6 Agustus 2022 3:10 pm

Anda Mengalami Bau Mulut?! Berikut Ini Beberapa Cara Jitu Atasi Bau Mulut Dalam Sekejap!

Anda Mengalami Bau Mulut?! Berikut Ini Beberapa Cara Jitu Atasi Bau Mulut Dalam Sekejap!
Sekitar 3 dari 10 orang bisa mengalami bau mulut yang tidak sedap, atau biasa disebut halitosis. Kondisi ini tidak jarang membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri dan bahkan mengganggu hubungan sosial dan kualitas hidup mereka.

Lebih dari 90 persen kasus bau mulut berasal dari gigi dan mulut yang kotor karena bakteri. Meski begitu, ada banyak faktor lainnya yang juga bisa menyebabkan bau mulut.

Beberapa Penyebab Bau Mulut


Salah satu penyebab bau mulut kronis ialah gigi berlubang, yang berasal dari bakteri di dalam gigi berlubang dan menyebabkan nafas menjadi tidak sedap. Namun bukan hanya gigi berlubang, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami halitosis, di antaranya :

1. Makanan atau minuman tertentu


Bau mulut tidak sedap bisa muncul akibat konsumsi minuman atau makanan tertentu, seperti kopi, bawang, petai, jengkol, rempah-rempah, dan makanan beraroma menyengat lainnya.

2. Kebersihan mulut tidak terjaga


Sisa makanan di gigi, gusi, atau lidah dapat memicu pertumbuhan bakteri dan plak di mulut sehingga menyebabkan bau mulut tidak sedap. Itulah mengapa sangat penting untuk menggosok gigi setiap hari terutama setelah makan.

3. Rokok


Kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap. Tak hanya itu, perokok aktif juga lebih berisiko mengalami penyakit gusi dan mulut kering yang bisa membuat bau napas menjadi semakin parah.

4. Mulut kering


Mulut kering terjadi ketika mulut tidak memproduksi air liur dalam jumlah yang cukup. Padahal, air liur dapat membersihkan mulut dari sisa makanan penyebab bau tidak sedap.

5. Gangguan pencernaan


Bau mulut tidak sedap dapat disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan lambung dan usus (gastrointestinal), seperti infeksi H. pylori dan penyakit asam lambung / GERD.

6. Masalah gusi


Bau mulut tidak sedap yang berlangsung terus-menerus juga dapat disebabkan oleh masalah gusi, yang umumnya disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi.

7. Infeksi mulut


Bau mulut juga bisa disebabkan oleh luka atau infeksi setelah operasi mulut atau pencabutan gigi. Selain itu, infeksi mulut juga bisa disebabkan oleh kerusakan gigi, penyakit gusi, atau sariawan.

Selain berbagai kondisi di atas, bau mulut tidak sedap juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit lain berikut ini :
  • Infeksi di telinga, hidung, dan tenggorokan.
  • Infeksi saluran pernapasan, misalnya bronkitis kronis
  • Batu amandel
  • Penyakit atau gangguan pada organ hati atau ginjal
  • Diabetes
  • Sleep anpnea

Cara Efektif Mengatasi Bau Mulut!


1. Minum air putih


-

Banyak minum air putih jadi cara termudah untuk mengatasi serta menghilangkan bau mulut. Asupan cairan yang cukup dapat meningkatkan produksi air liur. Dengan begitu, mulut akan lebih lembap dan napas pun terasa tetap segar.

Tidak ada takaran pasti berapa banyak kita harus minum. Pastikan saja untuk langsung minum segelas air setiap kali Fixas merasa haus. Ingat, perbanyak minum air putih, bukan minuman berkafein ataupun manis.

2. Sikat gigi


Pastikan Fixas menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari menggunakan pasta gigi ber-fluorida. Fluorida adalah mineral yang efektif membantu melindungi gigi dari kerusakan. Jangan lupa untuk ganti sikat Anda setiap 3-4 bulan sekali. Bulu sikat yang tipis tidak akan efektif untuk membersihkan gigi dari plak dan sisa makanan.

3. Flossing gigi


Melakukan flossing setelah menggosok gigi sangat efektif untuk kebersihan mulut. Flossing adalah teknik membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Benang gigi dapat membantu membersihkan sisa makanan yang tersangkut di sela gigi dan tidak terjangkau oleh bulu sikat.

4. Pakai obat kumur


Selain menghilangkan bau mulut, berkumur juga dapat membersihkan keseluruhan rongga mulut dari sisa makanan dan plak. Baiknya berkumur rutin dua kali sehari setelah menyikat gigi dan flossing. Hindari membeli obat kumur yang mengandung alkohol. Alkohol dapat membuat

5. Membersihkan lidah


Bersihkan lidah menggunakan sikat gigi atau scraper sebagai cara menghilangkan bau mulut. Gosok mulai dari pangkal lidah paling dalam sampai bagian ujung secara perlahan menggunakan sikat gigi/csraper. Setelah itu, kumur-kumur dengan air bersih.

6. Kumur soda kue


Soda kue alias natrium bikarbonat juga dapat digunakan sebagai obat kumur alami untuk menghilangkan bau mulut. Penelitian menunjukkan bahwa soda kue efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut. Caranya cukup melarutkan 2 sendok teh soda kue ke dalam segelas air hangat, lalu pakai berkumur selama 30 detik.

7. Hindari makanan penyebab bau mulut


Semua makanan yang anda makan akan memengaruhi bagaimana aroma mulut dan napas anda nantinya. Sebab, senyawa penyebab bau mulut yang terkandung dalam makanan-makanan tersebut dapat bertahan di mulut.

8. Berhenti merokok


Bau mulut orang yang merokok cenderung beraroma kuat yang tidak sedap. Ini karena perokok aktif lebih mudah untuk mengalami berbagai masalah gigi dan mulut. Ingat, berhenti merokok tidak hanya membuat napas jadi lebih segar. Berhenti merokok juga meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

9. Konsultasi ke dokter gigi


Bau mulut yang menyengat dapat menjadi tanda dari kondisi medis yang lebih serius, misalnya diabetes dan penyakit ginjal. Oleh sebab itu, bila sejumlah cara yang di atas tidak juga mempan menghilangkan bau mulut, segera berobat ke dokter gigi. Dokter akan mencari tahu penyebab mulut bau dengan memeriksa rongga mulut Anda secara menyeluruh.

Beragam Makanan Yang Menghilangkan Bau Mulut


Ketika Fixas tidak bisa langsung membersihkan gigi, coba sejumlah makanan dan minuman di bawah ini sebagai cara menghilangkan bau mulut :

1. Permen karet


-

Mengunyah permen karet bisa jadi cara menghilangkan bau mulut dengan sekejap di kala darurat. Selain itu, permen karet dapat membantu meningkatkan produksi air liur untuk membilas sisa-sisa plak yang menyelip di gigi. Sebaiknya, pilih permen karet rasa mint dan hindari permen karet dengan rasa manis. Selain karena rasa mint dapat menyamarkan bau tak sedap di mulut, kandungan gula juga tidak terlalu baik.

2. Susu dan Yogurt


Susu dan yogurt bisa jadi cara ampuh lainnya untuk menghilangkan bau mulut. Kandungan probiotik dalam yogurt dapat melawan bakteri jahat di mulut. Pilihlah yogurt plain alias yang tanpa rasa sebagai pilihan terbaik untuk mengatasi bau mulut.

3. Buah apel


Selain bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, ternyata buah juga berperan aktif dalam menghambat aktivitas bakteri penyebab bau mulut. Salah satu buah yang bisa anda konsumsi sebagai cara menghilangkan bau mulut adalah apel. Selain kaya serat yang baik untuk melancarkan metabolisme, apel juga efektif meredakan bau mulut.

4. Makanan kaya vitamin C


Sayur dan buah yang kaya akan vitamin C juga dapat menjadi cara sehat serta praktis menghilangkan bau mulut tak sedap. Buah seperti seperti jeruk, stroberi, jambu, dan anggur diketahui dapat menghasilkan asam pada mulut.

Asam yang dihasilkan buah dan sayuran ini dapat membantu mencegah bakteri jahat berkembang biak di dalam mulut. Di sisi lain, vitamin C dibutuhkan untuk menguatkan sistem imun tubuh guna melawan bakteri penyebab penyakit. Termasuk, melawan bakteri penyebab bau mulut.

5. Teh hijau


Green tea atau teh hijau telah lama diketahui mengandung zat yang bersifat antibakteri dan antioksidan, serta terbukti mampu mengurangi peradangan. Kabar baiknya, teh hijau ternyata juga ampuh menghilangkan bau mulut.

6. Daun sirih


Tumbuhan ini sering dipakai sebagai obat herbal, dan secara tradisional, daun sirih banyak digunakan dengan cara dikunyah. Menurut beberapa penelitian, daun sirih memiliki efek antibakteri dan antiradang yang dapat membantu menjaga Kesehatan mulut.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.