3 September 2022 2:08 pm

HATI-HATI! Asupan Fluoride Yang Tidak Tepat Dapat Sebabkan Fluorosis! Apa itu Fluorosis dan Gejalanya??!

HATI-HATI! Asupan Fluoride Yang Tidak Tepat Dapat Sebabkan Fluorosis! Apa itu Fluorosis dan Gejalanya??!
Fluorosis gigi merupakan suatu kelainan struktur email bercak atau cacat (mottled enamel) sebagai dampak asupan fluoride berlebih, yang menyebabkan perubahan warna gigi, dan terjadi dalam jangka panjang pada anak-anak dari mereka lahir hingga berusia delapan tahun.

Perubahan warna gigi tersebut bersifat kosmetik dan sama sekali tidak memengaruhi kesehatan dan fungsi gigi. Namun, perubahan warna tersebut akan bersifat permanen hingga seorang anak beranjak dewasa. Perlu diketahui bahwa hanya anak-anak yang berisiko terkena fluorosis saat gigi permanen mereka masih terbentuk.

Gejala Fluorosis


Gigi yang normal akan memiliki tekstur halus dan mengkilap, serta berwarna putih krem ​​pucat. Sementara itu, penggunaan fluoride dalam waktu lama selama pembentukan enamel dapat mengakibatkan perubahan-perubahan klinis. Mulai dari timbulnya garis putih yang kecil pada enamel sampai dengan yang parah.

Hingga saat ini dokter gigi telah menilai tingkat keparahan fluorosis berdasarkan gejala yang ditimbulkan. Berikut adalah penjabarannya, yaitu :
  • Indikasi awal : Enamel menunjukkan sedikit perubahan mulai dari beberapa bintik putih kecil hingga terbentuk noda/stain putih
  • Sangat ringan : Munculnya noda atau area putih seperti kapur dan opaque (tidak tembus cahaya) sebesar kurang dari 25 persen dari permukaan gigi
  • Ringan : opaque di permukaan gigi menjadi lebih luas, tetapi masih kurang dari 50 persen permukaan gigi
  • Sedang : opaque yang muncul sudah memengaruhi lebih dari 50 persen permukaan email gigi
  • Parah : semua permukaan enamel gigi sudah terpengaruh dan berpotensi untuk berlubang. Ketika gejalanya sudah parah, bintik-bintik cokelat pada email gigi juga biasanya akan muncul

Jika melihat indikasi awal adanya fluorosis seperti bintik atau garis putih pada gigi anak, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Hal ini bertujuan agar penanganan dapat segera dilakukan, sehingga risiko perubahan warna gigi permanen dapat diminimalisir.

Penyebab Fluorosis


Penyebab utama fluorosis adalah penggunaan produk gigi yang mengandung fluoride secara tidak tepat, seperti pasta gigi dan obat kumur. Terkadang anak-anak sangat menikmati rasa pasta gigi berfluoride, sehingga mereka menelannya alih-alih memuntahkannya.

Ada penyebab lain dari fluorosis yang perlu diwaspadai. Misalnya, mengonsumsi suplemen fluoride dalam jumlah yang lebih tinggi dari yang diresepkan selama usia anak-anak.

Faktor Risiko Fluorosis


Beberapa faktor risiko yang menimbulkan fluorosis, yaitu :
  • Beberapa makanan siap saji, minuman, makanan ringan memiliki kandungan garam batu hitam yang tinggi (memiliki fluoride 157 ppm) dan garam batu merah.
  • Tembakau atau supari ketika dikunyah.
  • Asupan obat-obatan tertentu, seperti antibiotik fluoroquinolone, beberapa antidepresan, beberapa obat antijamur, obat penurun kolesterol, steroid dan obat antiinflamasi, obat radang sendi, antasida, obat untuk osteoporosis dan otosklerosis.
  • Orang dengan kekurangan kalsium atau individu yang kekurangan gizi tampaknya lebih rentan untuk mengembangkan fluorosis gigi dan tulang.
  • Pasta gigi berfluoridasi
  • Minuman berfluoridasi.
  • Makanan kaya fluoride, seperti teh, ikan laut, gelatin, kulit ayam, garam berfluoridasi.
  • Fluoride dari sumber lingkungan lainnya, termasuk asap rokok dan polusi industri.
  • Diet yang kaya lemak telah dilaporkan meningkatkan endapan fluoride dalam tulang.
  • Fluorosis gigi hanya dapat terjadi jika pajanan fluoride terjadi selama tahun-tahun pertama kehidupan ketika gigi terbentuk.

Diagnosis Fluorosis


Perubahan warna dari fluorosis biasanya sangat ringan, sehingga orang tua mungkin tidak menyadarinya sampai dokter gigi memberitahukannya. Maka dari itu, pemeriksaan gigi secara rutin, idealnya dilakukan sejak anak berusia satu tahun.

Selain dapat mendeteksi fluorosis lebih awal, pemeriksaan gigi rutin juga dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi dan dapat membantu mengidentifikasi kondisi lain seperti karies gigi (gigi berlubang) sejak dini.

Pengobatan Fluorosis


Dalam banyak kasus, fluorosis yang terjadi sangat ringan sehingga tidak memerlukan perawatan. Efeknya hanya akan memengaruhi gigi belakang yang tidak dapat terlihat. Namun pada penampilan gigi yang terkena fluorosis parah dapat diatasi dengan beberapa teknik, yang bertujuan untuk menutupi noda pada gigi.

Teknik-teknik tersebut antara lain :
  • Pemutihan gigi dan prosedur lain untuk menghilangkan noda di permukaan. Perhatikan bahwa pemutihan gigi sementara dapat berdampak negatif pada penampilan fluorosis.
  • Bonding, yang melapisi gigi dengan resin keras yang berikatan dengan enamel
  • Mahkota gigi
  • Veneer, yang merupakan cangkang buatan yang menutupi bagian depan gigi untuk meningkatkan penampilan mereka. Teknik ini digunakan dalam kasus-kasus fluorosis parah.

Pencegahan Fluorosis

Pengawasan dari orang tua adalah kunci untuk mencegah fluorosis. Jika orang tua mengetahui seberapa banyak fluor yang dikonsumsi anak dari air minum dan sumber lain, seperti jus buah dan minuman ringan, dapat bekerja sama dengan dokter gigi untuk memutuskan apakah anak memerlukan suplemen fluor.

Simpan seluruh produk yang mengandung fluor, seperti pasta gigi, obat kumur dan suplemen dari jangkauan anak-anak. Apabila anak menelan jumlah fluor yang besar dalam waktu singkat dapat menyebabkan :
  • Mual
  • Diare
  • Muntah
  • Sakit perut

Walau tingkat toksisitas fluor biasanya tidak memiliki konsekuensi serius, tapi fluor dapat menyebabkan ratusan anak masuk ke unit gawat darurat setiap tahunnya. Penting juga untuk mengawasi penggunaan pasta gigi fluor pada anak. Cukup oleskan pasta gigi seukuran kacang polong pada sikat gigi anak. Ukuran tersebut cukup untuk perlindungan fluor.

Selain itu, ajari anak untuk membuang pasta gigi setelah menyikat gigi dan tidak menelannya. Untuk itu hindari pasta gigi dengan rasa yang mungkin akan ditelan oleh anak.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.