10 Agustus 2022 2:18 pm

Kesehatan Mulut = Langkah Awal Tubuh Yang Sehat! Ikuti Tips Ini Untuk Kesehatan Gigi Anda!

Kesehatan Mulut = Langkah Awal Tubuh Yang Sehat! Ikuti Tips Ini Untuk Kesehatan Gigi Anda!
Pernahkah Fixas mendengar, “Kesehatan mulutmu adalah jendela memperoleh tubuh yang sehat”? Hal itu memang benar! Apa saja yang kita makan dan bagaimana kita menjaga kesehatan gigi dan gusi, menjadi bagian yang amat penting demi keseluruhan kesehatan tubuh kita.

Sebagian orang menyadari bahwa kurangnya menjaga kebersihan gigi akan berdampak pada karies gigi, tapi.. kurangnya merawat senyum juga dapat berdampak masalah kesehatan yang lebih serius.

Kabar Buruk


Kesehatan mulut yang buruk telah diketahui tidak hanya menyerang mulut saja, tapi juga dapat menyerang otak, hati, paru-paru, dan ginjal. Karena rongga mulut merupakan salah satu pintu masuk bakteri penyebab penyakit ke bagian tubuh lainnya.

Bakteri pada rongga mulut bisa saja masuk bersama makanan, ketika kita tidak rutin menggosok gigi dan flossing, atau tidak pernah mengunjungi dokter gigi untuk pembersihan plak dan karang gigi. Kesehatan mulut yang buruk juga dapat memicu penyakit hati, disebabkan karena meningkatnya resiko infeksi bakteri dalam darah hingga sepuluh kali lipat.

Bakteri yang menyebabkan penyakit gusi, juga dapat menyebabkan plak yang menyumbat arteri hingga menumpuk, dan memicu penyakit hati serta risiko stroke. Diabetes dapat mempengaruhi penyakit gusi dan meningkatkan risiko infeksi gigi, sementara penyakit gusi juga dapat mempengaruhi gula darah pada diabetes.

Beberapa kasus penyakit gusi juga dapat berakibat bayi lahir dengan berat rendah dan premature. Maka dari itu, kesehatan mulut yang optimal, dapat mengontrol bakteri yang dapat masuk ke dalam tubuh agar tidak membahayakan tubuh.

Kabar Baiknya


Ketika anda menyukai senyum anda sendiri, anda akan merasa lebih bahagia dan menjadi orang yang lebih sehat! Kesehatan mulut dan gigi merupakan bagian penting dari rutinitas perawatan tubuh. Berinvestasilah dengan sikat gigi yang berkualitas ( dan rutin menggantinya 3 bulan sekali ), benang gigi, waterpik, dan pasta gigi berfluoride.

Jika berminat, Fixas juga dapat melakukan prosedur pemutih gigi dengan dokter gigi professional. Kunjungilah dokter gigi secara rutin untuk pemeriksaan regular, seperti pembersihan karang gigi dan check up.

Makanan akan lebih mudah dinikmati ketika kita memiliki gigi dan tentunya terasa lebih lezat! Menjalani diet yang sehat juga tidak hanya baik untuk tubuh, tapi juga sehat untuk senyum anda.

Tips Sederhana Merawat Kesehatan Gigi


Memulai hidup sehat dengan menjaga kesehatan mulut tidaklah sulit, yang perlu Fixas lakukan hanyalah rutin merawat gigi dan gusi, seperti langkah-langkah berikut ini :

1. Jangan Sikat Gigi Terlalu Keras


Sikat gigi bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menyangkut pada gigi. Jika hal ini dilakukan dengan terlalu keras, gesekan sikat gigi akan mengikis enamel gigi yang tipis. Tak hanya itu, gesekannya bisa saja merobek gusi.

Menyikat gigi perlu dilakukan dengan hati-hati dan lembut hingga ke sela-sela gigi. Jika dilakukan dengan tidak benar, alih-alih bersih, plak gigi malah akan bertambah dan menyebabkan peradangan pada gusi.

2. Sikat Gigi Dua Kali Sehari


-

Sikat gigi sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sekali, yaitu setelah bangun pagi dan sebelum tidur. Gunanya untuk menghilangkan kuman dan sisa-sisa makanan yang menumpuk sepanjang hari. Jangan lupa untuk menyikat lidah juga agar terhindar dari bau mulut, Fixas dapat menggunakan sikat gigi atau scrapper (pembersih lidah).

3. Gunakan Pasta Gigi dengan Kandungan Fluoride


Fluoride sendiri merupakan unsur alami yang terdapat pada air minum dan makanan yang dikonsumsi. Zat ini kemudian diserap tubuh guna menguatkan enamel gigi. Tak hanya itu, zat ini merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bekerja dengan memerangi kuman penyebab kerusakan gigi dengan perlindungan alaminya.

4. Berhenti Merokok


Tak hanya jantung dan paru-paru yang terkena dampak negatif dari merokok. Merokok dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit pada gusi, karena menghambat aliran darah menuju gusi. Hal tersebut membuat gusi kekurangan nutrisi dan oksigen, sehingga rentan mengalami infeksi. Tak hanya itu, merokok juga dapat merusak lapisan enamel dan jaringan gigi.

5. Banyak Minum Air Putih


Siapa yang tidak gemar mengonsumsi makanan dan minuman bercita rasa manis? Sayangnya, rasa manis pada makanan dan minuman yang kamu konsumsi bisa saja menyebabkan kerusakan pada gigi, karena penumpukan bakteri pada mulut yang kemudian berubah menjadi asam.

Rasa asam inilah yang kemudian menyebabkan plak yang menjadi pemicu berbagai masalah pada mulut dan gigi, seperti bau mulut, karies gigi, serta gigi berlubang.

Dengan banyak mengonsumsi air putih, sisa-sisa makanan pada mulut dan sela-sela gigi dapat dibersihkan secara menyeluruh. Tak hanya itu, air putih juga dapat membantu melarutkan asam yang dihasilkan oleh bakteri dari makanan dan minuman manis yang kamu konsumsi.

6. Konsumsi Makanan Sehat


Sama halnya dengan air putih, mengonsumsi makanan sehat juga bermanfaat bagi kesehatan mulut. Makanan ini termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, serta produk susu atau olahan susu. Dengan mengonsumsi sejumlah makanan tersebut, nutrisi yang dibutuhkan akan terpenuhi, sehingga penyakit pada mulut dan gigi dapat dicegah.


-

Tak perlu menunggu munculnya masalah pada gigi untuk memeriksakan diri ke dokter gigi. Pemeriksaan rutin sudah dapat dilakukan sejak dini. Pada anak berusia 6-12 bulan, pemeriksaan gigi sudah dapat dilakukan sejak gigi pertama muncul. Kemudian, anak remaja hingga dewasa, pemeriksaan gigi dapat dilakukan dengan rutin setiap 6 bulan sekali.

Pemeriksaan tak hanya dilakukan untuk memantau kesehatan mulut dan gigi, hal tersebut juga dilakukan guna mendeteksi adanya masalah pada, sehingga penanganannya dapat dilakukan dengan tepat.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.