27 Juni 2022 2:19 pm

Punya Masalah Gigi Sensitif? Cek Langkah Efektif Mengatasinya!

Punya Masalah Gigi Sensitif? Cek Langkah Efektif Mengatasinya!
Sebagian dari Fixas pasti pernah mengalami rasa ngilu pada gigi ketika minum atau makan, terutama bila minuman atau makanan tersebut panas dan dingin. Hal ini tidak hanya dialami pada gigi berlubang, tapi juga pada gigi sensitif.

Gigi sensitif atau dentin hypersensitivity, merupakan salah satu masalah gigi yang paling umum terjadi, dan dapat menyerang satu gigi, sebagian, atau bahkan seluruh gigi.

Tidak hanya karena suhu makanan, tapi terkadang rasa ngilu juga muncul karena makanan yang terlalu manis dan asam, dan juga suhu udara yang dingin.

Kondisi gigi sensitif tentu membuat aktivitas biasa seperti makan/minum dan sikat gigi menjadi tidak nyaman, dan dapat terjadi hanya sementara atau bahkan dalam jangka panjang. Tapi begitu Fixas dapat menemukan penyebabnya, Fixas akan dengan mudah mengatasinya.

Apa Yang Menyebabkan Gigi Sensitif ?


Secara umum gigi terdiri dari tiga lapisan, yaitu enamel (lapisan terluar dan terkuat), dentin (inti gigi) yang mengandung jutaan lubang kecil, dan pulpa (bagian terdalam dari gigi, tempat adanya saraf pusat di gigi).

Gigi sensitif terjadi ketika dentin (lapisan tengah gigi) terbuka, dan terpapar rangsangan dari luar. Pembukaan dentin terjadi akibat lapisan terluar gigi, yaitu email atau enamel gigi, mengalami kerusakan.

Dentin memiliki saluran yang terhubung dengan saraf. Oleh karena itu, jika dentin terekspos dan mendapatkan rangsangan dari luar, seperti terkena makanan atau minuman yang panas atau dingin, rasa ngilu pun muncul.

Selain itu, faktor lain seperti gigi berlubang, gigi retak atau terkelupas, tambalan yang aus, hingga penyakit gusi juga bisa menjadi penyebab gigi sensitif.

jaringan pada gigi
jaringan pada gigi

Terbukanya dentin dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi, yaitu:

1. Penipisan Email
Email atau enamel adalah jaringan paling kuat di tubuh manusia yang melindungi bagian-bagian lain gigi. Akan tetapi, lapisan ini juga dapat menipis atau rusak akibat konsumsi makanan manis dan asam, atau minuman bersoda, hingga membuat lapisan dentin di bawahnya terekspos.

2. Kondisi Gigi dan Mulut
Gigi yang berlubang, karies, gigi patah atau retak juga dapat membuat dentin terbuka sehingga memicu gigi sensitif. Kondisi lain di mulut seperti radang gusi atau resesi gusi, yaitu kondisi menurunnya gusi dari permukaan gigi sehingga akar gigi terlihat dan tidak terlindungi menyebabkan gigi sensitif rawan terjadi.

radang gusi & gigi berlubang
radang gusi & gigi berlubang

3. Kondisi Lambung
Gigi sensitif juga bisa disebabkan oleh penyakit refluks asam lambung / GERD. Asam lambung yang naik dari lambung dan kerongkongan dapat mengikis email gigi apabila terjadi dalam jangka panjang. Selain penyakit refluks asam lambung, kondisi medis lain yang dapat menyebabkan gigi sensitif adalah gangguan pengosongan lambung, dan gangguan makan seperti bulimia & anoreksia.

4. Kebiasaan Buruk
Beberapa kebiasaan buruk juga dapat menyebabkan gigi sensitif, misalnya menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi yang kasar. Dan kebiasaan menggeretak gigi saat sedang tidur juga dapat menyebabkan terkikisnya enamel gigi, hingga memicu gigi sensitif.

5. Prosedur Medis
Beberapa tindakan medis pada gigi seperti tambal gigi dan pemutihan gigi / bleaching, juga dapat menyebabkan gigi sensitif. Bahan kimia yang digunakan dalam proses bleaching dapat merusak enamel gigi. Meski demikian, gigi sensitif yang timbul akibat prosedur medis hanya sementara.

Perawatan Gigi Sensitif


Ada dua tipe penanganan yang dapat dilakukan yaitu :
  1. Perawatan Mandiri
  2. Tindakan Medis

Fixas bisa melakukan beberapa cara merawat gigi sensitif secara mandiri di bawah ini jika tingkat sensitivitas gigi masih berada pada tahap awal :

1. Pilihlah pasta gigi yang dibuat khusus untuk gigi sensitif supaya membantu mencegah dan salah satu cara menghilangkan gigi ngilu akibat gigi sensitif. Jenis pasta gigi ini, biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang dapat meredakan rasa ngilu atau sensitivitas pada gigi sensitif seperti :

  • Potassium Nitrate (kalium nitrat) berfungsi untuk menenangkan saraf gigi saat gejala gigi sensitif terasa, sehingga rasa ngilu akibat gigi sensitif pun reda.

  • Fluoride berfungsi untuk memperkuat enamel gigi dan mengurangi rasa nyeri yang timbul saat makan atau minum. Selain itu, bahan ini juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menimbulkan masalah kesehatan pada gigi.

  • Calcium Sodium Phosphosilicate (Novamin) berfungsi untuk membentuk lapisan pelindung pada dentin gigi sehingga meredakan gejala gigi sensitif. Tidak hanya itu, bahan ini juga berperan dalam memberantas bakteri jahat penyebab masalah pada gigi dan membersihkan plak gigi.

2. Berhati-hati ketika menyikat gigi. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang berbulu lembut. Lalu menyikat gigi secara lembut dan hindari menyikat gigi dari sisi ke sisi tepat di garis gusi karena ini bisa membuat enamel gigi dapat hilang lebih cepat.

3. Setelah selesai menyikat gigi, berkumurlah sekali. Berkumur terlalu banyak akan menyebabkan bahan aktif dari pasta gigi larut dan terbuang bersama air kumur sehingga mengurangi efektivitas pasta gigi.

4. Menggunakan mouthwash non alkohol, karena obat kumur bebas alkohol tidak akan terlalu mengiritasi gigi sensitif.

5. Menghindari makanan dan minuman asam, manis, dan soda. Makanan-makanan tersebut dapat menyerang enamel gigi. Penting juga untuk menunggu setidaknya 30 menit setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam, baru menyikat gigi.

Sebagai gantinya, cobalah konsumsi makanan berikut:
  • Buah dan sayuran kaya serat
  • Keju
  • Susu
  • Yogurt hambar
  • Teh hijau atau hitam
  • Permen karet tanpa gula

6. Jika Anda sedang dalam menjalani proses pemutihan gigi, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter, apakah untuk menunda atau memberhentikan perawatan tersebut.

7. Menggunakan alat pelindung gigi yang dapat digunakan ketika tidur untuk mencegah gertakan gigi merusak enamel gigi.

Apabila Langkah-langkah di atas tidak dapat meredakan gejala, segera ke dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Dokter akan menyesuaikan metode pengobatan dengan penyebab yang mendasarinya, seperti :

1. Pelapisan gigi dengan fluoride
Untuk mengatasi gigi sensitif yang disebabkan oleh penipisan email, dokter akan memberikan pasta gigi khusus untuk menghambat sensasi nyeri, atau gel yang mengandung fluoride untuk memperkuat email gigi.

2. Perawatan gigi
Gigi sensitif yang disebabkan oleh kondisi gigi dan mulut, dapat diatasi dengan beberapa metode berikut:
  • Tambal gigi, untuk mengatasi gigi sensitif akibat gigi berlubang
  • Perawatan saluran akar gigi, untuk mengatasi gigi sensitif yang tidak dapat diatasi dengan metode lainnya, dengan melibatkan pengeboran gigi untuk mengangkat pulpa yang rusak di dalam gigi
  • Cangkok gusi, untuk mengatasi gigi sensitif akibat penyusutan gusi yang parah, dengan mengambil jaringan langit-langit mulut bagian atas untuk dilekatkan ke area gusi yang rusak

3. Penanganan asam lambung
Gigi sensitif yang disebabkan oleh kondisi lambung, seperti GERD, dapat diatasi dengan obat penurun produksi asam lambung. Sementara pada gangguan lambung lain, seperti bulimia, dokter akan menyarankan psikoterapi.

4. Penghentian kebiasaan buruk
Untuk mengatasi gigi sensitif akibat kebiasaan buruk, seperti menyikat gigi dengan kasar, dokter akan menyarankan jenis sikat gigi dan cara menyikat gigi yang benar.
Dokter juga dapat menganjurkan pasien untuk mengelola stres dan mengurangi konsumsi kafein pada penderita gigi sensitif yang disebabkan oleh bruxism.
Jika kebiasaan tersebut masih terjadi, dokter akan memberikan pelindung gigi untuk mencegah kerusakan pada gigi.

5. Perawatan mandiri setelah tindakan medis
Gigi sensitif yang disebabkan oleh prosedur medis, seperti pemutihan gigi dan tambal gigi, hanya terjadi sementara dan akan sembuh dengan sendirinya.
Meski begitu, pasien juga dianjurkan untuk melakukan perawatan mandiri di rumah untuk meredakan gejala.

Selain itu, selalu jaga kebersihan mulut dan gigi, karena cara ini merupakan kunci utama untuk menjaga kesehatan gigi kita, Fixas.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.