23 Desember 2022 4:24 pm

Rayakan Liburan Natal & Tahun Baru Kamu, Dengan 7 Tips Berikut Ini Agar Tetap Sehat!

Rayakan Liburan Natal & Tahun Baru Kamu, Dengan 7 Tips Berikut Ini Agar Tetap Sehat!
Momen liburan Natal dan Tahun Baru merupakan salah satu momen yang banyak orang tunggu-tunggu. Acara kumpul bersama keluarga dan teman, serta istirahat sejenak dari rutinitas kerja, membuat kita lebih bersemangat. Terutama apabila menyinggung banyaknya hidangan lezat yang akan kita temukan dalam liburan panjang ini!

Namun, bukan berarti Fixas jadi acuh perihal pola makan selama momen perayaan ini. Periode perayaan ini bisa menjadi waktu yang sulit untuk menghindari makan makanan yang enak.

Mengutip British Nutrition Foundation, ada penelitian yang menunjukkan bahwa kebanyakan orang akan mendapatkan kalori ekstra yang dikonsumsi selama perayaan ini. Fixas pun bisa dengan mudah mengalami kenaikan berat badan jika tidak pintar-pintar mengontrolnya.

Maka dari itu, yuk kita simak beberapa tips berikut ini agar tubuh tetap sehat dan terjaga sepanjang liburan!

1. Jangan Berlebihan


Natal adalah waktu untuk bersantai dan menikmati waktu, tetapi cobalah untuk tetap ingat jaga kesehatan. Banyak dari kita makan lebih banyak dari biasanya selama periode Natal. Dan saat kita makan di luar, kita sering makan lebih banyak daripada di rumah.

Jika Anda tidak ingin merasa terlalu kenyang, pertimbangkan saat memilih makanan pembuka (mungkin dengan tambahan sayuran), daripada hidangan utama, atau minta porsi yang lebih kecil. Selai itu memilih kopi atau teh selesai makan, lebih baik daripada menghabiskan seporsi pudding setelah makan berat.

2. Cobalah Makan Lebih Sedikit Setelah Makan Berat


Perayaan makan sekali saja mungkin tidak akan membuat perbedaan bagi kesehatan Anda dalam skema besar, jadi nikmatilah. Namun, jika Anda sudah makan besar di awal hari, cobalah untuk mengurangi apa yang Anda makan selanjutnya.

Seperti makan lebih ringan di malam hari, misalnya sup, salad, atau sandwich. Dan cobalah untuk memilih opsi makanan yang rendah lemak jenuh, gula, dan garam.

3. Periksa Menu Lebih Dulu


Saat Anda makan di luar, salah satu cara terbaik untuk membuat pilihan yang sehat adalah dengan memeriksa menu sebelum memesan, baik online atau secara langsung.

Jangan terpengaruh apabila orang lain memesan hidangan dengan kalori tinggi atau makanan yang terlalu manis, terutama bila Anda memang sedang harus menjaga kesehatan. Banyak restoran yang menawarkan informasi nutrisi pada hidangannya secara online.

4. Pilih Opsi yang Sehat


Jika Anda makan di rumah, cobalah merencanakan apa yang Anda makan dengan mempertimbangkan kesehatan. Pilih potongan daging tanpa lemak, dan hilangkan lemak yang terlihat, dan coba batasi daging merah dan olahan yang Anda miliki dengan pilihan ikan, ayam, kalkun, dan nabati.

Jika Anda makan di luar, cobalah untuk memilih opsi menu yang paling sehat agar sesuai dengan diet normal Anda, daripada hanya memilih makanan favorit. Hindari hidangan berbahan dasar kue yang digoreng atau yang memiliki saus krim dan keju. Jika Anda ingin memesan makanan penutup, pilihlah hidangan yang berbahan dasar buah.

5. Konsumsi Sayuran

Mengonsumsi sayuran dengan baik bersama makanan utama akan menambah vitamin, mineral, dan serat, tetapi berhati-hatilah dengan sayuran yang ditambahkan mentega, saus keju, atau garam.

Jika Anda bertanggung jawab untuk memasak, tawarkan sayuran kukus atau rebus tanpa garam, dan hindari saus keju, atau tambahkan bacon ke dalam kecambah, atau mentega ke dalam wortel dan kacang polong.

6. Kurangi Camilan Natal


Camilan tampaknya ada di mana-mana saat Natal! Tidak apa-apa untuk menikmati pai daging cincang yang lezat, biskuit dan roti, minuman, atau permen cokelat.

Tetapi tetap berpegang pada pola makan dan camilan yang teratur akan membantu memastikan Anda tidak lapar di antara waktu makan dan membantu mempertahankan diet Anda. Dan ingat bahwa camilan gurih seperti kacang panggang kering dan keripik juga tinggi lemak, dan sering kali juga tinggi garam.

7. Batasi Asupan Alkohol


Alkohol mengandung banyak kalori, jadi coba tentukan sendiri batas alkohol sebelum kamu tiba di pesta atau pertemuan keluarga. Kamu bisa mencoba mengganti alkohol dengan air, air soda, atau minuman ringan lainnya yang rendah gula.

Untuk menjaga asupan gula tetap rendah, gantilah minuman yang dimaniskan dengan gula untuk diet, atau lebih baik lagi tanpa menambahkan gula dan hanya air putih.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.