19 September 2022 2:38 pm

Apakah Gigi Membutuhkan Fosfor?! Simak Bagaimana Peran Fosfor Bagi Kesehatan Gigi!

Apakah Gigi Membutuhkan Fosfor?! Simak Bagaimana Peran Fosfor Bagi Kesehatan Gigi!
Terdapat banyak zat organik membantu pertumbuhan dan fungsi tubuh manusia sehari-hari. Selain makronutrien yang harus kita konsumsi (seperti protein, karbohidrat, dan lemak), manusia juga membutuhkan mikronutrien dengan vitamin dan mineral. Nutrisi ini dapat bermanfaat bagi setiap bagian tubuh kita, termasuk gigi.

Di indonesia penyakit gigi dan mulut merupakan salah satu dari sepuluh besar penyakit yang dikeluhkan masyarakat. Jika anda sudah menggosok gigi dan rutin flossing namun masih mengalami masalah gigi berlubang, ada kemungkinan anda mengalami kekurangan fosfor dalam tubuh.

Kekurangan mineral yang merupakan zat penting ini dapat berdampak terhadap kesehatan gigi. Seperti kalsium dan Vitamin D, fosfor juga merupakan kunci mineral untuk gigi yang kuat.

Fungsi Fosfor Bagi Kesehatan Gigi


Fosfor bekerjasama dengan kalsium dan vitamin D dalam membentuk kristal kalsium fosfat, yang mendukung peran kalsium dalam produksi dan remodeling tulang. Tanpa fosfor, tubuh tidak akan dapat menggunakan kalsium dengan baik. Akibatnya, tulang menjadi rapuh dan gigi mudah rusak.

Sebanyak 85 persen kandungan fosfor pada tubuh terletak pada gigi dan tulang. Anda dapat menjadi kekurangan fosfor jika tidak cukup mengonsumsi variasi makanan yang mengandung fosfor atau jika anda memiliki masalah kesehatan yang mempengaruhi cara anda menyerap atau menggunakan fosfor dan mineral lainnya.

Kebanyakan orang dewasa di atas usia 19 tahun membutuhkan sekitar 700 miligram fosfor untuk tetap sehat. Jika anda hanya suka mengonsumsi satu atau dua jenis makanan tertentu untuk makan, seperti ayam dan brokoli, anda mungkin tidak mendapatkan jumlah fosfor yang cukup setiap hari. Protein seperti ayam hanya mengandung 157 hingga 180 miligram mineral per porsi.

Kondisi seperti penyakit celiac yang memengaruhi cara tubuh menyerap nutrisi juga dapat mengganggu seberapa baik gigi dan tulang anda menyerap kalsium.

Sumber Fosfor Untuk Tubuh


Di bawah ini beberapa contoh makanan dan minuman yang mengandung fosfor.

-

1. Daging unggas


Daging unggas merupakan salah satu sumber terbaik dari fosfor. Sebagai contoh, satu potong ayam atau daging kalkun ukuran sedang mengandung sekitar 300 miligram fosfor. Jumlah ini bahkan melebihi 40% kebutuhan fosfor harian orang dewasa.

Jika ingin menambah asupan fosfor, pilihlah bagian dada yang warnanya lebih terang. Perhatikan pula cara memasak bahan makanan, karena merebus bisa menurunkan kandungan fosfor daging.

2. Jeroan


Jeroan mengandung fosfor dalam jumlah yang sangat tinggi. Seratus gram otak sapi hampir dapat memenuhi 58% kebutuhan fosfor harian orang dewasa. Hati ayam dalam jumlah yang sama bahkan bisa mencukupi 62% kebutuhan harian anda.

Selain fosfor, jeroan juga merupakan sumber vitamin A dan B12 serta zat besi. Namun, mengonsumsi jeroan tetap harus dibatasi karena kandungan kolesterolnya sangat tinggi.

3. Susu dan produk-produknya


Susu dan produk-produknya sangat kaya akan fosfor. Minum segelas jenis susu skim dapat mencukupi hampir 35% kebutuhan fosfor harian orang dewasa. Sementara itu, sepotong kecil keju ukuran 30 gram dapat memenuhi 30% kebutuhan fosfor anda.

Susu dan keju juga mengandung kalsium. Mencukupi kebutuhan harian fosfor sekaligus kalsium dapat membantu memelihara kesehatan tulang dan gigi.

4. Beras dan oat


Sumber fosfor lainnya yang dapat ditemukan di dapur yakni beras dan oat. Satu mangkuk oat matang seberat 200 gram mengandung 154 miligram fosfor, sedangkan nasi dalam jumlah yang sama mengandung fosfor sebanyak 167 miligram.

Namun, sebagian besar fosfor dalam bulir biji seperti beras dan oat biasanya berbentuk asam fitat. Usus akan sulit mencerna dan menyerap zat ini. Solusinya, cobalah merendam beras atau oat selama beberapa saat sebelum dimasak.

5. Makanan laut (seafood)


Ada banyak jenis makanan laut yang mengandung fosfor. Contohnya, sotong mengandung 530 gram fosfor untuk setiap 100 gramnya. Jumlah ini bahkan melebihi 75% kebutuhan fosfor menurut angka kecukupan gizi. Ada pula ikan sarden, kerang, dan salmon yang masing-masing mengandung fosfor sebesar 484 miligram, 338 miligram, dan 322 miligram.

6. Kedelai dan produk-produknya


Sebagian besar sumber fosfor berasal dari hewan. Namun, anda yang menjalani diet vegan dapat memperolehnya dari makanan lain. Kandungan fosfor pada kacang kedelai begitu tinggi sehingga mengonsumsi seratus gram saja sudah bisa memenuhi 48% kebutuhan harian anda.

Produk-produknya seperti tempe juga mengandung fosfor dalam jumlah yang cukup banyak. Di sisi lain, kandungan fosfor pada susu kedelai dan tahu memang tidak terlalu banyak, tetapi keduanya tetap memberikan manfaat bagi tubuh.

7. Biji labu dan biji bunga matahari


Biji labu dan biji bunga matahari mungkin berukuran kecil, tapi kandungan fosfornya sangatlah tinggi. Satu sendok makan biji labu atau biji bunga matahari dapat mencukupi lebih dari 45% kebutuhan anda.

Namun, seperti beras dan oat, sebagian besar fosfor pada biji-bijian ini berbentuk asam fitat. Anda dapat merendamnya dahulu selama beberapa saat supaya asam fitat terurai menjadi fosfor yang lebih mudah diserap.

Fosfor memang merupakan mineral yang memiliki manfaat penting untuk tubuh, terutama tulang dan gigi. Meski bermanfaat, ingatlah untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Karena kelebihan fosfor mungkin berdampak buruk bagi ginjal. Jadi, cukup konsumsi sesuai jumlah yang dianjurkan.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.