17 Juli 2023 1:54 pm

"Apa sih Penyebab Mata Panda di Pagi Hari?? Jangan Badmood - Coba Tips Hilangkan Dark Circle!!"

"Apa sih Penyebab Mata Panda di Pagi Hari?? Jangan Badmood - Coba Tips Hilangkan Dark Circle!!"
Dark circle di bawah mata, juga dikenal sebagai hiperpigmentasi periorbital (POH) atau biasa disebut mata panda, adalah kondisi kulit di sekitar mata yang tampak lebih gelap dari warna kulit normal. Dark circle dapat terlihat sebagai garis-garis halus, bintik-bintik, atau area yang lebih gelap daripada kulit di sekitarnya dan dapat dialami orang dewasa, bahkan anak-anak.

Apa Penyebab Dark Circle??


Dalam beberapa kasus, dark circle bisa menunjukkan adanya kebutuhan untuk mengubah gaya hidup, seperti memperbaiki kebiasaan tidur atau pola makan. Berikut beberapa penyebab munculnya dark circle :

-

1. Kurang tidur & lelah


Saat terlalu banyak tidur, atau kurang tidur, darah tidak mampu mengalir dengan baik ke area sekitar mata. Akibatnya, pembuluh darah dan jaringan gelap di bawah kulit mata semakin terlihat karena kulit di daerah ini sangat tipis.

2. Faktor usia


Seiring bertambahnya usia, kulit kita cenderung kendur dan menjadi lebih tipis. Kita mungkin mengalami penurunan lemak dan kolagen yang membantu menjaga elastisitas kulit. Ketika hal ini terjadi, pembuluh darah gelap di bawah kulit menjadi lebih terlihat, menyebabkan daerah di bawah mata menjadi gelap.

3. Kebiasaan menatap layar


Menatap layar televisi, komputer, atau telepon genggam dalam waktu lama dapat mengakibatkan ketegangan pada mata, yang dapat memperbesar pembuluh darah di sekitar mata, dan bisa menyebabkan munculnya lingkaran hitam.

4. Genetik


Salah satu penelitian dari tahun 2014 menemukan hubungan kuat antara lingkaran hitam di bawah mata dan riwayat keluarga pada 63% partisipan. Dark circle bisa menjadi ciri yang diwarisi yang terlihat sejak masa kanak-kanak. Seiring berjalannya waktu, lingkaran hitam di bawah mata bisa menjadi lebih ringan atau lebih gelap.

5. Dehidrasi


Saat tubuh kekurangan cairan, kulit di bawah mata akan terlihat kusam dan mata pun terlihat cekung. Hal ini terjadi karena mata kamu berada dekat dengan tulang yang ada di bawahnya.

6. Kebiasaan merokok dan minum alkohol


Efek mengonsumsi alkohol dan merokok, lama-kelamaan dapat membuat aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar sehingga lingkaran di sekitar mata pun terlihat lebih gelap. Selain itu, merokok juga dapat memicu kerusakan kolagen yang membuat kulit menjadi kendur dan lebih kusam.

7. Sinar matahari


Terlalu banyak paparan sinar matahari bisa menyebabkan produksi melanin yang berlebihan, yaitu pigmen yang memberi warna pada kulit. Tubuh kamu kemudian akan menumpuk melanin berlebih di bawah mata, yang menyebabkan hiperpigmentasi.

8. Alergi


Ketika kamu mengalami reaksi alergi, tubuhmu akan melepaskan histamin untuk melawan pemicu alergi. Hal ini bisa menyebabkan mata gatal, merah, dan bengkak. Histamin dapat menyebabkan pembuluh darah melebar dan menjadi lebih terlihat, termasuk di bagian bawah mata. Dan menggaruk kulit yang gatal dapat menyebabkan peradangan.

9. Anemia


Anemia adalah kondisi ketika kadar sel darah merah dalam tubuh lebih rendah dari normal. Hal ini bisa menyebabkan tubuhmu merasa pusing, lelah, sesak napas, dll. Penelitian tahun 2014 yang disebutkan sebelumnya menemukan bahwa 50% partisipan yang memiliki dark circle juga mengalami anemia. Namun, setelah anemia mereka diobati, banyak orang melaporkan bahwa lingkaran hitam di bawah mata mereka juga menghilang.

Tips Mengatasi Dark Circle


Berikut adalah beberapa tips alami untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata agar tidak mengganggu penampilan :

-

1. Istirahat yang cukup


Selain kurang tidur, terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan mata panda. Jadi, pastikan kamu mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap malamnya, sekitar 7-9 jam untuk orang dewasa.

2. Gunakan krim yang tepat


Kamu dapat mengatasi mata panda dengan menggunakan krim yang mengandung retinol, kafein, atau vitamin C. Krim ini dapat membantu mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata.

3. Kompres dingin


Gunakan lap lembut yang telah direndam dalam air es untuk ditempelkan pada area mata. Kompres mata selama 10-20 menit, dan ganti lap jika sudah tidak dingin. Cobalah untuk rileks selama proses kompres.

4. Jaga tubuh tetap terhidrasi


Pastikan tubuhmu selalu terhidrasi dengan cukup minum air, yaitu sekitar 2-3 liter air setiap hari.

5. Gunakan kantung teh


Teh mengandung kafein yang dapat meningkatkan sirkulasi darah di sekitar mata. Rebus dua kantong teh celup hingga mendidih, lalu dinginkan dalam lemari es. Setelah itu, gunakan untuk mengompres mata.

6. Kompres dengan ketimun


Ketimun memiliki efek pendingin alami yang dapat meredakan mata bengkak dan mata panda. Kandungan vitamin C dan asam folat dalam ketimun juga membantu melawan racun. Iris ketimun dan gunakan irisan tersebut untuk dikompres pada mata selama 10-20 menit.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.