9 September 2022 11:47 am

Bagaimana Kaitannya Diabetes Berujung Penyakit Gigi & Gusi?! Simak Penyebab dan Penanganannya!!

Bagaimana Kaitannya Diabetes Berujung Penyakit Gigi & Gusi?! Simak Penyebab dan Penanganannya!!
Komplikasi diabetes dapat memengaruhi seluruh anggota tubuh. Tidak hanya lebih berisiko mengalami penyakit jantung, stroke, dan ginjal saja, penderita diabetes juga memiliki risiko lebih tinggi mengalami gigi busuk.

Pengaruh Diabetes Terhadap Kesehatan Gigi


Diabetes adalah suatu penyakit metabolik yang disebabkan meningkatnya kadar glukosa atau gula di dalam darah. Menurut American Diabetes Association (ADA), seseorang yang mengidap penyakit diabetes berisiko lebih tinggi mengalami penyakit-penyakit mulut, seperti peradangan pada gusi atau gingivitis.

Penderita diabetes dengan kadar gula darah tidak terkontrol atau belum menjalani pengobatan, umumnya memiliki daya tahan tubuh yang lemah, karena kadar gula darah yang tinggi akan melemahkan sel darah putih. Sehingga penyakit ini sangat berpengaruh pada kemampuan anda dalam melawan bakteri penyebab infeksi pada gigi dan mulut.

Oleh karena itu, perlu perhatian ekstra bagi para penderita diabetes untuk mengontrol gula darahnya. Semakin tinggi kadar gula darah, semakin tinggi risiko mengalami gigi busuk. Hal itu berawal ketika kadar pati dan gula dari makanan yang dikonsumsi berinteraksi dengan berbagai jenis bakteri alami di dalam mulut, kemudian membentuk plak yang berisiko menyebabkan lubang pada gigi.

Apabila tidak dibersihkan secara teratur, maka plak akan mengeras dan menyebabkan iritasi pada gusi di sekitar gigi, sehingga memicu gingivitis. Pada kondisi ini, gusi menjadi mudah berdarah dan bengkak, hingga tahap tertentu, dapat menimbulkan periodontitis.

Pada tahap ini, kerusakan pada tulang alveolar dapat terjadi sehingga gigi geligi penderita dapat goyang, bahkan bisa tanggal atau copot, dan dapat menghancurkan jaringan lunak di sekitarnya.

Tidak hanya itu, sakit gusi pada penderita diabetes akan membutuhkan waktu lebih lama untuk ditangani dan kondisinya bisa lebih parah. Itulah pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi bagi para penderita diabetes.

-

Gejala Yang Dapat Dikenali


Terdapat beberapa gejala atau tanda yang dapat mengindikasikan bahwa anda terkena penyakit gusi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Gusi mudah berdarah, terutama saat menggosok gigi atau melakukan flossing
  2. Gusi berwarna merah dan bengkak
  3. Gigi geligi terasa goyang
  4. Penurunan gusi, akibatnya gigi terlihat lebih panjang
  5. Bau napas yang tak sedap meskipun sudah menggosok gigi

Cara Menjaga Kesehatan Gigi untuk Penderita Diabetes


Kabar baiknya, ada cara-cara yang dapat dilakukan penderita diabetes untuk mencegah risiko gigi busuk dan gangguan mulut lainnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan :

1. Kendalikan gula darah

Kadar gula darah yang selalu terpantau dan terkendali membuat risiko gigi busuk menjadi makin berkurang. Ikuti panduan dan saran dari dokter, baik melalui pengobatan maupun perubahan gaya hidup.

2. Pilih sikat gigi yang tepat

Gunakan sikat gigi bersikat halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menggosok gigi secara teratur. Ganti sikat gigi tiap tiga bulan sekali. Hindari menyikat gigi dengan keras karena dapat mengiritasi gusi.

3. Gosok gigi secara teratur setiap hari

Sikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu pagi dan menjelang tidur. Lebih baik lagi jika gigi juga dibersihkan setelah makan.

4. Menggunakan benang gigi / Flossing


Benang gigi merupakan komponen penting yang harus ada dalam perawatan gigi untuk penderita diabetes. Lakukan flossing setidaknya satu kali dalam sehari. Pasalnya, alat inilah yang akan membersihkan sisa gula yang tidak terjangkau pada celah gigi.

5. Cukupi kebutuhan cairan

Kurangi risiko mulut kering dengan mengonsumsi cukup cairan dan mengunyah permen bebas gula untuk merangsang produksi air ludah. Minumlah air putih setidaknya 8 gelas per hari.

6. Berhenti merokok

Akan lebih baik untuk menghentikan kebiasaan ini karena dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi diabetes yang lebih serius, misalnya gangguan paru-paru.

7. Hindari minuman asam


Sebisa mungkin, hindarilah minuman asam seperti soda, minuman berenergi, dan sari buah lemon. Sifat asam pada berbagai minuman ini dapat mengikis lapisan email gigi dan meningkatkan risiko gigi berlubang.

Dengan menjaga kesehatan mulut dan gigi, risiko gigi busuk dapat terhindarkan, terutama bagi para penderita diabetes. Periksa gigi secara rutin ke dokter gigi, terutama saat mengalami sakit gigi atau beragam keluhan lainnya pada gigi dan mulut. Pastikan dokter gigi tahu bahwa anda menderita diabetes, agar dapat diberikan penanganan dan perawatan yang sesuai.

Pertolongan Pertama Sakit Gigi & Gusi


Melemahnya kemampuan tubuh dalam melawan bakteri dapat memperlambat proses penyembuhan ketika sakit gigi. Untuk itu diperlukan penanganan pertama yang tepat agar penyakit tidak menjalar lebih jauh.

Sekarang Gumafixa hadir sebagai solusi untuk mengatasi segala masalah sakit gigi dan gusi!!

Obat sakit gigi herbal pertama dan nomor #1 yang telah terdaftar di BPOM!

Terbuat dari minyak atsiri berkualitas terbaik dari daun cengkeh pilihan, dan peppermint. Kedua bahan yang telah dipercaya sebagai pengobatan herbal untuk sakit gigi selama ratusan tahun ini kini tersedia dalam satu botol Gumafixa!

Kandungan Gumafixa yang bersifat antiseptic membantu membunuh bakteri dalam mulut, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.

Gumafixa telah menjadi sahabat keluarga Indonesia, dengan berbagai keunggulannya :

  1. Dapat digunakan semua usia, dari anak-anak hingga lansia
  2. Aman digunakan Ibu hamil & Ibu menyusui
  3. Aroma herbal yang soft
  4. Tidak menimbulkan rasa terbakar/menyengat di mulut
  5. Aman bila tidak sengaja tertelan
  6. Menyembuhkan sakit gigi dalam hitungan menit
  7. Telah terdaftar di BPOM

Jangan biarkan gejala sekecil apa pun dari sakit gigi, karena pengobatan yang terlambat hanya akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan lain dengan biaya yang tidak sedikit!

Sediakan Gumafixa di rumah untuk keadaan emergency! Dan dapatkan promo dari toko official Fixaherba untuk Mega Sale 9.9 bulan ini berupa :
  • Discount s/d 50%
  • GRATIS ONGKIR

Gigi yang sehat adalah asset terbaik untuk mendapatkan tubuh yang sehat!
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.