13 Oktober 2022 3:50 pm

Bahaya Sakit Gigi Saat Hamil - Bayi Dapat Terlahir Premature. Apa Saja Penyebab yang Memicu Bumil Sakit Gigi??

Bahaya Sakit Gigi Saat Hamil - Bayi Dapat Terlahir Premature. Apa Saja Penyebab yang Memicu Bumil Sakit Gigi??
Kehamilan dapat membuat beberapa perubahan pada ibu, seperti perubahan berat badan, pola makan, hingga perubahan hormon. Ketika seseorang menjalani kehamilan cukup banyak gangguan kesehatan yang sebaiknya dihindari, seperti sakit gigi.

Perlu Ibu ketahui bahwa menjaga kebersihan mulut dan gigi tidak hanya untuk kesehatan Ibu seorang, tapi juga kesehatan bayi anda. Pada masa kehamilan tidak semua perawatan gigi dapat dilakukan oleh Ibu hamil.

Sementara kondisi sakit gigi yang tidak segera diatasi, juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi dalam kandungan, seperti bayi terlahir premature dan berat badan bayi yang rendah. Lalu, apakah penyebab sakit gigi itu sendiri pada ibu hamil?

Penyebab Sakit Gigi Pada Ibu Hamil


Ada beberapa kondisi yang menyebabkan Ibu hamil rentan alami sakit gigi, seperti :

1. Perubahan Hormon Sebabkan Penyakit Gusi


Perubahan hormon yang terjadi pada saat kehamilan meningkatkan risiko ibu alami sakit gigi. Perubahan hormon saat kehamilan membuat gusi lebih rentan mengalami peradangan, pembengkakan, dan perdarahan.

2. Mengonsumsi Makanan Manis


Saat menjalani kehamilan, ngidam menjadi kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil. Ada berbagai jenis makanan yang ingin dikonsumsi, salah satunya adalah makanan manis. Tentu saja terlalu banyak mengonsumsi makanan manis pada saat masa kehamilan akan meningkatkan risiko ibu hamil mengalami masalah gigi berlubang.

3. Muntah saat Morning Sickness


Ibu hamil umumnya mengalami morning sickness saat trimester pertama. Kondisi ini ditandai dengan rasa mual dan muntah. Muntah yang dialami dapat membuat gigi terkena asam lambung.

Kondisi asam lambung yang naik dapat mengikis gigi. Hal ini membuat ibu hamil berisiko mengalami gigi berlubang. Untuk mengatasi ini, Ibu dapat berkumur dengan air putih setelah muntah agar kondisi mulut dan gigi dapat kembali normal.

4. Penumpukan Plak


Respons alami tubuh untuk melawan plak berfluktuasi selama kehamilan, sebagian besar karena perubahan hormonal. Jika tidak diobati, plak dapat terus menumpuk, hingga akhirnya mengeras menjadi karang gigi dan meningkatkan risiko kerusakan gigi.

Jenis Sakit Gigi Pada Ibu Hamil


Sakit gigi pada ibu hamil bisa bermacam-macam, mulai dari infeksi, masalah pada gusi, hingga gigi berlubang. Ada berbagai faktor yang bisa memicu beberapa masalah penyakit gigi dan gusi pada Ibu hamil, di antaranya :

1. Gingivitis & Periodontal


Wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan hormon. Hal itu kemudian bisa meningkatkan risiko munculnya peradangan pada gusi yang disebut dengan gingivitis. Kondisi ini mengakibatkan gusi membengkak dan terkadang berdarah saat ibu hamil menyikat gigi.

Kebanyakan kasus periodontal muncul sebagai komplikasi dari gingivitis yang tidak ditangani dengan baik. Gangguan ini terjadi karena ada kerusakan pada jaringan pendukung gigi.

2. Epulis Gravidarum


Gangguan pada gusi lain yang bisa terjadi adalah epulis gravidarum. Penyakit ini muncul karena timbul benjolan di gusi. Ibu hamil yang mengalami penyakit ini mungkin akan mengalami rasa tidak nyaman, bahkan kesulitan untuk makan dan berbicara.

3. Gigi Berlubang


Salah satu keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil adalah mual dan muntah. Pasalnya, muntah-muntah saat hamil bisa menyebabkan gigi terkena asam lambung dan seiring waktu, hal itu bisa merusak enamel gigi sehingga meningkatkan risiko gigi berlubang. Selain itu, kekurangan asupan kalsium juga merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan gigi berlubang pada Ibu hamil.

Solusi Sakit Gigi #1 Bagi Ibu Hamil!


Rasa nyeri di gigi yang menusuk tentu dapat membuat para Ibu stress, dan bisa berakibat tidak baik bagi si kecil di perut Ibu. Terlebih tidak semua perawatan gigi dapat Ibu lakukan selama masa kehamilan.

Obat Sakit Gigi Ibu Hamil
Obat Sakit Gigi Ibu Hamil

Namun tidak perlu khawatir, karena kini tersedia pengobatan yang terjamin aman bagi Ibu dan si kecil, serta efektif mengatasi berbagai masalah penyakit gigi dan gusi - Gumafixa!

Jangan salah pilih dan hindari obat-obatan pereda nyeri berbahan kimia selama masa kehamilan. Gumafixa merupakan obat sakit gigi herbal satu-satunya yang telah ber-BPOM, yang dapat digunakan Ibu hamil dan Ibu menyusui, tanpa efek samping bagi Ibu dan si kecil. Lalu apa saja kelebihannya??

  1. Aman digunakan Ibu hamil dan Ibu Menyusui
  2. Aman digunakan anak-anak, dewasa, hingga lansia
  3. 100% herbal - tidak menimbulkan efek samping
  4. Aroma soft, tidak terasa terbakar di mulut
  5. Cepat meredakan sakit gigi dalam 1 menit
  6. Telah terdaftar di BPOM.

Dapatkan Gumafixa hanya di Official Store Fixaherba, dan follow official page kami - @fixaherba
Ikuti berbagai promo menarik yang ada setiap bulannya!

Jagalah kesehatan mulut Ibu saat hamil dengan tetap melakukan rutinitas flossing dan menyikat gigi. Jika anda mengalami ketidaknyamanan, rasa sakit, nyeri, atau pendarahan yang berlebihan, segera hubungi dokter gigi anda. Dan tentunya jangan lupa sediakan Gumafixa di rumah!
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.