2 September 2022 3:49 pm

CEGAH GIGI BERLUBANG!! Berikut Prosedur Fissure Sealant Yang Sangat Efektif!!

CEGAH GIGI BERLUBANG!! Berikut Prosedur Fissure Sealant Yang Sangat Efektif!!

Mengenal Pit dan Fissure


Permukaan gigi belakang atau gigi geraham yang kita pakai untuk mengunyah tidak berbentuk rata dan datar, melainkan terdapat ceruk-ceruk yang sempit dan dalam yang disebut pit dan fissure. Kedalaman dan bentuk pit dan fissure setiap orang berbeda. Ada yang memiliki pit dan fissure di permukaan gigi geraham yang lebih dalam dan sempit dibandingkan yang lain.

Kondisi gigi dengan pit dan fissure yang dalam sangat berpotensi menjadi tempat menumpuknya sisa makanan. Jika tidak dibersihkan, maka akan berubah menjadi pusat berkembangnya bakteri, yang lama kelamaan akan berpotensi menyebabkan karies gigi dan gigi berlubang.

-

Prosedur Pit and Fissure Sealant


Pit and Fissure sealant atau yang lebih dikenal dengan fissure sealant adalah sebuah bahan yang diaplikasikan pada ceruk-ceruk kecil di gigi belakang tersebut guna menciptakan lapisan tipis yang berguna untuk menjaga permukaan kunyah gigi terhindar dari risiko gigi berlubang / karies gigi.

Dengan bahan sealant ini, fissure (ceruk kecil pada permukaan gigi belakang) yang dalam akan ditutup sehingga tidak lagi menjadi tempat perlekatan plak dan sisa makanan dan gigi menjadi lebih mudah dibersihkan. Sealant ini akan sangat berguna jika diaplikasikan pada gigi anak-anak untuk mencegah terjadinya karies pada gigi belakang.

Gigi belakang permanen (gigi molar tetap) akan tumbuh di usia 6 tahun, dan biasanya tingkat kesadaran anak usia 6 tahun untuk membersihkan giginya masih kurang.

Fungsi Aplikasi Pit dan Fissure Sealant


Salah satu ciri khas karies yang terjadi pada gigi adalah karies mengaung, dimana permukaan gigi secara kasat mata tampak utuh dan bagus tapi sebetulnya karies sudah mencapai lapisan dentin yang jauh lebih lunak dan mudah terserang karies dibandingkan lapisan email gigi yang lebih keras.

Karies seperti ini baru terdeteksi saat dokter gigi melakukan pemeriksaan dengan menelusuri pit dan fissure dengan instrumen yang ujungnya runcing, yang disebut sonde. Bila ada suatu titik dimana sonde tersangkut, besar kemungkinan disitulah letak akses karies ke lapisan dentin.

Lubang yang sangat kecil ini bila dipreparasi oleh dokter dengan menggunakan bur dapat menjadi besar, karena lapisan email yang tidak terdukung oleh lapisan dentin harus diambil sebab jika dibiarkan pun lama-lama email tersebut akan pecah. Setelah itu barulah terlihat lubang yang menganga dibawahnya.

Permukaan gigi geraham dengan dibagian pit dan fissure yang berwarna kecoklatan/ kehitaman adalah sebagai tanda telah terjadi proses karies. Salah satu cara yang dapat mencegah karies pit dan fissure adalah dengan menutup bagian tersebut dengan suatu bahan adhesive yang dapat mengalir dengan baik ke dalam pit dan fissure.

Cara Kerja Fissure Sealant


Prosedur penggunaan fissure sealant menggunakan bahan tambal adhesive berbahan dasar resin yang dapat mengalir ke dalam pit dan fissure. Bahan ini dikeraskan dengan bantuan sinar.

Bahan lain yang juga bisa digunakan untuk fissure sealant adalah kapsul glass ionomer. Bahan ini bisa menutupi bagian pit dan fissure, sekaligus memberikan perlindungan terhadap lapisan email gigi.

Perlindungan diberikan karena sifatnya yang dapat melepas fluor. Pemberian fluor dapat memperkuat gigi sehingga mencegah terjadinya karies gigi.

Siapa Saja yang Bisa Melakukan Fissure Sealant?


Prosedur pit dan fissure sealant sangat disarankan segera pada dua kondisi :
  • Gigi molar (geraham) pertama baru tumbuh, yaitu saat anak berusia 6 tahun.
  • Gigi molar kedua baru tumbuh, yaitu saat anak berusia 12 tahun.

Prosedur ini penting dilakukan bagi anak-anak dengan risiko karies yang tinggi, misalnya :
  • Anak berkebutuhan khusus yang tidak mampu menyikat gigi dengan baik
  • Anak dengan disabilitas motorik
  • Anak dengan kebiasaan ngemil yang manis-manis di sela waktu makan
  • Anak yang jarang ke dokter gigi
  • Anak yang memakai kawat gigi
  • Anak dengan kondisi penyakit yang mempengaruhi kelenjar ludah sehingga mulut kering.

Selain itu, manfaat fissure sealant juga bisa diperoleh orang dewasa dengan kondisi medis yang menyebabkan menurunnya produksi air ludah. Namun sebelumnya, pemeriksaan saksama perlu dilakukan pada gigi geraham orang dewasa. Ini dilakukan untuk memastikan ada atau tidaknya karies di bagian pit dan fissure.

Jika sudah ada karies, maka penanganannya bukan lagi dengan pit dan fissure sealant, melainkan dengan preparasi dan penambalan yang sesuai. Gigi yang mengalami karies seperti ini biasanya belum menimbulkan rasa sakit atau ngilu. Jadi, karies gigi baru bisa terdeteksi oleh dokter gigi saat pasien melakukan pemeriksaan.

Hasil Setelah Prosedur Fissure Sealants


Lakukan rutinitas menggosok gigi seperti biasa dan biasakan juga untuk rutin flossing, serta menjaga pola makan yag baik untuk gigi. Gigi anda akan lebih mudah dibersihkan karena kini bulu sikat gigi dapat menjangkau seluruh permukaan gigi. Terkadang, sealant dapat lepas, hal ini biasanya terjadi setelah 6 bulan.

Apabila Fixas rutin melakukan pemeriksaan gigi, dokter gigi dapat memastikan apakah sealant yang terpasang dalam kondisi baik. Sealant juga dapat melemah setelah beberapa tahun jadi perlu diperbarui.

Manfaat dan Risiko Fissure Sealants

Aplikasi fissure sealant sangat sederhana dan efektif untuk mencegah karies gigi. Prosedur ini memberikan perlindungan ekstra dari risiko karies, jika dibandingkan dengan hanya mendapat asupan fluoride. Karena kandungan fluoride pada air minum dan pasta gigi tidak dapat menjangkau pit yang dalam dengan mudah.

Bahkan bulu sikat gigi yang paling lembut pun tidak dapat menjangkau sejauh itu. Komplikasi sangat jarang terjadi, namun bila ada biasanya berupa reaksi alergi terhadap bahan sealant, atau gigitan lebih terasa janggal bila layer sealant terlalu tebal.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.