14 Juli 2022 3:41 pm

Cegah Gigi Rusak! Ini Rekomendasi Makanan Untuk Gigi Si Kecil!!

Cegah Gigi Rusak! Ini Rekomendasi Makanan Untuk Gigi Si Kecil!!
Makanan yang sehat tidak hanya mendukung tumbuh kembang tubuh anak, tapi juga menjaga kesehatan mulut untuk senyum yang cerah! Berikut ini rekomendasi dari dokter gigi apa saja makanan yang dapat membuat gigi lebih kuat, selain menggosok gigi tentunya.

Makanan Untuk Gigi Yang Kuat


1. Vitamin C


Ada beberapa macam bakteri yang berbeda-beda di dalam mulut si kecil, salah satunya dapat menyebabkan penyakit gingivitis, yang merupakan tahap pertama dari penyakit gusi, kata Melvin Pierson, DDS, juru bicara Academy of General Dentistry.

Vitamin C seperti yang terkandung dalam buah jeruk, lemon, kiwi, papaya, dan strawberry membantu membunuh bakteri, dan juga memberikan suplai kolagen bagi gusi. Sementara dari sayuran bisa didapatkan dari, paprika, tomat, dan kentang.

Bagaimanapun dokter gigi berkata bahwa anak-anak harus menunggu setidaknya 30 menit sebelum menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang asam. Karena kandungan asam pada buah dapat melemahkan enamel gigi dan membuat gigi rawan erosi jika disikat.

2. Yogurt


-

Adam S. Harwood, D.M.D., salah satu dokter gigi spesialis endodontik di kota New York, berkata bahwa yogurt mengandung bakteri prebiotic alami yang diteliti dapat membantu melawan bakteri penyebab plak dan gingivitis. Perlu diperhatikan agar memilih yogurt yang rendah gula atau tanpa gula untuk sarapan si kecil.

3. Susu & Keju


-

Karbohidrat bertepung seperti roti, kentang putih, dan pasta akan berubah menjadi gula di dalam mulut. Gula ini akan memberi makan para bakteri dalam mulut si kecil yang menyebabkan gigi berlubang, akibat dari kadar asam.

Ketika anak-anak minum susu atau makan keju, yang mana kaya akan kalsium, vitamin D, dan fosfat, hal ini akan meningkatkan level pH dalam muluit, menurunkan kadar asam, dan mengurangi resiko gigi berlubang, kata Ray J. Jurado, DDS, direktur kedokteran gigi anak di Rumah Sakit Anak Memorial, di Chicago.

Kalsium juga memiliki manfaat lainnya, dia akan bercampur dengan plak dan menempel pada gigi, yang akan melindunginya dari asam, dan memperbaiki enamel yang rusak, kalsium akan memperkuat tulang di sekitar gigi, membuatnya lebih tahan dengan penyakit periodontal yang mungkin menyerang.

4. Sayuran Yang Renyah


-

Wortel mentah, seledri, timun, kacang hijau, dan kacang polong merupakan makanan yang dikunyah yang secara teknis dapat membersihkan gigi dan gusi si kecil. “Makanan ini secara natural menyingkirkan plak yang menumpuk atau yang tertinggal saat menggosok gigi,” kata dokter gigi Jummy Wu, DDS, dari San Diego. Ingatkan anak-anak untuk makan dengan perlahan dan mengunyah dengan benar makanan yang renyah.

5. Kacang dan Biji – bijian


-

Kacang dan biji-bijian mengandung lemak alami yang melapisi gigi dan membantu sebagai pelindung dalam melawan bakteri, kata Dr. Wu. Minyak yang terkandung dalam biji-bijianjuga dapat memperkuat enamel, membuat gigi lebih tahan dengan kavitas. Biji bunga matahari juga mengandung asam folat, suatu vitamin yang mengurangi inflamasi gusi.

6. Permen Karet Non Sugar


-

Ketika anak-anak meminta tambahan camilan saat menunggu di antrian kasir, orang tua dapat memberikannya. Air liur menghilangkan plak, meningkatkan jumlah antibody alami di dalam mulut, dan menjaga gusi tetap terhidrasi.

Mengunyah makanan apa pun dapat menstimulasi produksi air liur, tapi mengunyah permen karet tanpa gula selama 20 menit setelah makan dapat membantu mencegah gigi berlubang, menurut American Dental Association (ADA). Tetapi orang tua juga perlu mengawasi karena anak-anak baru boleh mengonsumsi permen karet setidaknya saat usia 4 tahun, ketika Anda dapat percaya padanya untuk tidak menelannya.

7. Telur


-

Telur, terutama kuning telur mengandung vitamin D, yang dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfat ( mineral dibutuhkan untuk membangun dan menjaga enamel gigi ) di dalam makananlainnya, demikian menurut Dr. harwood.

8. Air Putih


-

Air putih seringkali diabaikan, tetapi air liur yang mengandung 95 persen air, sangat penting untuk moderator kesehatan gigi. Sediakan H20 dengan makanan anak dan bantu mereka membersihkan sisa-sisa makanan di sela gigi.

Jenis Makanan Yang Dokter Gigi Benci


Beberapa dari makanan ini sangat lengket dan mengandung gula. Yang dapat menyangkut di sela-sela gigi, atau menurunkan level pH dii mulut. Jadi jika anak mengonsumsinya, pastikan mereka mebersihkan giginya dengan seksama.

-

  • Permen jelly (termasuk vitamin)
  • Karemel
  • Minuman bersoda
  • Minuman buah tinggi fruktosa
  • Permen karet dengan gula
  • Keripik kentang
  • Permen/lollipop
  • Madu

Para orang tua juga berperan penting untuk membantu anak-anak menjaga kesehatan giginya! 😉-
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.