22 Agustus 2022 4:11 pm

Bibir Perih?? Tidak Nafsu Makan Karena Sariawan?! Berikut Bahan-Bahan Alami Yang Ampuh Obati Sariawan!

Bibir Perih?? Tidak Nafsu Makan Karena Sariawan?! Berikut Bahan-Bahan Alami Yang Ampuh Obati Sariawan!
Sariawan seringkali menyebabkan kita tidak nafsu makan karena rasa perih di bagian mulut yang terdapat sariawan itu. Rasa perih muncul karena saraf yang berada tepat di bawah permukaan lapisan mulut mengalami luka dan meradang.

Sariawan yang ringan umumnya tidak membutuhkan pengobatan khusus, karena dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Namun jika tidak tahan berlama-lama mengalami sariawan, ada cara yang bisa Fixas lakukan untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat.

Sebelumnya kita kenali lebih dulu tipe sariawan dan apa saja penyebabnya?!

Tipe Sariawan di Bibir


Sariawan kecil


Sariawan kecil memilki diameter kurang dari 1 cm dan merupakan jenis yang paling sering muncul. Sariawan jenis ini biasanya akan sembuh dalam waktu 7-10 hari.

Sariawan besar


Sariawan besar memiliki ukuran lebih lebar dan lebih dalam dengan pinggiran yang tidak teratur. Sariawan jenis ini butuh waktu dua minggu sampai berbulan-bulan untuk sembuh dan bisa meninggalkan bekas luka di mulut.

Herpetiform

Herpetiform adalah sariawan di bibir dengan ukuran diameter hanya sekitar 1-2 mm, tetapi muncul secara berkelompok dan dapat bertahan selama satu minggu hingga dua bulan.

Penyebab Sariawan di Bibir


Pada umumnya penyebab sariawan bukanlah hal yang berbahaya, namun bila sariawan tak kunjung sembuh, hal itu juga dapat merupakan gejala penyakit tertentu. Berikut ini adalah beberapa penyebab sariawan di bibir yang sering terjadi :

1. Luka


Luka pada bibir, seperti bibir tidak sengaja tergigit, mengunyah makanan yang keras, tambalan gigi tidak sempurna, pemakaian kawat gigi, menggosok gigi terlalu keras, atau pemakaian gigi palsu yang tidak pas, bisa menimbulkan luka. Luka inilah yang kemudian menyebabkan sariawan di bibir.

2. Iritasi pada bibir


Sariawan di bibir juga bisa dipicu oleh memakai pasta gigi atau obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulphate dan alkohol. Kedua zat tersebut bersifat iritatif, sehingg adapat menyebabkan luka pada bibir. Selain kedua zat kimia tersebut, tembakau dan asap rokok, atau konsumsi sesuatu yang pedas dan asam juga bisa menjadi penyebab munculnya iritasi yang menyebabkan sariawan pada bibir.

3. Kekurangan nutrisi


Kekurangan gizi atau nutrisi tertentu bisa juga menyebabkan sariawan di bibir. Hal ini sering terjadi pada orang yang kekurangan nutrisi tertentu, misalnya zat besi, zinc, asam folat, atau vitamin B12.

4. Infeksi


Infeksi virus, termasuk virus simpeks dan varicella-zoster, merupakan salah satu penyebab umum sariawan di mulut.

5. Penyakit autoimun


Bercak leukoplakia yang menyerang selaput lendir mulut dan lichen planus yang menimbulkan ruam gatal pada kulit atau bagian dalam mulut juga dapat menimbulkan sariawan di bibir.

6. Efek samping pengobatan


Beberapa jenis obat-obatan dapat menyebabkan efek samping berupa sariawan di bibir dan mulut. Obat-obatan yang dimaksud adalah obat kemoterapi, antibiotik, obat epilepsi, atau kortikosteroid jika digunakan dalam jangka panjang. Selain obat-obatan tersebut, terapi radiasi pada bagian mulut dan leher juga dapat menyebabkan efek samping sariawan di bibir dan mulut.

Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat


Beberapa bahan dan obat herbal alami ini dapat menjadi alternatif untuk mempercepat penyembuhan sariawan, antara lain :

1. Daun saga dan akar manis


licorice
licorice

Daun saga dan akar manis telah lama dipercaya berkhasiat untuk mengobati sariawan. Tanaman ini sering digunakan sebagai obat herbal karena memiliki efek antibakteri, antiradang, dan antioksidan. Berbagai efek tersebut membuat daun saga mampu mempercepat penyembuhan luka akibat sariawan.

2. Daun sirih


Daun sirih sering dikonsumsi dengan cara dikunyah. Tanaman yang umum dipakai dalam pengobatan tradisional ini memiliki beberapa khasiat, di antaranya adalah sebagai antioksidan, antiradang, dan antibakteri.

3. Madu


madu
madu

Madu efektif dalam mencegah infeksi dan membantu penyembuhan luka, termasuk luka akibat sariawan. Untuk menyembuhkan sariawan, kamu bisa mengoleskan madu sebanyak 4 kali sehari. Disarankan untuk memilih madu yang tidak dipanaskan dengan suhu tinggi.

4. Minyak kelapa


Selain madu, kamu juga bisa mengoleskan minyak kelapa pada sariawan. Minyak ini dipercaya dapat menyembuhkan dan mencegah penyebaran sariawan akibat infeksi bakteri, selain juga membantu mengurangi kemerahan dan nyeri sariawan.

5. Es batu


Nyeri akibat sariawan kerap membuatmu susah makan dan minum. Agar bisa mengunyah makanan atau minum air dengan lebih nyaman, kamu bisa mengemut es batu pada daerah sekitar sariawan agar nyerinya berkurang untuk sementara waktu.

6. Obat oles


Obat oles yang mengandung bahan aktif kortikosteroid, benzocaine, atau fluocinonide dapat mengurangi rasa sakit akibat sariawan dan mempercepat penyembuhannya.

Namun perlu diingat, meski bahan-bahan alami di atas sudah lama digunakan sebagai obat herbal untuk sariawan, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan efektivitas dan keamanan setiap bahan.

Mintalah saran dokter atau dokter gigi sebelum menggunakan obat-obatan apa pun untuk mengatasi sariawan, terutama bila kamu memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat dari dokter.

Segeralah pergi ke dokter gigi jika sariawan yang kamu alami tidak kunjung sembuh dalam waktu tiga minggu, berukuran besar, atau terasa sangat perih walaupun sudah minum obat pereda nyeri. Begitu juga jika sariawan disertai demam dan kesulitan untuk makan dan minum.

Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan yang tepat untuk mengatasi sariawan, atau merujuk kamu ke dokter spesialis bila ditemukan adanya penyakit lain yang mendasari munculnya sariawan.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.