6 Juli 2023 10:46 am

"Dapatkan Senyuman yang Sehat?! Ini 5 Makanan dan Minuman yang Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut"

"Dapatkan Senyuman yang Sehat?! Ini 5 Makanan dan  Minuman yang Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut"

Pentingnya Kesehatan Gigi dan Mulut


Selain olahraga dan istirahat yang cukup, kesehatan tubuh kita juga sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita makan. Hal yang sama juga berlaku untuk kesehatan gigi dan mulut. Penting untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut agar kamu bisa menggunakannya dengan maksimal.

Gigi dan mulut dinyatakan sehat jika struktur jaringan gigi dan mulut dapat berfungsi secara optimal. Organ tersebut juga harus terbebas dari rasa sakit dan gangguan kesehatan. Kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga dengan baik karena memengaruhi kondisi tubuh keseluruhan. Contohnya, saat gigi atau gusi terinfeksi, kuman penyebabnya bisa menyebar ke organ tubuh lewat pembuluh darah.

Makanan dan Minuman yang membuat Gigi dan Mulut Sehat


Agar gigi dan mulut sehat bisa kamu dapatkan, berikut adalah makanan dan minuman yang menyehatkan gigi yang bisa kamu konsumsi sehari-hari.

1. Buah


Buah-buahan mengandung banyak sekali vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut, utamanya vitamin A dan vitamin C. Beberapa buah yang bagus untuk gigi diantaranya :

a. Apel

-

Kamu bisa terhindar dari sariawan, gusi berdarah hingga infeksi gusi (periodontitis) berkat kandungan vitamin C dalam buah apel yang berperan dalam produksi kolagen guna membentuk jaringan gusi yang kuat. Tak sampai di situ saja, mengonsumsi satu apel setiap hari dapat membantu membersihkan plak gigi. Apel meningkatkan produksi air liur yang bisa menetralkan asam dari sisa makanan penyebab gigi berlubang dan bisa menghilangkan bau mulut.

b. Jeruk

Jeruk kaya vitamin C dan serat yang dapat memperkuat pembuluh darah dan jaringan pada gusi. Ini dapat menurunkan risiko sariawan, gusi berdarah dan kerusakan jaringan lunak pada mulut. Vitamin C merupakan antioksidan yang berperan dalam mengurangi peradangan dengan membunuh bakteri penyebabnya.

Ini bisa mencegah bau mulut dan membuat napas jadi lebih segar. Tak hanya itu, vitamin C dalam jeruk dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan gusi akibat radikal bebas dari pemakaian tembakau. Ini bisa dilakukan oleh siapa saja, terutama jika kamu adalah perokok.

c. Lemon

Lemon mengandung asam malat yang memiliki sifat bleaching sehingga lemon sering digunakan sebagai buah untuk memutihkan gigi. Namun hindari melakukan metode ini di rumah karena keasamannya dapat merusak enamel gigi.

Cara yang tepat dalam mendapatkan khasiat lemon adalah dengan memilih pasta gigi yang mengandung lemon dengan formula yang tepat dan aman untuk gigi.

d. Stroberi

Stroberi juga mengandung asam malat alami yang bisa membantu menghilangkan nodapada gigi. Namun, karena mengandung asam, sebaiknya tetap menyikat gigi setelah mengonsumsinya untuk mengurangi paparan asam pada gigi.

e. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C yang penting untuk kesehatan gusi. Vitamin C membantu mencegah peradangan gusi dan memperkuat jaringan ikat di sekitar gigi.

2. Sayur


-

Selain mengonsumsi buah kamu juga perlu mengonsumsi banyak sayur yang memiliki kandungan vitamin. Berikut beberapa sayuran yang bisa dikonsumsi supaya kesehatan gigi dan mukut tetap terjaga.

a. Seledri

Seledri yangt merupakan sayuran beraroma segar dengan rasa lembut dan sedikit pedas. Di dalamnya terkandung antioksidan alami berupa vitamin C dan E. Seledri mentah bertekstur renyah.

Mengunyah seledri mentah dapat merangsang kelenjar untuk memproduksi lebih banyak air liur. Ini berguna untuk menetralkan asam yang dihasilkan bakteri mulut. Tekstur renyahnya juga dapat membantu menghilangkan plak dan sisa makanan di permukaan dan sela gigi.

b. Wortel

Vitamin A dan antioksidan dalam wortel meningkatkan produksi air liur. Ini dapat menurunkan risiko gigi berlubang karena air liur membantu membilas asam yang menempel di gigi. Wortel juga mengandung vitamin C yang membantu menjaga kesehatan gusi. Kandungannya lebih banyak didapatkan jika kamu mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

c. Sayuran hijau

Kalsium pada sayuran hijau dapat membantu pembentukan enamel gigi. Enamel adalah lapisan terluar gigi yang berguna untuk membantu memelihara kesehatan gigi. Sayuran hijau yang dimaksud dapat berupa bayam, brokoli, dan pakcoy mengandung tinggi kalsium yang dapat membantu membentuk enamel gigi.

Sayuran hijau juga mengandung tinggi asam folat dan vitamin B. Kandungan keduanya efektif dalam membantu mengatasi peradangan dan penyakit pada gusi seperti sariawan, radang gusi, dan abses gusi.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian


Kacang dan biji-bijian memiliki kandungan sumber protein nabati dan mengandung mikronutrien yang diperlukan gigi seperti fosfor, magnesium, kalium, seng, dan juga kalsium. Kalsium diperlukan untuk menguatkan tulang dan gigi.

4. Teh hijau


-

Teh hijau dipercaya memiliki kandungan zat senyawa kompleks yang disebut dengan catechin dan polyphenol. Zat ini berguna untuk melawan peradangan dan menghindarkan kamu dari infeksi bakteri.

Selain itu, teh hijau sangat direkomendasikan oleh dokter gigi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Namun perlu diingat jangan terlalu banyak mengonsumsi teh, karena teh juga salah satu minuman yang bisa membuat warna gigi berubah kekuningan.

5. Susu dan keju


Susu dan keju memiliki kandungan kalsium dan fosfat yang bisa membantu menjaga pH dalam mulut. Selain itu, kalsium yang terkandung di dalamnya juga bisa membuat gigi lebih kuat. Mengonsumsi produk susu setiap hari bisa membantu kamu memiliki gigi sehat.

Pastikan memperoleh asupan yang cukup agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga. Selain mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, kesehatan gigi dan mulut dapat dijaga dengan menyikat gigi minimal 2x sehari. Lakukan selama 2 menit setiap menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kemudian lakukan pemeriksaan gigi rutin 6 bulan sekali untuk memantau kesehatan gigi kamu.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.