22 Desember 2022 4:14 pm

MOMS! IKUTI 6 TIPS MENJAGA KESEHATAN FISIK & MENTAL INI AGAR TETAP SEHAT!

MOMS! IKUTI 6 TIPS MENJAGA KESEHATAN FISIK & MENTAL INI AGAR TETAP SEHAT!
Seringnya, ibu yang bekerja biasanya lupa untuk menjaga kesehatan diri sendiri, karena terlalu sibuk untuk mengurus rumah tangga dan pekerjaan di kantor. Belum lagi jika ada masalah, baik di kantor maupun di rumah yang menyita pikiran dan menguras tenaga. Hal ini membuat imun tubuh ibu semakin menurun dan tubuh lebih mudah terserang penyakit.

Maka dari itu Moms perlu pandai untuk menjaga Kesehatan fisik dan mental, agar tetap fit dan sehat! Nah Moms, yuk simak beberapa tips berikut ini!

Menjaga Kesehatan Fisik


1. Jangan Lewatkan Sarapan!


Tips pertama dalam menjaga kesehatan ibu yang punya dua kewajiban adalah dengan tidak melewatkan sarapan. Sarapan adalah hal paling dasar sekaligus penting dalam menjaga kesehatan ibu yang punya peran ganda sepertii Mom. Pilih makanan yang siap masak tapi mengandung gizi yang seimbang.

Siapkan sayuran dan buah-buahan di rumah untuk cadangan beberapa hari agar Mom tidak perlu menyisihkan waktu khusus untuk membeli buah dan sayur. Dengan sarapan bisa membuat tubuh ibu bertenaga dan siap bekerja seharian.

2. Makan Siang Penting!


Meski pekerjaan seakan menyita waktu dan pikiran, ibu yang bekerja tidak boleh melewatkan makan siang. Ini bisa membuat ibu tetap bugar dan pekerjaan pun bisa selesai tepat waktu.

3. Mengurangi Kopi


Jika Mom punya kebiasaan minum kopi sebelum atau saat beraktivitas, sudah saatnya Mom kurangi asupan kafein dari kopi yang Mom biasa minum. Kafein dari kopi atau teh dapat menurunkan kesehatan ibu, terutama bagi ibu pekerja yang masih menyusui.

Sebagai gantinya, saat Mom harus lembur dan mulai mengantuk, Mom bisa membuat jus buah, menyantap yoghurt atau smoothie.

4. Pilih Camilan yang Tepat


Merasa lapar di sela-sela jam makan itu wajar terjadi lho, apalagi saat Mom punya segudang aktivitas dan dituntut untuk berkegiatan ke sana kemari. Mom pasti butuh asupan energi lebih untuk melakukan banyak hal. Agar rencana menjaga kesehatan ibu bisa terwujud, sediakanlah camilan yang tepat.

Camilan yang tepat di sini artinya camilan yang tidak membuat lemak di tubuh bertambah. Yoghurt, kacang-kacangan, cokelat dan buah adalah camilan yang tepat. Makanan tersebut akan memberikan energi tambahan saat Mom kelelahan. Dengan tubuh yang penuh energi, Mom masih punya tenaga untuk bermain bersama si kecil setelah mengerjakan tugas-tugas kantor.

5. Lakukan Tugas yang Sulit Terlebih Dahulu


Ini penting, karena ibu akan merasa memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang mudah. Ibu juga akan memiliki waktu luang di akhir pekan bersama dengan keluarga.

6. Luangkan Waktu Untuk Olahraga


Setiap ibu pekerja pasti merasa bahwa waktunya tidak cukup untuk berolahraga. Membagi waktu untuk anak dan pekerjaan saja sudah menguras tenaga, apalagi jika harus berolahraga. Baru peregangan saja, Mom sudah kelelahan.

Sebetulnya tidak sulit lho untuk meluangkan waktu untuk berolahraga. Mom dapat memanfaatkan barang-barang di sekitar untuk menggerakan tubuh. Squad wall, stretching dan chair exercise dapat menjadi cara Mom berolahraga.

Menjaga Kesehatan Mental


-

Selain kesehatan fisik, Mom juga perlu menjaga Kesehatan mental agar imun tubuh tidak melemah!

1. Me-Time


Me-Time merupakan salah satu aktivitas yang efektif untuk menyembuhkan diri dari gejala stres dan gangguan emosional lainnya. Lakukanlah kegiatan yang Mom gemari, seperti olahraga, membaca buku, meditasi, bertamasya, atau lainnya.

Aktivitas tersebut diharapkan dapat mengembalikan energi dan motivasi untuk bekerja. Serta meminimalisir terjadinya dampak negatif karena gangguan mental seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

2. Cari Hiburan Sejenak di Media Sosial


Tergantung bagaimana cara kita dalam menggunakan media sosial. Di satu sisi, media sosial menyajikan ragam konten hiburan yang bisa membantu Mom dalam menjaga kesehatan mental.

Akan tetapi, di sisi lainnya media sosial juga menjadi sebuah ajang memamerkan sesuatu seperti kekayaan. Untuk itu Mom cukup memilih konten yang dapat menghibur ya!

3. Hindari Membandingkan Diri dengan Orang Lain


Ketika melihat kesuksesan orang lain, kita mungkin akan termotivasi untuk meraih pencapaian serupa. Namun ingatlah, kita tidak bisa membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Karena setiap orang mempunyai jalan kehidupannya masing-masing. Jadi, yakinlah bahwa Mom juga akan sukses di masa mendatang.

4. Afirmasi Positif


Ketika telah usai menyelesaikan pekerja di kantor, Mom bisa memberikan afirmasi positif atau pujian yang baik kepada diri sendiri. Sampaikanlah ucapan terima kasih yang tulus kepada diri, karena telah mampu melangkah sejauh ini.

Diharapkan melalui afirmasi positif tersebut dapat memberikan suntikan energi dan motivasi dalam diri. Serta, meminimalisir adanya potensi gangguan kesehatan mental.

5. Kunjungi Sahabat dan Kerabat Dekat


Saat mempunyai waktu luang, cobalah untuk pergi mengunjungi sahabat maupun kerabat. Dengan bersama sosok terdekat, Mom bisa bercerita mengenai masalah yang sedang dialami.

Ketika mendengar masalah Mom, mereka pasti akan memberikan dukungan motivasi. Yang mana motivasi tersebut akan membantu Mom merasa lebih baik.

6. Hubungi profesional

Jika stres yang dialami sudah tak dapat dikendalikan dan mengganggu aktivitas harian, jangan ragu untuk mendatangi profesional seperti seorang psikolog.
Mendatangi profesional tak perlu dilakukan saat kondisi sudah parah. Mom bisa mencegahnya saat telah menyadari bahwa ada sesuatu yang salah sejak dini. Semakin dibiarkan, masalah pada mental akan semakin parah dan bisa memicu gangguan atau penyakit mental yang bisa berdampak buruk.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.