10 April 2023 3:10 pm

Cara Ampuh Atasi Sakit Gigi Saat Puasa! Dan Tips Untuk Kesehatan Mulut Kamu!

Cara Ampuh Atasi Sakit Gigi Saat Puasa! Dan Tips Untuk Kesehatan Mulut Kamu!
Gigi kamu mungkin bukan hal yang paling utama dalam prioritas kamu selama Ramadan. Namun, sebaiknya tetap ingat untuk menjaga kesehatan gigi. Kamu pasti ingin menjaga rutinitas perawatan gigi agar puasa tidak berdampak negatif pada kesehatan mulutmu.

Karena pendapat dan preferensi pribadi bisa berbeda tentang praktik terbaik untuk menjaga kesehatan gigi selama Ramadan, harap pertimbangkan hal ini sebagai saran yang bermanfaat.

Bolehkah Kamu Menyikat Gigi & Flossing Saat Puasa?


-

Penggunaan pasta gigi saat berpuasa diperbolehkan selama bulan Ramadan, meskipun beberapa ulama Islam menganggap penggunaan pasta gigi tidak diperbolehkan karena jika menelan pasta gigi dengan sengaja atau tidak sengaja dapat membatalkan puasa.

Kamu tetap bisa menyikat gigi dan mengggunakan benang gigi secara menyeluruh sebelum tidur di malam hari, dan direkomendasikan menyikat gigi setelah makan Sahur. 😊-

Bolehkan Menggunakan Obat Kumur Saat Puasa?


Obat kumur sering diresepkan oleh dokter gigi sebagai tambahan untuk menjaga kebersihan mulut. Beberapa pasien mungkin enggan menggunakan obat kumur karena takut tanpa sengaja menelannya. Jika hal ini terjadi, kamu dapat menggunakan obat kumur di luar jam puasa sesuai saran dari dokter gigi.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Puasa


Bagaimana bila sakit gigi kambuh secara tiba-tiba di tengah aktivitas puasa?? Jika nyeri akibat sakit gigi tidak terlalu berat, maka ada beberapa cara mengatasi sakit gigi saat puasa seperti berikut :

1. Berkumur air garam


Caranya cukup mudah, campurkan setengah sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur-kumur selama beberapa waktu.

Tidak hanya bersifat sebagai analgesik (penghilang rasa sakit), berkumur dengan air garam juga membantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan gangguan mulut.

2. Kompres dengan es batu


Cara sederhana lainnya yaitu dengan menggunakan kompres dingin menggunakan es batu. CUkup masukkan es batu ke dalam plastik kecil, lalu tempelkan plastik tersebut pada pipi atau langsung pada area gigi yang sakit selama 15 menit.

Kompres es membantu meredakan sensasi nyeri pada saraf gigi karena membuat saraf menjadi tumpul. Selain itu, kompres dingin juga dapat membantu mengurangi bengkak dan peradangan pada gusi yang bisa mengurangi rasa sakit pada gigi yang sakit.

3. Kumur pakai cairan hidrogen peroksida


Hidrogen peroksida adalah jenis obat antiseptik ringan yang bisa digunakan untuk membersihkan kulit dan sebagai obat kumur untuk membersihkan mulut.

Cara penggunaannya cukup mudah, campurkan cairan hidrogen peroksida dengan air secara merata. Gunakan larutan ini untuk berkumur selama satu menit, kemudian buang dan bilas dengan air putih. Hindari penggunaan hidrogen peroksida dalam bentuk murni karena bisa melukai gusi, lidah, dan mulut kamu.

4. Berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi


Sakit gigi saat berpuasa bisa membuat tubuh terasa lemas. Untuk membantu meredakannya, Kamu dapat beristirahat dengan berbaring, dengan posisi telentang dan letakkan posisi kepala lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya dengan menggunakan bantal.

Tujuan dari metode ini adalah untuk mencegah darah mengalir ke kepala kamu. Jika darah menggenang pada kepala, hal ini dapat meningkatkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada gigi.

5. Gumafixa


-

Seperti yang kita tahu bahwa senyawa eugenol dalam minyak cengkeh bermanfaat untuk meredakan rasa sakit dan peradangan, sangat efektif untuk mengatasi sakit gigi. Dan sekarang kandungan ini sudah ada dalam sebotol Gumafixa, yang bisa kamu sediakan setiap saat dan di mana saja, untuk mengatasi keadaan darurat.

Sebelum mengoleskan obat Gumafixa pada area gigi yang bermasalah, pastikan kamu sudah membersihkan bagian tersebut dengan cara menyikat gigi. Kemudian, tuangkan 3-4 tetes Gumafixa pada bola kapas dan tempelkan pada gigi yang bermasalah. Tekan kapas selama beberapa menit sampai rasa sakitnya mereda.

Selain pengobatan tradisional di atas, kamu juga bisa mengikuti tips berikut ini selama berpuasa :
  • Jangan melewatkan sahur
  • Jangan makan berlebihan saat berbuka (makan malam)
  • Hindari makanan yang digoreng, makanan yang tinggi garam, dan makanan tinggi gula
  • Minumlah air sebanyak mungkin
  • Jaga pola makan dan asupan nutrisi
  • Selalu pilih makanan yang dikukus, dipanggang, atau dipanggang dalam proses memasak
  • Jika kamu menggunakan minyak untuk memasak, pilihlah opsi yang sehat seperti minyak kanola
  • Kurangi konsumsi kopi, teh, soda, dan minuman berkafein lainnya - karena dapat menyebabkan dehidrasi tubuh
  • Hindari merokok karena bisa mengurangi produksi air liur, sehingga dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Saat mengalami sakit gigi selama puasa, berbagai metode dan obat sakit gigi di atas dapat meredakan gejalanya tanpa perlu membuat kamu membatalkan puasa.

Namun, jika rasa sakit sangat tidak tertahankan, jangan memaksakan diri. Segeralah minum obat pereda nyeri seperti paracetamol, dan konsultasikan dengan dokter gigi kamu, lalu kamu bisa mengganti puasa yang batal pada hari lain.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.