebelum perawatan saluran akar gigi, kecuali jika dokter menyarankan anda untuk dibius lewat infus. Jika iya, tanyakan lebih lanjut pada dokter soal apa yang boleh dan tidak boleh dimakan sebelum serta sesudah perawatan ini.

Anda juga perlu makan makanan lunak dan sup untuk beberapa hari pertama pemulihan. Hindari makanan yang keras, kenyal, dan/atau lengket setelah kembali dari dokter gigi. Sebisa mungkin, hindari pula mengunyah pada sisi mulut tempat saluran akar gigi dicabut.

4. Pakai pakaian santai


Sebelum pergi ke dokter, pastikan untuk memakai pakaian santai, nyaman, dan longgar. Prosedur ini mungkin memakan waktu yang cukup lama sehingga anda harus senyaman mungkin agar merasa betah duduk lama di kursi pasien.

Sekembalinya dari dokter setelah menjalani perawatan saluran akar gigi, perbanyak istirahat dan hindari aktivitas fisik yang memberatkan.

Posisikan kepala lebih tinggi daripada jantung saat berbaring. Karena perawatan saluran akar biasanya dilakukan dalam beberapa kali kunjungan, kadang-kadang pasien akhirnya tidak kembali karena malas.

Hal itu merupakan kesalahan terbesar. Jika perawatan gigi tidak diselesaikan hingga tuntas, kondisi anda malah bisa menjadi lebih parah. Hal ini juga dapat menyebabkan gigi yang pulpanya sudah dikeluarkan menjadi gampang patah.

Jangan lupa lakukan perawatan gigi sesuai rekomendasi dokter, misalnya menyikat gigi dan juga flossing secara rutin.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.