24 Juli 2023 12:11 pm

Bagi Kamu Yang Mengandalkan Kemampuan Berpikir, Coba 8 Makanan Untuk Nutrisi Otak Ini!

Bagi Kamu Yang Mengandalkan Kemampuan Berpikir, Coba 8 Makanan Untuk Nutrisi Otak Ini!
Otak merupakan organ yang sangat vital, dan memerlukan tingkat energi yang tinggi untuk berfungsi dengan optimal. Kinerja otak kita sangat tergantung pada asupan nutrisi dari makanan sehari-hari yang kita konsumsi.

Setiap jenis makanan yang kita makan memiliki dampak besar pada struktur otak kita. Mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan fungsi otak, dapat secara positif mendukung kinerjanya baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Vitamin Yang Tepat Untuk Otak


Tidak hanya energi, otak juga memerlukan nutrisi tertentu agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Terdapat tiga nutrisi penting yang dianggap sebagai komponen utama dalam memelihara kesehatan otak, yaitu :
  1. Vitamin B kompleks, berperan penting dalam mendukung kesehatan sistem saraf dan fungsi otak.
  2. Vitamin C, bertindak sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan otak.
  3. Vitamin E, dalam dosis yang sesuai, memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan otak, meningkatkan daya ingat, dan kemampuan berpikir, terutama pada lansia.

Selain vitamin-vitamin tersebut, omega 3 juga termasuk dalam makanan yang penting untuk kesehatan otak. Omega 3 memberikan dukungan bagi fungsi otak sepanjang usia, terutama pada perkembangan otak bayi dalam enam bulan pertama kehidupan.

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Otak


Beberapa jenis makanan berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan meningkatkan fungsi-fungsi tertentu, seperti memori dan konsentrasi. Berikut adalah makanan yang sangat baik untuk rutin dikonsumsi demi mencapai fungsi otak yang optimal.

1. Ikan berlemak


Sebagian besar komposisi otak, yaitu sekitar 60%, terdiri dari lemak, terutama jenis lemak omega 3. Omega 3 diperlukan oleh otak untuk membangun sel-sel saraf, yang berperan penting dalam proses belajar dan ingatan.

Selain itu, omega 3 juga dapat membantu melambatkan penuaan otak. Sumber omega 3 yang baik dapat diperoleh dari ikan seperti kembung, salmon, tuna, dan sarden.

2. Telur


Telur merupakan makanan yang sangat baik untuk otak karena mengandung folat, vitamin B6, vitamin B12, dan kolin. Kolin sangat penting bagi tubuh dalam pembentukan zat kimia otak yang mengatur ingatan dan suasana hati.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung kolin dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan mental secara keseluruhan.

3. Minyak zaitun


Minyak zaitun mengandung senyawa fenol, sebuah jenis antioksidan yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan mendukung kesehatan otak.

Selain itu, minyak zaitun juga dikaitkan dengan perlindungan terhadap penyakit Alzheimer, parkinson, dan amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Penyakit-penyakit ini dapat memengaruhi neuron di otak dan sumsum tulang belakang yang mengakibatkan kelumpuhan.

4. Dark Chocolate


-

Tidak hanya lezat, cokelat hitam juga memberikan manfaat bagi kesehatan otak. Cokelat hitam kaya akan antioksidan yang kuat dan stimulan alami seperti kafein, yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Lebih lanjut, cokelat hitam juga dapat meningkatkan kecerdasan otak, terutama bila dikonsumsi bersamaan dengan kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, dan kenari.

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian


Konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian secara cukup bermanfaat bagi kesehatan otak karena mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan.

Asupan kacang-kacangan ini terkait dengan peningkatan fungsi otak pada usia yang lebih tua. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan sumber kaya vitamin E, yang berperan dalam melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijian yang mengandung tinggi vitamin E dan baik untuk dikonsumsi adalah biji bunga matahari, kacang almond, dan kacang hazel.

6. Kobis merah dan anggur


Tanaman dengan warna kaya, seperti kobis merah dan anggur, mengandung flavonoid yang membantu meningkatkan pasokan oksigen dan nutrisi ke otak.

Flavonoid juga menyediakan glukosa sebagai sumber energi utama bagi neuron. Selain itu, kandungan ini dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar, serta memperlambat penurunan daya ingat.

7. Gandum utuh


Mengonsumsi gandum utuh adalah cara lain untuk memperoleh manfaat dari vitamin E. Makanan yang mengandung gandum utuh termasuk beras merah, jelai, gandum bulgur, havermut, roti gandum utuh, dan pasta gandum utuh.

8. Sayuran hijau


Sayuran seperti brokoli, bayam, dan kangkung merupakan sumber baik vitamin K dan beta karoten. Beta karoten terkait dengan peningkatan daya ingat dan memperlambat penurunan kognitif. Beberapa sayuran juga mengandung efek antiinflamasi dan antioksidan yang melindungi otak dari kerusakan.

Disamping mengonsumsi makanan sehat dan makanan bervariasi lain, kamu juga disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat tersebut termasuk tidur yang cukup, makan yang bernutrisi, dan berolahraga teratur.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Jalan Pemuda Blok J No. 1 Perum Purnawira Ledug, Kembaran Kabupaten Banyumas Jawa Tengah
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.