16 Juni 2023 3:49 pm

Enggak Nafsu Makan Karna Sariawan?? Coba 8 Obat Alami ini Ampuh Mengatasi Sariawan!!

Enggak Nafsu Makan Karna Sariawan?? Coba 8 Obat Alami ini Ampuh Mengatasi Sariawan!!
Sariawan atau stomatitis aftosa adalah kondisi yang ditandai dengan adanya luka terbuka di dalam mulut, biasanya berbentuk bercak putih atau kuning dengan tepi merah.

Sariawan bisa muncul di mana saja di dalam mulut, termasuk di dalam pipi, gusi, lidah, bibir, dan langit-langit mulut.

Penyebab Sariawan


Beberapa faktor yang diduga dapat memicu timbulnya sariawan antara lain :

1. Trauma fisik


Luka pada mulut akibat gigitan pipi, lidah, atau cedera lainnya dapat menjadi tempat masuknya bakteri atau virus, yang kemudian menyebabkan sariawan.

2. Sistem kekebalan tubuh yang melemah


Jika sistem kekebalan tubuh sedang lemah, misalnya karena stres, kelelahan, atau penyakit tertentu, risiko timbulnya sariawan dapat meningkat.

3. Reaksi alergi atau iritasi


Beberapa orang mungkin mengalami sariawan sebagai reaksi alergi terhadap makanan tertentu, obat-obatan, atau bahan kimia dalam pasta gigi atau obat kumur.

4. Gangguan hormon


Perubahan hormon, seperti yang terjadi pada wanita selama siklus menstruasi atau kehamilan, dapat memicu sariawan pada beberapa individu.

5. Defisiensi nutrisi


Kekurangan zat besi, asam folat, atau vitamin B12 dalam tubuh dapat menjadi faktor yang mempengaruhi timbulnya sariawan.

Obat Alami Sariawan


Bila kamu sedang mengalami sariawan tapi enggan minum obat, kamu bisa mencoba obat-obatan alami berikut ini untuk mengatasinya.

1. Air Garam


Larutan garam dapat membantu membersihkan area sekitar sariawan dan mengurangi jumlah bakteri di mulut, sehingga dapat mencegah infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Selain itu sifat antiinflamasi-nya dapat mengurangi peradangan pada sariawan, yang akan mengurangi rasa sakit.

Caranya cukup campurkan setengah sendok teh garam dalam satu gelas air hangat. Ambil sedikit larutan garam ke dalam mulut dan kumur-kumur selama sekitar 30 detik hingga satu menit.

Usahakan untuk membiarkan larutan garam bersentuhan langsung dengan sariawan. Lakukan ini beberapa kali sehari, terutama setelah makan atau sebelum tidur.

2. Lidah Buaya (Aloe vera)


-

Gel lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu dalam penyembuhan luka. Kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya segar langsung ke sariawan beberapa kali sehari.

3. Chamomile (Matiari)


Chamomile memiliki sifat antiradang dan menenangkan. Kamu dapat menggunakan teh chamomile yang sudah dingin sebagai obat kumur atau mengompres sariawan dengan kantong teh chamomile basah.

4. Minyak Kelapa


Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Kamu dapat menggunakan beberapa tetes minyak kelapa langsung pada sariawan beberapa kali sehari.

5. Madu


Madu memiliki sifat antimikroba dan membantu dalam penyembuhan luka. Oleskan madu alami pada sariawan beberapa kali sehari.

6. Minyak Peppermint


Minyak peppermint memiliki sifat analgesik dan antimikroba. Campurkan beberapa tetes minyak peppermint dengan air dan gunakan sebagai obat kumur.

7. Daun jambu biji


Penelitian pada tahun 2016 dari Filipina menyebutkan obat kumur dari larutan daun jambu biji efektif meredakan rasa nyeri dan mengurangi ukuran sariawan. Selain itu, daun jambu biji memiliki senyawa flavonoid yang berperan sebagai antibakteri dan antivirus.

Kamu bisa merebus 1 genggam daun jambu biji segar dan 1 ruas jari kulit batang dengan 1 liter air. Saring air rebusan lalu gunakan untuk berkumur tiga kali sehari.

8. Gumafixa


-

Jika kamu butuh yang lebih praktis, sekarang telah tersedia obat Gumafixa. Obat herbal ini tidak hanya mengatasi sakit gigi, tapi juga sangat ampuh untuk menyembuhkan sariawan. Kandungan Gumafixa memiliki sifat antiinflamasi, dan analgesik yang dapat membantu meredakan sariawan.

Kamu cukup mengoleskan sedikit Gumafixa ke bagian sariawan, 3 kali sehari. Selain aman untuk anak-anak, Gumafixa juga sangat aman dipakai Ibu hamil dan menyusui.

Mencegah Sariawan


Selain menggunakan herbal untuk mengobati sariawan, kamu juga bisa mencegahnya agar tidak kambuh lagi, caranya :

  1. Hindari makanan pedas, asam, atau keras yang dapat mengiritasi sariawan.
  2. Gunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi yang tidak mengandung sodium lauril sulfat.
  3. Hindari merokok dan alkohol.
  4. Jaga kebersihan mulut dengan berkumur menggunakan air garam hangat.
  5. Konsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi, termasuk buah-buahan dan sayuran.

Meskipun pengobatan herbal dapat membantu meredakan sariawan, jika sariawan tidak membaik dalam waktu yang wajar atau muncul secara terus-menerus, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau dokter gigi untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.