13 Juli 2023 3:06 pm

Enggak Suka Air Putih?? Tahukah Kamu Apa Yang Akan Terjadi Jika Kamu Jarang Minum Air Putih?!

Enggak Suka Air Putih?? Tahukah Kamu Apa Yang Akan Terjadi Jika Kamu Jarang Minum Air Putih?!
Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, dan organ tubuh kita membutuhkan air agar bisa bekerja dengan maksimal. Selama beraktivitas sehari-hari, tubuh akan membutuhkan pengganti cairan yang hilang.

Kita dapat melihat bahwa tubuh kehilangan cairan melalui aktivitas seperti berkeringat dan buang air kecil, namun cairan bahkan berkurang saat kita bernapas.

Orang dewasa umumnya membutuhkan sekitar delapan gelas air putih per hari atau setara 2 liter. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20%.

Alasan Tubuh Membutuhkan Air


Berikut beberapa alasan mengapa tubuh kita membutuhkan air :

1. Melumasi sendi


Kartilago, yang terdapat di sendi-sendi dan cakram tulang belakang, mengandung sekitar 80 persen air. Dehidrasi dalam jangka panjang dapat menyebabkan nyeri sendi.

2. Membentuk air liur dan lendir


Air liur membantu mencerna makanan kita dan menjaga kelembaban mulut, hidung, dan mata. Hal ini mencegah terjadinya gesekan dan kerusakan. Minum air putih juga menjaga kebersihan mulut, dan dapat mengurangi kerusakan gigi.

3. Mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh


Lebih dari 90 persen darah adalah air, dan darah mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh.

4. Kesehatan kulit terjaga


-

Dehidrasi dapat memicu terjadinya keriput dan masalah pada kulit, bahkan jarang mengonsumsi air bisa menyebabkan keriput pada usia muda.

5. Mengatur suhu tubuh


Air yang tersimpan di lapisan tengah kulit keluar sebagai keringat saat tubuh menghangat. Saat air keringat menguap, tubuh menjadi lebih dingin. Ketika tubuh kekurangan air, penyimpanan panas meningkat dan tubuh menjadi kurang tahan terhadap tekanan panas.

6. Melancarkan sistem pencernaan


Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan, sembelit, dan kondisi lambung yang terlalu asam. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit maag dan tukak lambung.

7. Menjaga tekanan darah


Kekurangan air dapat membuat darah menjadi lebih kental, sehingga meningkatkan tekanan darah.

8. Menjaga saluran pernapasan


Ketika tubuh kekurangan air, saluran napas akan menyempit untuk mengurangi kehilangan air. Hal ini dapat memperburuk kondisi asma dan alergi.

9. Mempermudah akses mineral dan nutrisi


Mineral dan nutrisi akan larut dalam air, sehingga memungkinkan mereka mencapai seluruh bagian tubuh.

10. Mencegah kerusakan ginjal


Ginjal mengatur cairan dalam tubuh. Kekurangan air dapat menyebabkan batu ginjal dan masalah kesehatan lainnya.

11. Menjaga berat badan


Air putih juga dapat membantu dalam penurunan berat badan jika dikonsumsi sebagai pengganti jus manis dan minuman bersoda. Minum air putih sebelum makan akan membuatmu merasa kenyang sehingga membantu mencegah makan berlebihan.

Bahaya Kurang Minum Air Putih


Saat menjalani aktivitas yang sibuk, seringkali kita tidak memperhatikan asupan air putih yang kita konsumsi setiap hari. Padahal, dampak negatif dari kekurangan minum air putih terhadap kesehatan tubuh sangat berbahaya dan dapat mempengaruhi berbagai sistem penting dalam tubuh.

1. Dehidrasi


Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dikonsumsi. Gejala dehidrasi meliputi rasa haus yang berlebihan, kulit kering, sakit kepala, kelelahan, dan kebingungan. Dehidrasi yang parah dapat menyebabkan koma dan bahkan kematian.

2. Masalah pencernaan


-

Kekurangan minum air putih juga dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit dan perut kembung. Ketika tubuh kekurangan cairan, usus akan menyerap lebih banyak air dari tinja, sehingga tinja menjadi kering dan sulit dikeluarkan.

3. Gangguan ginjal


Air putih membantu membersihkan ginjal dari racun dan limbah yang dihasilkan oleh tubuh. Jika kita kurang minum air putih, ginjal akan bekerja lebih keras untuk mengeluarkan racun dan limbah tersebut. Hal ini dapat menyebabkan gangguan ginjal seperti batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

4. Gangguan fungsi otak


Kekurangan minum air putih dapat menyebabkan kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan bahkan masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

5. Penurunan fungsi sistem kardiovaskular


Kekurangan minum air putih dapat menyebabkan penurunan fungsi sistem kardiovaskular dalam tubuh. Kondisi ini terjadi ketika darah menjadi lebih kental akibat kurangnya cairan, sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

6. Kulit kering


Kekurangan minum air putih dan cairan lainnya dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Kulit membutuhkan kelembapan untuk tetap sehat dan segar. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat membuat kulit terlihat kusam, kering, dan tidak bercahaya. Kekurangan cairan juga dapat membuat kolagen dalam kulit rusak, sehingga garis-garis halus dan kerutan menjadi lebih terlihat.

7. Melambatnya metabolisme


Kekurangan minum air putih dan cairan lainnya dapat memperlambat metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang melambat, berat badan pun dapat bertambah.

Kamu memiliki banyak pilihan minuman di luar sana. Namun, air putih adalah pilihan pertama saat kamu mengalami dehidrasi. Sangat penting untuk minum air putih dalam jumlah yang tepat untuk menjaga kesehatan dan tingkat aktivitasmu.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.