30 September 2022 12:38 pm

Minuman Manis Berbahaya??! Cek Gula Darah Anda! Ini Bahaya Mengonsumsi Gula Berlebih!

Minuman Manis Berbahaya??! Cek Gula Darah Anda! Ini Bahaya Mengonsumsi Gula Berlebih!
Sudahkah Fixas mencoba minuman Es Teh Indonesia yang viral karena kekinian?

Baru-baru ini minuman tersebut dikritik keras oleh netizen karena diduga mengandung gula berlebihan. Netizen merasa minuman produk Es Teh Indonesia tersebut terlalu manis.

Publik kini menyoroti bahaya kandungan gula yang tinggi pada minuman-minuman manis. Beberapa pakar pun mengingatkan tentang konsumsi asupan gula per hari, agar menghindari konsumsi gula berlebih.

-

Mengetahui berapa kadar gula darah yang berbahaya penting bagi penderita diabetes agar tetap sehat dan mencegah komplikasi. Tentu saja juga bermanfaat bagi mereka yang tanpa diabetes, karena mengetahui berapa kadar gula darah anda dapat mengarah pada langkah awal yang lebih baik untuk mencegah masalah gula darah yang belum terdiagnosis.

Jumlah Maksimum Konsumsi Gula Per Hari


Gula merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan manusia. Namun, jika berlebihan, gula dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Pasalnya, kelebihan asupan gula per hari tidak hanya memicu penambahan berat badan, tapi juga bisa menyebabkan obesitas yang merupakan penyebab utama dari diabetes dan penyakit jantung.

Batas konsumsi gula yang disarankan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam per hari yaitu 50 gram gula atau setara dengan 5 – 9 sendok teh.

Sementara itu, menurut American Heart Association (AHA), batas maksimal konsumsi gula adalah 24 miligram per hari atau setara 6 sendok teh.

Bagi Fixas yang rutin beraktivitas dan berolahraga, jumlah tersebut mungkin tidak perlu dikhawatirkan karena sistem tubuh mampu membakar banyak kalori. Meski demikian, anda yang mengidap diabetes sebaiknya benar-benar mengontrol asupan gula dan karbohidrat supaya kadar gula darah tetap terkendali.

Bahaya Mengonsumsi Gula berlebih


Berikut ini adalah berbagai bahaya gula bagi kesehatan, khususnya jika dikonsumsi secara berlebihan :

1. Merusak Gigi


Mengonsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan gigi berlubang, sehingga cenderung mengakibatkan masalah bau mulut. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka lubang pada gigi akan melebar dan pembusukan dapat berlanjut hingga ke akar gigi.

2. Menambah Berat Badan


Obesitas mengalami peningkatan di seluruh dunia, terutama dari minuman dengan tambahan gula. Minuman seperti soda, jus, dan teh manis mengandung fruktosa, sejenis gula sederhana. Mengonsumsi fruktosa dapat meningkatkan rasa lapar.

Selain itu, konsumsi fruktosa yang berlebihan dapat menyebabkan resistensi terhadap leptin. Leptin merupakan hormon penting yang mengatur rasa lapar dan memberitahu tubuh anda untuk berhenti makan.

3. Mengganggu Sistem Kardiovaskular


Bahaya gula yang dikonsumsi berlebihan lainnya adalah mengganggu organ jantung. Banyak bukti menunjukkan bahwa diet tinggi gula dapat menyebabkan obesitas, tekanan darah tinggi, dan peradangan. Ini semua adalah faktor risiko penyakit jantung.

4. Meningkatkan Risiko Diabetes


Semakin banyak gula yang dikonsumsi, semakin meningkat pula berat badan. Seperti diketahui, obesitas atau berat badan berlebih adalah asal mula dari berbagai masalah kesehatan, salah satunya diabetes mellitus tipe 2 yang merupakan dampak dari bahaya gula.

Terlebih lagi, konsumsi gula tinggi yang berkepanjangan akan mendorong resistensi terhadap insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas yang mengatur kadar gula darah. Resistensi insulin menyebabkan efek gula darah tinggi dan sangat meningkatkan risiko diabetes.

5. Meningkatkan Risiko Kanker


Pada banyak penelitian, bahaya gula yang dikonsumsi berlebihan terbukti dapat meningkatkan risiko terkena kanker tertentu.

Pertama, asupan yang kaya akan makanan dan minuman manis dapat menyebabkan obesitas, yang secara signifikan meningkatkan risiko kanker. Selain itu, resistensi insulin yang disebutkan di atas, juga dapat meningkatkan risiko kanker.

6. Merusak Fungsi Otak


Mengonsumsi gula berarti memberi otak anda pasokan zat kimia yang disebut dopamin. Zat ini bisa memberikan sensasi “bahagia” pada tubuh.

Namun, ketika efek tersebut menghilang, tubuh akan “kelaparan” untuk terus meminta pasokan dopamin dalam jumlah yang sama atau lebih banyak. Bahaya gula bagi kesehatan yaitu anda akan lebih bergantung pada sesuatu yang manis atau mengandung gula.

7. Penuaan Dini


Gula menempel pada protein dalam aliran darah dan menciptakan molekul berbahaya yang disebut "AGE's". Molekul-molekul itu telah terbukti dapat merusak kolagen dan elastin di kulit anda.

Oleh karena itu, gula berlebih juga bisa menyebabkan penuaan dini dan membuat kulit terlihat lebih kendur.

8. Mempercepat Penurunan Kognitif


Diet tinggi gula menyebabkan gangguan memori serta meningkatkan risiko seseorang mengalami demensia.

9. Mengundang Jerawat


Makanan manis dapat menjulangkan kadar gula dan insulin dalam darah. Akibatnya, terjadi peningkatan sekresi androgen, serta produksi minyak dan peradangan. Semua ini berperan dalam pengembangan jerawat.

10. Menyebabkan Gagal Ginjal


Ginjal berperan penting dalam menyaring gula darah di dalam tubuh. Begitu gula darah mencapai kadar yang tinggi (akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan manis), ginjal akan membiarkan gula tersebut masuk ke urine. Jika keadaan ini terus berlanjut, gagal ginjal tak bisa dihindari lagi.

Setelah mengetahui bahaya gula bagi kesehatan, Fixas sebaiknya mulai membatasi konsumsi makanan atau minuman manis untuk menghindari berbagai bahaya kelebihan gula.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.