14 Juli 2023 1:53 pm

Khawatir Kolestrol Makin Tinggi?? Coba 5 Makanan Penghancur Kolestrol dan Tips Berikut!!

Khawatir Kolestrol Makin Tinggi?? Coba 5 Makanan Penghancur Kolestrol dan Tips Berikut!!

Level Kolestrol Yang Harus Kamu Tahu!

Tubuh sebenarnya memerlukan kolesterol untuk produksi vitamin D, pembentukan sel-sel tubuh, pencernaan, dan produksi hormon. Namun, jika kadar kolesterol terlalu tinggi, dapat menyebabkan pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko terkena penyakit kronis seperti stroke dan penyakit jantung.

Seseorang dengan kadar kolesterol tinggi, penting untuk mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung low-density lipoprotein (LDL), yaitu kolesterol jahat dalam jumlah yang rendah.

Kadar LDL dianggap tinggi jika berada antara 130-159 mg/dL dan sangat tinggi jika di atas 160 mg/dL. Sedangkan kadar HDL dianggap rendah jika berada di bawah 40 mg/dL.

Untuk mengetahui kadar kolesterol ini, dapat dilakukan tes darah yang akan memberikan informasi mengenai jumlah kolesterol dalam tubuh.

Apa yang Dapat Mempengaruhi Kadar Kolesterol?


Ada beberapa faktor di luar kendali kita yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol, antara lain :

1. Usia dan Jenis Kelamin


Kadar kolesterol cenderung meningkat seiring bertambahnya usia pada wanita dan pria. Sebelum menopause, wanita memiliki kadar kolesterol total yang lebih rendah dibandingkan pria pada usia yang sama. Setelah menopause, kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) wanita cenderung meningkat.

2. Keturunan


Genetika tubuhmu sebagian menentukan seberapa banyak kolesterol yang diproduksi tubuhmu. Kadar kolesterol tinggi dapat berjalan dalam keluarga.

3. Ras


Beberapa ras memiliki risiko lebih tinggi terkena kadar kolesterol tinggi. Misalnya, orang Afrika-Amerika umumnya memiliki kadar kolesterol HDL dan LDL yang lebih tinggi dibandingkan orang kulit putih.

Rekomendasi Makanan Penghancur Kolesterol


Untuk mencegah risiko yang disebabkan oleh kolesterol tinggi, penting untuk mengontrol pola makan dan minuman yang dikonsumsi.

-

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi :

1. Alpukat


Alpukat mengandung serat, lemak tak jenuh tunggal, polifenol, dan nutrisi fitosterol yang dapat menjaga kadar kolesterol tetap rendah jika dikonsumsi secara rutin.

2. Kacang-kacangan


Kacang tanah, almond, dan kenari termasuk makanan penurun kolesterol tinggi. Mereka mengandung asam lemak tak jenuh ganda dan tunggal, serta vitamin, antioksidan, serat, dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi tubuh.

3. Cokelat hitam dan kakao


Cokelat hitam mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kakao dalam cokelat hitam juga terbukti dapat meningkatkan kolesterol baik.

4. Bawang putih


Bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Senyawa alicin yang terdapat dalam bawang putih juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

5. Ikan berlemak


Salmon dan tuna termasuk dalam jenis ikan berlemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh karena mengandung omega-3. Selain itu, omega-3 juga dapat mengurangi risiko peradangan dan stroke.

Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Ubah Gaya Hidup untuk Turunkan Kolesterol


Selain konsumsi beberapa makanan penurun kolesterol, kamu juga dianjurkan untuk mengubah gaya hidup demi menurunkan kolesterol tinggi dan mempertahankan kadar koleterol normal.

-

Hal ini dapat dilakukan dengan menjalani gaya hidup sehat, seperti :

1. Pola makan sehat untuk jantung


Pola makan yang sehat untuk jantung akan membatasi jumlah lemak jenuh dan trans yang kamu konsumsi. Misalnya dengan menghindari daging merah dan susu tinggi lemak

2. Menjaga berat badan


Jika kamu kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat)

3. Aktivitas fisik


Setiap orang sebaiknya melakukan aktivitas fisik secara teratur (minimal 30 menit setidaknya setiap hari).

4. Mengelola stres


Penelitian telah menunjukkan bahwa stres kronis kadang-kadang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan kadar kolesterol HDL.

5. Berhenti merokok


Berhenti merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL, yang akan membantu menghilangkan kolesterol LDL dari arteri-arteri tubuhmu, sehinigga jika HDL meningkat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

Kadar kolesterol cenderung meningkat seiring bertambahnya usia, dan kondisi kolesterol tinggi pada usia berapapun akan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Mencapai atau menjaga kadar kolesterol tetap normal selain membutuhkan perubahan gaya hidup, kamu juga bisa mengonsumsi produk olahan yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin.

Selain itu, kamu juga bisa mencari produk dengan tambahan vitamin B1 dan B2, agar proses pencernaan serta pembakaran lemak dan karbohidrat berjalan dengan lebih baik.

Dokter sebaiknya memeriksa kadar kolesterol pada orang dewasa mulai usia 20 tahun, dengan interval 4-6 tahun.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.