21 Juni 2023 12:28 pm

Rahasia Efektif Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet! Kamu Harus Tahu 8 Kebiasaan Sehat Ini!

Rahasia Efektif Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet! Kamu Harus Tahu 8 Kebiasaan Sehat Ini!
Kamu pasti pernah berpikir untuk menurunkan sedikit berat badan atau menjaga berat badanmu tetap stabil. Menjaga berat badan ialah sebuah perubahan kecil yang memiliki benefit jangka panjang bagi tubuhmu. Namun terkadang sulit rasanya untuk melakukan diet!

HEALTHY HABBITS UNTUK TURUNKAN BB!


Sebenarnya untuk mengurangi beberapa kilogram tidak selalu memerlukan perubahan total pada pola makan kamu saat ini. Dengan melakukan beberapa perubahan kecil pada rutinitasmu, kamu dapat menurunkan berat badan dan menjaganya tetap stabil.

Jika kamu dapat menerapkannya, kamu akan mendapati perubahan kesehatan yang lebih baik.

1. Sarapan Tinggi Protein


-

Ada alasan baik mengapa sarapan dianggap sebagai makanan paling penting dalam sehari. Apa yang kamu makan untuk sarapan mempengaruhi apakah kamu akan merasa kenyang hingga jam makan siang tiba.

Dalam satu studi yang melibatkan 20 remaja perempuan, diketahui bahwa mengonsumsi sarapan tinggi protein lebih efektif dalam mengurangi keinginan makan berlebihan setelah makan dibandingkan dengan sarapan tingkat protein normal.

Protein juga dapat membantu penurunan berat badan dengan mengurangi kadar ghrelin, "hormon lapar" yang bertanggung jawab dalam meningkatkan nafsu makan. Kamu bisa mencoba sumber protein seperti telur, yoghurt, keju cottage, kacang-kacangan, dll.

2. Perbanyak Minum Air Putih


-

Memulai pagi dengan satu atau dua gelas air adalah cara yang mudah untuk menjaga berat badan. Air dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi, atau jumlah kalori yang dibakar oleh tubuhmu, setidaknya selama 60 menit.

Minum 500 ml air dapat menyebabkan peningkatan laju metabolisme sebesar 30%, secara rata-rata. Selain itu, minum air juga dapat mengurangi nafsu makan dan asupan makanan pada beberapa individu.

Salah satu studi pada 24 orang dewasa yang lebih tua menunjukkan bahwa minum sekitar 500 ml air mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi saat sarapan sebesar 13%.

Memulai pagi dengan minum air dan tetap terhidrasi sepanjang hari adalah cara yang bagus untuk meningkatkan proses penurunan berat badan.

3. Berjemur


-

Paparan cahaya matahari dalam tingkat sedang pada waktu-waktu tertentu dalam sehari dapat mempengaruhi berat badan, ini juga merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D kamu.

Beberapa studi telah menemukan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin D dapat membantu dalam penurunan berat badan dan bahkan mencegah penambahan berat badan.

Jumlah paparan sinar matahari yang kamu butuhkan dapat bervariasi berdasarkan jenis kulit, musim, dan lokasi tinggalmu. Namun, kamu cukup membuka tirai untuk membiarkan sinar matahari masuk atau duduk di luar selama 10–15 menit setiap pagi untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Track Makanan yang Kamu Konsumsi


Mencatat makanan yang kamu konsumsi dalam sebuah jurnal dapat menjadi cara yang efektif untuk membantu penurunan berat badan dan menjaga akuntabilitas diri.

Menggunakan sistem pelacakan untuk memantau pola makan dan olahraga dapat membantu penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan bila tidak secara teratur menggunakan sistem pelacakan tersebut.

Cobalah menggunakan aplikasi atau bahkan hanya sebatang pena dan kertas untuk mencatat makanan dan minuman yang kamu konsumsi, dimulai dari makanan pertamamu di pagi hari.

5. Evaluasi Pola Makan


Apakah kamu makan larut malam, ngemil saat memasak, atau menghabiskan sisa makanan anak-anak? Ingat kembali kebiasaan makanmu, dan kamu akan lebih mudah untuk mengidentifikasi beberapa kebiasaan yang dapat kamu ubah yang akan memperlihatkan hasil yang signifikan.

6. Jangan Makan Setelah Makan Malam


Setelah makan malam adalah waktu di mana banyak orang mengalami penambahan berat badan yang berlebihan. Jika kamu merasa lapar, cobalah minum minuman yang tidak mengandung kalori atau gula. Sikat gigi setelah makan malam juga membantu mengurangi godaan untuk makan lagi.

7. Pergi Belanja Dengan Perut Kenyang


Hal ini dapat menghindarkan kamu dari kesalahan jika pergi ke toko makanan ketika perutmu sedang lapar. Belanja hanya berdasarkan daftar belanja yang telah disiapkan sehingga pembelian impulsif dapat diminimalisir. Memulai pola makan yang baik dimulai dengan menyediakan stok makanan sehat di rumah.

8. Tidur Yang Cukup


Pergi tidur sedikit lebih awal atau menyetel alarm lebih lambat untuk mendapatkan tidur ekstra dapat membantu penurunan berat badan.

Beberapa studi telah menemukan bahwa kurang tidur dapat terkait dengan peningkatan nafsu makan, terutama terhadap makanan tinggi karbohidrat dan tinggi kalori.

Kekurangan tidur juga dikaitkan dengan peningkatan asupan kalori. Dalam satu studi, 12 peserta mengonsumsi rata-rata 559 kalori lebih banyak setelah tidur hanya empat jam, dibandingkan ketika mereka tidur delapan jam penuh.

Menjaga jadwal tidur yang sehat merupakan komponen penting dalam penurunan berat badan, bersama dengan pola makan yang baik dan olahraga. Untuk hasil maksimal, usahakan tidur setidaknya delapan jam per malam.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.