19 Agustus 2022 2:31 pm

Khawatir Si Kecil Sedang Demam?? Bedakan Demam Karena Tumbuh Gigi Dengan Penyakit Lainnya!

Khawatir Si Kecil Sedang Demam?? Bedakan Demam Karena Tumbuh Gigi Dengan Penyakit Lainnya!
Tumbuh gigi pada bayi dapat meningkatkan suhu badannya, namun menurut American Academy of Pediatrics biasanya tidak sepanas itu hingga dapat dikatakan demam. Mari kita bahas bagaimana kondisi bayi yang sedang tumbuh gigi atau sakit.

Pertumbuhan awal si kecil memang sangat menggemaskan, namun masa-masa tumbuh gigi si kecil juga dapat menjadi cukup membosankan untuk Parents. Karena si kecil akan lebih banyak berliur, sangat rewel, sering terbangun di malam hari, dan iritasi pada gusinya. Tapi apakah bayi dapat mengalami demam karena tumbuh gigi??

Berikut beberapa informasi yang perlu Parents ketahui!

Apakah Tumbuh Gigi Menyebabkan Demam??


Biasanya gigi bayi pertama kali tumbuh saat usia mereka 4-6 bulan, disusul dengan pertumbuhan gigi susu lainnya hingga usia 2-3 tahun. Menurut America Academy of Pediatric (AAP), suhu badan pada bayi dapat meningkat ketika masa pertumbuhan gigi. Hal ini disebabkan oleh peradangan gusi karena gigi memotong jaringan gusi yang halus.

Perlu Parents ingat bahwa meningkatnya suhu bayi ketika tumbuh gigi tidak setinggi suhu tubuh bayi saat demam seperti pada umumnya.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Maret 2016 mengenai jurnal Pediatrics mendukung klaim ini. Menggunakan data yang dikumpulkan dari 10 studi utama, para peneliti menemukan adanya erupsi gigi sulung dikaitkan dengan kenaikan suhu, tetapi tidak ditandai sebagai demam.

-

Perbedaan ini sangat penting karena bila anak mengalami demam yang sebenarnya, namun dengan asumsi penyebabnya adalah tumbuh gigi, dapat mengakibatkan dokter atau Parents melewatkan kemungkinan penyakit atau infeksi lain yang membutuhkan penanganan khusus.

Apakah Bayi Demam Karena Tumbuh Gigi atau Sakit??


Apakah si kecil mengalami demam ringan? Beberapa penyebab demam membutuhkan perawatan medis, jadi penting untuk mengenali gejalanya. Berikut bagaimana Parents membedakan peningkatan suhu tubuh yang disebabkan tumbuh gigi atau hal lainnya.

Demam saat tumbuh gigi biasanya cukup ringan, kurang dari 38 derajat Celcius. Dan juga dapat diikuti dengan beberapa gejala tumbuh gigi pada bayi :
  • Berliur (ngiler)
  • Gusi bengkak
  • Mengunyah dan menggigit semua benda yang dijangkaunya
  • Sering menggosok-gosok mulut, pipi, dan telinga
  • Rewel terutama di malam hari
  • Ruam di mulut
  • Nafsu makan menurun

Peneliti dari studi yang tadi juga menemukan bahwa gejala tumbuh gigi cenderung memuncak saat munculnya gigi seri primer atau gigi depan anak. Hal ini dapat terjadi antara usia 6 hingga 16 bulan, dan menurun seiring bertambahnya usia anak.

Berapa lama demam karena tumbuh gigi berlangsung?

Umumnya demam dimulai sekitar sehari sebelum gigi mulai tumbuh, dan suhu tubuh akan turun dengan sendirinya setelah gigi menembus gusi. Tidak banyak yang dapat Parents lakukan untuk mencegah atau menghentikan demam tumbuh gigi, karena suhu tubuh bayi akan turun dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Lalu bagaimana tanda-tanda demam karena penyakit lainnya? Tidak jarang anak-anak sakit saat mereka mulai tumbuh gigi, sebagian karena luka terbuka di gusi membuat mereka lebih rentan terserang penyakit, kata Jill Lasky, DDS., dokter gigi anak di Lasky Pediatric Dental Group di Los Angeles.

Gejala berikut mungkin menunjukkan bahwa anak sedang pilek, infeksi telinga, atau penyakit lain:
  • Hidung berair atau tersumbat
  • Batuk
  • Bersin
  • Diare
  • Muntah
  • Ruam popok
  • Ruam yang tidak dapat dijelaskan pada tubuh
  • Menangis / rewel yang berlebihan
  • Kantuk yang tidak biasa.

Gejala tumbuh gigi dan sakit terkadang sulit untuk dibedakan. Mungkin juga si kecil dapat tumbuh gigi dan sakit dalam waktu bersamaan. Meski umumnya demam karena tumbuh gigi cenderung ringan, waspada apabila terjadi demam lebih tinggi dari 38,3 derajat Celcius atau disertai dengan gejala penyakit lainnya.

Gejala seperti pilek, diare, dan bersin tidak terkait dengan tumbuh gigi bayi. Segera hubungi dokter gigi anak anda bila Parents tidak yakin.

Cara Meredakan Sakit Pada Gusi Bayi


Cara terbaik untuk menenangkannya ketika bayi tumbuh gigi ialah dengan menekan gusinya. Parents dapat memijatnya dengan jari yang bersih dan steril atau memberikannya teething ring (mainan gigi dari silicon) untuk dikunyah.

-

Hampir setiap benda yang ia pegang mungkin terasa enak ketika si kecil tumbuh gigi, tapi benda-benda yang terlalu dingin juga dapat melukai gusinya. Jangan menaruh teething ring di dalam freezer, tempatkanlah dalam lemari es hingga sejuk saja.

Jangan gunakan gel untuk menggosok gigi bayi, karena beberapa mengandung belladonna / benzocaine yang dapat menyakiti gusi si kecil. FDA telah memperingatkan hal ini karena kemungkinan efek samping yang berbahaya, yaitu penurunan tingkat oksigen dalam tubuh dan aliran darah.

Tumbuh gigi dapat membuat si kecil dan Parents sangat frustrasi. Namun ingatlah bahwa masa ini hanyalah salah satu bagian dari fase tumbuh kembangnya. Jagalah si kecil agar tetap merasa nyaman. Dan ketika gigi pertama itu muncul, bersihkan giginya setiap hari dengan sikat gigi lembut yang didesain khusus untuk bayi, agar kesehatan giginya terjaga.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.