10 Juni 2023 2:52 pm

Kamu Butuh Moodbooster?? Ini 11 Cara Untuk Dapatkan Ke-4 Hormon Kebahagiaan Sekaligus!!

Kamu Butuh Moodbooster?? Ini 11 Cara Untuk Dapatkan Ke-4 Hormon Kebahagiaan Sekaligus!!
Kita semua pasti ingin selalu merasa bahagia, perasaan yang dapat membuat kita tertawa atau bahkan menangis, dan begitu menular sehingga dapat mempengaruhi orang lain juga.

Tetapi tanpa bermaksud menghilangkan romantisme dari kebahagiaan, alasan sebenarnya kita merasa ceria, atau bahagia adalah karena adanya reaksi kimia yang sangat kompleks yang terjadi di dalam tubuh kita.

Apa Hormon Kebahagiaan Itu?


Hormon adalah zat kimia yang diproduksi oleh berbagai kelenjar di seluruh tubuh. Mereka berpindah melalui aliran darah, bertindak sebagai pengirim pesan, dan berperan dalam banyak proses tubuh.

Beberapa hormon tertentu diketahui membantu mempromosikan perasaan positif, termasuk kebahagiaan dan kesenangan. Hormon kebahagiaan ini meliputi :

1. Dopamin


Dikenal sebagai hormon "cinta dan gairah", adalah zat pengirim saraf yang diproduksi di hipotalamus, terkait dengan sensasi-sensasi menyenangkan, serta pembelajaran, ingatan, dan lainnya.

2. Serotonin


Hormon ini membantu mengatur suasana hati kamu, agar perasaan menjadi stabil dan bahagia. Juga berfungsi menjaga pola tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan belajar, dan ingatan.

3. Oksitosin


Sering disebut sebagai "hormon cinta," oksitosin sangat penting untuk persalinan, menyusui, dan ikatan kuat antara orangtua dan anak, yang dapat meningkat dengan adanya kasih sayang yang diungkapkan secara fisik. Oksitosin juga dapat membantu mempromosikan kepercayaan, empati, dan ikatan dalam hubungan.

4. Endorfin


Hormon ini merupakan penghilang rasa sakit alami tubuh, yang diproduksi oleh tubuh sebagai respons terhadap stres atau ketidaknyamanan. Endorfin bekerja dengan memblok reseptor rasa sakit di otak.

Tingkat endorfin juga dapat meningkat ketika kamu melakukan aktivitas yang menghasilkan rasa puas seperti makan, berolahraga, atau berhubungan intim dengan pasangan.

11 Cara Untuk Meningkatkan Produksi Hormon Kebahagiaan


Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan produksi hormon pengangkat suasana hati alami ini :

1. Jalan-jalan di Outdoor


Menghabiskan waktu di luar ruangan, di bawah sinar matahari, adalah cara yang bagus untuk meningkatkan hormon serotonin. Menurut penelitian, paparan radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari dapat meningkatkan produksi serotonin.

Kamu dapat mencoba menghabiskan sekitar 15 menit di luar beberapa kali seminggu. Jangan lupa menggunakan tabir surya!

2. Luangkan waktu untuk berolahraga


Selain sehat bagi tubuh, olahraga juga berdampak positif pada kondisi emosional. Jika kamu pernah mendengar tentang "runner's high" (perasaan senang setelah berlari), mungkin kamu sudah tahu tentang hubungan antara olahraga dan pelepasan endorfin. Selain itu aktivitas fisik secara teratur juga dapat meningkatkan tingkat dopamin dan serotonin.

3. Tertawalah bersama teman


-

Siapa yang tidak pernah mendengar pepatah lama, "Tertawa adalah obat terbaik?" Tawa dapat membantu mengurangi perasaan cemas atau stres, serta meningkatkan suasana hati yang rendah dengan meningkatkan tingkat dopamin dan endorfin.

Menurut sebuah studi kecil tahun 2017 yang melibatkan 12 pria muda, tawa bersama mampu memicu pelepasan endorfin. Penelitian mendukung temuan ini. Membangun ikatan melalui sesuatu yang lucu bersama orang yang kamu cintai bahkan dapat memicu pelepasan oksitosin.

4. Memasak & menikmati makanan favorit


Kepuasan yang kamu dapatkan dari makan makanan lezat dapat memicu pelepasan dopamin dan endorfin. Dan berbagi makanan dengan orang yang kamu cintai, dan menjalin ikatan melalui persiapan makanan, dapat meningkatkan tingkat oksitosin.

Makanan tertentu juga dapat mempengaruhi tingkat hormon, perhatikan hal-hal berikut :
  • Makanan pedas dapat memicu pelepasan endorfin
  • Yogurt, kacang-kacangan, telur, daging rendah lemak, dan almond dapat melepaskan dopamin
  • Makanan tinggi triptofan telah terkait dengan peningkatan tingkat serotonin

5. Konsumsi suplemen


Ada beberapa suplemen yang dapat membantu meningkatkan tingkat hormon kebahagiaan, antara lain :
  • Tirosin (produksi dopamin)
  • Teh hijau dan ekstrak teh hijau (dopamin dan serotonin)
  • Probiotik (produksi serotonin dan dopamin)
  • Triptofan (serotonin)

Sebelum mencoba mengonsumsi suplemen, bacalah semua petunjuk kemasan dan patuhi dosis yang direkomendasikan, karena beberapa suplemen dapat memiliki efek negatif pada dosis tinggi.

6. Mendengarkan musik


-

Musik dapat meningkatkan lebih dari satu hormon kebahagiaan. Mendengarkan musik instrumental, terutama musik yang membuat bulu kuduk merinding, dapat meningkatkan produksi dopamin di otak.

Namun, jika kamu ingin menikmati musik, cukup mendengarkan musik apa pun yang kamu sukai dapat membantu memperbaiki mood. Perubahan positif dalam mood kamu dapat meningkatkan produksi serotonin. Kamu juga dapat mengalami pelepasan endorfin saat memainkan musik, terutama dalam sebuah grup musik.

7. Meditasi


Jika kamu sudah mengenal meditasi, kamu mungkin sudah mengetahui banyak manfaat kesejahteraannya, mulai dari meningkatkan kualitas tidur hingga mengurangi stres. Penelitian menghubungkan banyak manfaat meditasi dengan peningkatan produksi dopamin selama praktik meditasi.

8. Bermain bersama peliharaan


Jika kamu memiliki peliharaan, bermain bersama mereka adalah cara yang bagus untuk meningkatkan tingkat oksitosin bagi kamu dan peliharaanmu.

Menurut penelitian, pemilik anjing misalnya serta anjing mereka mengalami peningkatan oksitosin saat berinteraksi. Jadi berikan anabul kesayanganmu sentuhan lembut di telinganya atau peluk hangat di pangkuanmu.

9. Dapatkan tidur malam yang nyenyak


Kurangnya mendapatkan tidur yang berkualitas dapat memengaruhi kesehatanmu dalam banyak aspek. Salah satunya, hal ini dapat berkontribusi pada ketidakseimbangan hormon, terutama dopamin, dalam tubuh.

Mengalokasikan waktu tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam dapat membantu mengembalikan keseimbangan hormon dalam tubuhmu, yang kemungkinan akan membuat dirimu merasa lebih baik.

10. Mengelola stres


Normal untuk mengalami stres dari waktu ke waktu. Namun, hidup dengan stres berkepanjangan atau menghadapi peristiwa hidup yang sangat stres dapat menyebabkan penurunan produksi dopamin dan serotonin. Hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan dan mood kamu, sehingga akan lebih sulit menghadapi stres.

Jika kamu sedang mengalami stres yang tinggi, Asosiasi Psikologi Amerika merekomendasikan :
  • istirahat sejenak dari sumber stres
  • tertawa
  • menghabiskan 20 menit untuk berjalan, atau aktivitas fisik lainnya
  • meditasi
  • interaksi sosial

11. Dapatkan pijatan / massage


Menurut penelitian, pijatan dapat meningkatkan endorfin dan oksitosin. Penelitian yang lebih lama juga menemukan bahwa pijatan meningkatkan serotonin dan dopamin.

Kamu dapat memperoleh manfaat ini dengan mendapatkan pijatan dari seorang terapis pijat berlisensi, tetapi kamu juga bisa mendapatkan pijatan dari pasanganmu untuk sedikit tambahan oksitosin.

Kamu dapat memberikan dorongan alami pada hormon-hormon yang membuatmu merasa lebih baik dengan beberapa aktivitas seperti di atas.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengatur mood, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan, yang dapat merekomendasikan terapi atau pengobatan yang mungkin membantu.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.