17 September 2022 3:06 pm

Ini Dia 7 Vitamin & Mineral Untuk Kesehatan Gigi & Gusi!!

Ini Dia 7 Vitamin & Mineral Untuk Kesehatan Gigi & Gusi!!
Perawatan mulut yang baik membantu mencegah penyakit gusi / periodontitis. Infeksi ini umumnya bermula dari peradangan gusi / gingivitis yang tidak terobati dengan baik, hingga menyebabkan gigi lama-lama makin longgar dan copot.

Namun tidak hanya bergantung pada kebersihan mulut, kurangnya asupan gizi yang sehat juga dapat berpengaruh pada gigi. Gigi adalah sebuah komponen organ hidup yang mempunyai kemampuan untuk memperbaharui seperti halnya kulit.

Dalam kondisi tubuh sehat, dentin dan enamel baru akan terus dihasilkan dari asupan vitamin, mineral, dan enzim. Para ahli menyatakan gangguan kesehatan gizi dapat menyebabkan kerusakan gusi yang menjadi salah satu faktor gigi keropos yang terjadi di usia muda.

Semakin sehat rongga mulut, maka otomatis kita akan semakin terhindar dari berbagai macam penyakit. Konsumsi vitamin untuk menjaga kesehatan gigi juga tidak boleh sembarangan. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, ketahui dahulu manfaat vitamin tersebut untuk gigi.

Berikut ini sejumlah vitamin dan mineral untuk kesehatan gigi dan gusi :

1. Vitamin A


Vitamin A berperan dalam menjaga keutuhan sel-sel epitel yang membentuk jaringan gusi. Zat gigi ini juga bekerja sebagai antioksidan yang membantu mengatasi infeksi gusi dari dalam. Produksi air liur (saliva) juga didukung oleh asupan vitamin A.

Air liur sendiri membantu membersihkan sisa makanan dan bakteri yang ada di sela-sela gigi. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dapat mengurangi tingkat keparahan periodontitis, tetapi efek ini kurang terlihat pada orang yang merokok.

Sementara kondisi di mana tubuh kekurangan vitamin A dalam tubuh akan menghambat perkembangan gigi, khususnya dalam penyusunan struktur email. Adapun sumber bahan makanan yang tinggi kandungan vitamin A antara lain telur, hati, wortel, hati, brokoli, dan sayuran berdaun hijau.

2. Vitamin B


Vitamin B kompleks merupakan vitamin penting untuk kesehatan gigi dan mulut. Ini karena vitamin B kompleks membantu pertumbuhan sel dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk gusi. Sebuah studi dari International Journal of Clinical (2017) menemukan sebanyak 64% anak-anak mengalami kekurangan vitamin B12 dan berisiko terkena penyakit gusi.

Selain itu, kekurangan vitamin B9 juga dapat meningkatkan risiko periodontitis. Fixas bisa memperoleh asupan vitamin B dari daging sapi, ayam, ikan, telur, susu, serta produk turunannya seperti keju dan yoghurt. Sayur-sayuran seperti brokoli atau bayam, juga termasuk sumber makanan tinggi vitamin B.

3. Vitamin C


Vitamin C bermanfaat dalam produksi kolagen untuk membentuk jaringan gusi. Zat gizi ini juga tergolong sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Kekurangan vitamin C akan membuat gusi mudah berdarah, penyembuhan luka yang lambat, dan adanya gangguan pada pembentukan gigi.

Selain itu kekurangan vitamin C dapat menyebabkan berbagai gejala penyakit gusi, seperti gusi bengkak, meradang, dan terasa nyeri. Sumber vitamin C bis akita dapatkan dari buah-buahan, seperti jeruk, lemon, nanas, mangga, kiwi, dan stroberi.

Ada pula beberapa sayuran yang tinggi kandungan vitamin C, misalnya brokoli, kubis, kembang kol, labu kuning, serta sayuran berdaun hijau seperti kale dan bayam. Saat mengolah sayuran, hindari memasaknya terlalu lama. Pasalnya, suhu panas bisa merusak kandungan vitamin C dalam sayuran.

4. Vitamin E


Vitamin E memberikan efek yang lebih luas, tidak hanya spesifik pada rongga mulut. Fungsi dari vitamin E adalah untuk menjaga kesehatan seluruh jaringan dalam tubuh.

Rongga mulut manusia tidak hanya tersusun dari gigi dan tulang, melainkan juga dari jaringan lunak sebagai pendukungnya. Vitamin E mudah ditemukan pada berbagai makanan, seperti ikan, ayam, kuning telur, dan minyak dari tumbuh-tumbuhan.

5. Vitamin K


-

Vitamin lainnya yang baik untuk gigi adalah vitamin K. Apabila seseorang mengalami gusi yang mudah sekali berdarah setiap sikat gigi, sebaiknya perbanyaklah konsumsi vitamin K. Vitamin K akan berada dalam pembentukan sistem peredaran darah.

Pembekuan darah pada saat adanya luka dipengaruhi oleh vitamin K. Ketika saat anda melakukan pencabutan atau melalui proses pembedahan lainnya dalam rongga mulut yang mengeluarkan banyak darah, dokter akan memberikan resep tambahan berupa vitamin K.

Vitamin ini yang akan memicu adanya aliran darah baru sehingga anda tidak mengalami kekurangan darah. Luka bekas pencabutan pun segera menutup.

6. Kalsium


-

Kalsium tidak hanya baik untuk tulang, tetapi juga baik untuk menjaga gigi dan gusi. Sebagai salah satu mineral penting dalam tubuh manusia, kalsium membantu membentuk serta memelihara kekuatan gigi dan tulang.

Produk susu jelas kaya akan kandungan kalsium yang mudah diserap tubuh. Selain susu, ikan sarden kaleng dengan tulang lunak dan ikan teri juga merupakan sumber kalsium yang baik.

Jika anda tidak bisa mengonsumsi daging atau susu, cobalah brokoli, bayam, tahu, dan susu kedelai yang juga termasuk makanan tinggi kalsium. Proses memasak bisa merusak kandungan kalsium dalam sayuran. Guna mencegahnya, masaklah sayuran dengan sedikit air dalam waktu singkat. Gunakan metode mengukus atau menumis, bukan merebus.

7. Fosfor


Fosfor merupakan mineral yang tak kalah penting untuk gigi dan gusi. Mineral ini membantu tubuh menyerap dan menggunakan kalsium. Melalui cara tersebut, fosfor ikut membantu memperkuat gigi dengan memperbaiki email gigi dan melindunginya.

Jika ingin menambahkan lebih banyak fosfor ke dalam asupan makanan, cobalah untuk mengonsumsi daging, susu, dan biji-bijian. Ikan, telur, dan makanan kaya protein juga merupakan sumber mineral fosfor yang sangat baik.

Berbagai mineral dan vitamin untuk gigi dan gusi di atas pada dasarnya bisa didapatkan dengan menerapkan pola makan yang sehat. Meski begitu, beberapa orang mungkin memerlukan lebih banyak asupan zat gizi melalui suplemen tambahan. Pastikan untuk konsultasi ke dokter sebelum menggunakannya.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.