24 Agustus 2022 5:03 pm

Apa Kelebihan Berkumur Dengan Air Garam?? Lalu Pengobatan Herbal Apa Yang Seaman Air Garam Tapi Lebih Ampuh??

Apa Kelebihan Berkumur Dengan Air Garam?? Lalu Pengobatan Herbal Apa Yang Seaman Air Garam Tapi Lebih Ampuh??

Berkumur dengan air garam sangatlah simpel, aman, dan mudah dilakukan di rumah. Selain efektif untuk meredakan infeksi, juga dapat mencegah gejala agar tidak bertambah buruk.

Air garam biasanya digunakan untuk meredakan gejala sakit gigi. Selain itu berkumur air garam juga biasa digunakan saat sakit tenggorokan, flu, juga infeksi sinus. Larutan air garam juga dapat meredakan alergi dan masalah ringan lainnya.

Membuat larutan air garam untuk berkumur sangatlah mudah, karena hanya membutuhkan dua macam bahan, yaitu air dan garam. Tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat dan menggunakannya, dan yang terpenting sangat aman digunakan untuk anak mulai usia 6 tahun.

Karena air garam merupakan obat alami, terjangkau, dan nyaman, treatment ini dianggap sebagai pengobatan rumahan standar untuk beberapa penyakit. Mari kita lihat bagaimana cara melakukan kumur air garam, manfaatnya, dan banyak lagi.

Apa Kelebihan Air Garam?


Berkumur air garam sudah menjadi treatment yang populer untuk beberapa gejala ringan, dan telah digunakan sebagai pengobatan tradisional sejak sebelum pengobatan modern. Penelitian dan pengobatan modern juga mendukung bahwa berkumur air garam merupakan cara efektif untuk menangani beberapa masalah kesehatan ringan.

Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian dalam mulut manusia terdiri dari jaringan lembap (lapisan mukosa). Kelembapan ini membuat mulut menjadi lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri.

Ketika kita berkumur dengan air garam, natrium klorida akan menyerap kelebihan cairan dalam mulut sehingga membuatnya kering. Lingkungan dalam mulut yang kering jadi tidak lagi ideal untuk bakteri bertahan hidup. Bakteri kemudian akan berhenti berkembang biak, dan pada akhirnya mati.

Cara ini membuat air garam bermanfaat untuk memblokir virus dan bakteri, mengurangi kemungkinan infeksi di mulut dan tenggorokan, serta meredakan peradangan pada kasus tertentu.
Berikut ini beberapa masalah kesehatan gigi dan mulut yang dapat menggunakan pengobatan air garam :

Kesehatan Gigi


Saat berkumur dengan air garam, larutan akan mengangkat bakteri di dalam mulut dan mengeluarkannya bersama air, sehingga gusi dapat terlindungi, cara ini menjadikannya treatment yang efektif untuk meningkatkan kesehatan gusi dan gigi. Serta dapat membantu mencegah radang gusi, periodontitis, dan gigi berlubang.

Sebuah evaluasi tahun 2010 menemukan bahwa berkumur air garam setiap hari membantu menurunkan jumlah bakteri berbahaya yang ditemukan dalam air liur.

Sakit Tenggorokan


Meskipun merupakan pengobatan rumahan yang sudah sangat lama, berkumur air garam masih direkomendasikan untuk sakit tenggorokan oleh dokter dalam pengaturan klinis, yang tercatat dalam penyelidikan klinis tahun 2011.

Air garam sangat efektif untuk pilek atau flu yang menyebabkan sakit tenggorokan ringan, tetapi air garam juga dapat meredakan sakit tenggorokan yang parah dengan bantuan asetaminofen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil).

Hidung Tersumbat


Berkumur dengan air garam juga dapat melegakan hidung yang tersumbat akibat pilek. Selain mematikan bakteri penyebab infeksi, larutan air garam ini juga mencairkan lendir yang menumpuk dalam hidung. Masalah hidung tersumbat akibat gejala bronkitis, dan infeksi sinus, juga akan berkurang dengan cara ini.

Alergi


Radang tenggorokan dapat terjadi karena adanya alergi tertentu pada tubuh, seperti alergi serbuk sari, atau alergi bulu binatang. Selain itu, berkumur air garam juga dapat membantu meringankan gejala sakit tenggorokan yang terasa sangat tidak nyaman akibat reaksi alergi.

Bau Mulut


Halitosis adalah istilah medis untuk bau mulut. Ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti makanan atau masalah kesehatan tertentu. Berkumur dengan air garam dapat menetralkan bakteri yang jadi penyebab bau mulut akibat makanan. Garam bisa mengubah pH mulut sehingga menghambat produksi mikroorgansime bakteri yang bikin napas bau.

Resep Obat Kumur Air Garam


Rekomendasi dari para ahli ialah menggunakan setengah sendok teh garam yang dicampur dengan segelas air hangat, dan aduk hingga larutan tercampur.

Berikut langkah-langkah berkumur dengan air garam :

  • Larutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat (250 ml). Gunakan garam murni tanpa campuran MSG atau bumbu penyedap lainnya.
  • Kumur ke segala bagian mulut dan tahan di sekitar area yang sakit selama 20-30 detik.
  • Lepehkan air kumur setelah selesai. Jika untuk mengatasi sakit tenggorokan, telan sedikit saja.
  • Ulangi berkumur sekali lagi, dan tahan 30 detik. Ini akan mengangkat potongan makanan yang menempel di celah gigi dan membunuh bakteri yang menyebabkan plak.
  • Lepehkan air berkumur dan selesaikan dengan menyikat gigi, serta menggunakan benang gigi (flossing).

Fixas juga dapat menambahkan sedikit baking soda ke setengah sendok air garam hangat. Cara ini dapat membantu memutihkan gigi. Menggunakan air hangat lebih direkomendasikan karena air hangat dapat melegakan tenggorokan daripada bila menggunakan air dingin. Air hangat juga membuat garam lebih mudah larut dalam air.

Frekuensi Berkumur Air Garam


Fixas dapat berkumur dengan air garam (dianjurkan) dua kali dalam sehari untuk membersihkan mulut dan gigi. Bumbu dapur ini bersifat antibakteri yang ampuh membunuh kuman penyebab berbagai masalah mulut, gusi, dan gigi.

Garam juga bersifat isotonik dan tidak menyebabkan iritasi pada selaput lendir. Itulah sebabnya dokter gigi pada umumnya juga menggunakan larutan air asin untuk membilas mulut pasiennya setelah prosedur cabut gigi.

Pengobatan Herbal Modern

Berkumur dengan air garam memang dapat membantu meredakan beberapa gejala, namun untuk pengobatan sakit gigi dan gusi yang sudah cukup parah membutuhkan obat tertentu.

Pengobatan herbal dari minyak cengkeh dan peppermint yang telah dipercaya sejak zaman dahulu, telah digunakan sebagai pilihan terbaik mengobati sakit gigi. Kini kandungan alami tersebut dikemas dalam Gumafixa - obat sakit gigi herbal pertama di Indonesia yang telah ber-BPOM.

-

Tentunya Fixas juga akan berpikir dua kali untuk mengonsumsi pereda nyeri alami berbahan kimia, apabila sakit gigi berulang kali datang kembali. Efek samping dari obat-obatan kimia tersebut seperti yang kita ketahui dapat berbahaya untuk kesehatan hati, ginjal, dan fungsi tubuh yang lain.

Bila Fixas lebih memilih pereda nyeri kimia biasanya karena efek obat-obatan tersebut lebih cepat bekerja. Tapi ingat bahwa mereka hanya meredakan nyeri sesaat, rasa sakit akan datang kembali lagi dan lagi bila tidak diobati dengan benar.

Untuk itulah Gumafixa hadir dan diformulasikan khusus sebagai pengobatan herbal yang aman untuk tubuh, dan cepat mengatasi rasa nyeri dalam hitungan menit, juga tanpa efek samping! Gumafixa aman dikonsumsi anak-anak mulai usia 3 tahun hingga usia lansia.
Jangan lewatkan juga Mega Sale 9.9 bulan depan, karena seperti biasa Fixas dapat mendapatkan berbagai promo menarik!

Yup! Mulai dari gratis ongkir, hingga diskon 50%!! Jadi ikuti terus konten dan sosial media kami, dan dapatkan informasi berbagai promo dari Fixaherba Official Store! Follow kami di @fixaherba , ada voucher khusus untuk follower juga loh Fixas! 😉-
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.