5 Agustus 2022 3:22 pm

Apa Itu Sugar Bugs?! Dokter Gigi Memperingatkan Untuk Lindungi Anak Dari Sugar Bugs!!

Apa Itu Sugar Bugs?! Dokter Gigi Memperingatkan Untuk Lindungi Anak Dari Sugar Bugs!!
Pernah mendengar tentang Sugar Bugs??

Ini bukan serangga sungguhan ya Fixas!

Sugar bugs yang kita maksud di sini adalah plak kecil di gigi yang berpotensi menyebabkan gigi berlubang. Plak ini awalnya hanya tipis dan tidak berwarna, hingga akhirnya akan menjadi putih dan menguning, lalu menebal dan penuh dengan bakteri.

Plak yang masih kecil sebut saja kuman yang hidup di dalam mulut. Ketika anak tumbuh dewasa, mereka menyebutnya ‘Bakteri’. Banyak hal dan faktor yang menyebabkan kuman berkembang biak, salah satunya adalah gula yang berasal dari makanan dan minuman manis seperti permen atau es krim.

Faktor lain seperti kurangnya menjaga kebersihan mulut, jarang menggosok gigi dan flossing, hingga menyebabkan kuman menumpuk di gigi, lalu bertemu dengan bakteri dari makanan manis yang kita makan, akan menciptakan asam dan dapat meningkatkan risiko gigi berlubang!

Terbentuknya Karies Gigi


-

Tidak ada yang suka mendengar penyebutan karies gigi atau gigi berlubang ketika mengunjungi dokter gigi. Karies terbentuk ketika kondisi gigi mulai membusuk. Lapisan luar gigi (enamel) mulai melemah dan akhirnya rusak. Terbentuklah lubang pada gigi yang dapat menjadi semakin besar dari waktu ke waktu. Inilah akibat dari bakteri yang bersarang di plak gigi.

Maka dari itu sangat penting untuk melakukan perawatan gigi berlubang sebelum bakteri membuat lubang sampai ke ujung saraf. Meski terdengar menyeramkan, ada banyak cara untuk mencegah karies gigi dan menghindari biaya perawatan gigi berlubang yang tentunya tidak sedikit!

Mari Hindari Karies Gigi!


Dokter gigi selalu memperingatkan setiap pasiennya untuk meminimalisir konsumsi makanan dan minuman yang manis. Tentu saja karena gula dapat memicu karies gigi. Akan tetapi gula saja tidak cukup untuk menimbulkan gigi berlubang? Lalu di mana kesalahannya??

Yup! Kondisi sugar bugs yang kita bicarakan tadi! Para orang tua pasti sudah mengerti untuk menghindari gigi berlubang, kita perlu menjaga kebersihan mulut dengan serius, ajarkanlah kebiasaan baik ini kepada anak sedini mungkin.

Gambaran Karies Gigi


Fixas pasti sering melihat ilustrasi pembentukan gigi berlubang. Ketika kita mengonsumsi gula, bakteri akan menyerapnya secara natural di dalam mulut kita, dan memproduksi asam. Asam inilah yang akan menyerang enamel gigi, mengikis lapisan demi lapisan yang melindungi gigi. Setelah enamel hilang sepenuhnya, bakteri akan melanjutkan tugasnya melubangi gigi hingga ke akar.

Kapan Kita Sadar Saat Mengalami Karies Gigi??


Dalam tahap awal, gigi berlubang bisa saja tidak menunjukkan gejala dan masalah. Hal itu karena proses pembusukan belum menyentuh inti gigi di mana terdapat berbagai saraf. Hanya kerena anda belum merasakannya, bukan berarti tidak ada masalah! Dokter gigi dapat mendeteksi bila karies mulai timbul, bila anda rutin melakukan pemeriksaan gigi.

Berikut ini beberapa tanda karies gigi :
  • Gigi lebih sensitif
  • Rasa sakit saat menggigit
  • Nyeri gigi yang datang tiba-tiba
  • Rasa sakit saat makan makanan manis
  • Terdapat lubang atau bintik yang terlihat mata

Menggosok Gigi dan Flossing Setiap Hari!


Kunci utama adalah menggosok gigi dua kali sehari dan flossing setidaknya sekali sehari untuk melindungi gigi. Selain menjauhkan gigi dari sugar bugs, juga akan membantu memperkuat gigi.

Gunakan pasta gigi dengan fluoride dan obat kumur antibakteri untuk hasil maksimal. Saat ini juga telah tersedia pasta gigi fluoride khusus untuk anak-anak, jadi tidak ada alasan untuk anak menghindari menyikat gigi.

Kendalikan Asupan Gula


Memilih apa yang anda dan si kecil konsumsi sangatlah krusial! Mengonsumsi terlalu banyak makanan manis dan bertepung dapat meningkatkan pembentukan gigi berlubang. Soda, minuman manis, dan cokelat sangatlah lezat, tetapi mereka juga membawa risiko sugar bugs yang jahat.

Cobalah mengurangi asupan gula, dan gantilah dengan pilihan yang lebih sehat, seperti buah dan sayuran. Selain membantu mencegah plak gigi, juga akan membuat gigi lebuh sehat.

Minum Banyak Air Putih


Ada alasan lain mengapa minum air putih sangat penting bagi tubuh. Air memang tidak dapat menghentikan pembentukan gigi berlubang, tetapi ia dapat membasuh sisa makanan atau bakteri di dalam mulut. Gantilah kebiasaan minum minuman manis dengan air putih sehari-hari dan rasakan perbedaannya.

Parents juga dapat memberitahu anak-anak bahwa air dapat melawan sugar bugs di dalam mulut, untuk memotivasi mereka minum lebih banyak air putih.

Regular Check Up


Aturlah jadwal kunjungan check up ke dokter gigi untuk seluruh anggota keluarga. Fixas dapat melakukan pembersihan gigi secara rutin, dan meminta bantuan dokter gigi untuk mendeteksi gejala atau masalah sebelum menjadi penyakit yang serius. Pastikan bila Fixas memang mengalami gigi berlubang, agar mendapat perawatan secepat mungkin.

Perlindungan Nomor 1 Bagi Gigi


Mencegah gigi berlubang bukanlah hal yang sulit bila tekun menjaga kebersihan gigi kita. Selain menyediakan produk perawatan gigi di rumah, seperti sikat gigi, pasta gigi, dan obat kumur, Parents juga perlu menyediakan pertolongan pertama di rumah.

Terutama di tengah kesibukan Parents yang padat, pertolongan pertama juga dapat membantu anak saat sakit gigi datang tanpa terkendali, dan mencegah masalah gigi lainnya. Sebagai satu-satunya obat sakit gigi herbal, Gumafixa telah dipercaya sebagai pilihan nomor 1 seluruh keluarga di Indonesia!

Terbuat dari minyak atsiri yang berasal dari daun cengkeh berkualitas tinggi, dan peppermint, Gumafixa menjadi satu-satunya obat sakit gigi yang aman bagi tubuh. Jangan sampai dengan mengobati sakit gigi, Fixas mendapat masalah kesehatan lainnya karena terlalu sering mengonsumsi obat-obatan kimia!

Selain terbuat dari bahan alami, beberapa kelebihan Gumafixa ialah :
  • Aman dipakai anak-anak, orang dewasa, hingga lansia
  • Aman bagi Ibu hamil dan Ibu menyusui
  • Tanpa efek samping
  • Tidak menyengat di mulut
  • Cepat bekerja atasi sakit gigi dalam 1 menit!
  • Telah terdaftar di BPOM

gumafixa
gumafixa

Fixas juga bisa mendapatkan penawaran menarik pada Mega Sale 8.8 yang akan diadakan 3 hari lagi! Ikuti terus page official @fixaherba dan dapatkan :
  • DISKON up to 10K
  • GRATIS ONGKIR

Moms bisa mendapatkan Gumafixa hanya di Fixaherba Official Store, langsung dari website dan juga marketplace!

Mulailah pola hidup sehat dengan beralih ke herbal!
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.