14 Juni 2022 3:38 pm

Anak Rewel Karena Sakit Gigi, Ini Solusinya!

Anak Rewel Karena Sakit Gigi, Ini Solusinya!
Halo, Parents?! Pernah menghadapi si kecil yang mengeluh sakit gigi?

Dalam masa pertumbuhan, tentunya si kecil yang biasanya senang dengan permen, kue, dan makanan manis lainnya, pasti sangat rentan dengan masalah pada giginya.

Parents pasti juga pernah mengalami sakit gigi, yang dapat membuat sakit kepala dan mengganggu aktivitas.

Kebanyakan masalah sakit gigi pada anak-anak sama dengan yang dialami orang dewasa.

Kalau sudah terkena sakit gigi, si kecil biasanya akan susah makan, rewel, dan susah konsentrasi dalam belajar sampai tidak mood bermain. 😥-

Masalah Gigi Apa Yang Biasa Dialami Anak-anak?


Parents perlu kenali apa yang menyebabkan si kecil rewel saat sakit gigi. Dalam masa pertumbuhan si buah hati, gigi susu akan tanggal satu per satu digantikan dengan gigi baru. Pada saat ini tidak jarang menyebabkan anak mengeluh sakit gigi.

Tapi perlu diperhatikan ya Parents, karena apabila disebabkan masalah lainnya, si kecil tentu perlu penanganan agar sakit gigi tidak semakin parah. Nah apa saja penyakit gigi yang biasa dialami anak-anak?

  • Tumbuh Gigi Baru
  • Gigi berlubang
  • Gusi Bengkak
  • Abses Gigi
  • Enamel Retak

Apa Saja Penyebab Sakit Gigi?


Dalam pertumbuhan si kecil, mereka juga baru belajar bagaimana cara merawat kesehatan mulut, ada kalanya si kecil suka berlebihan mengkonsumsi makanan manis dan tidak mau menggosok gigi.

Penyebab sakit gigi bisa bermacam-macam ya, Parents, seperti :

  • Kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut
  • Kurang makan makanan berserat
  • Gigi yang Sensitif
  • Sering Mengkonsumsi Makanan / Minuman Manis

Kebanyakan kasus dikarenakan jarangnya menyikat gigi setelah mengkonsumsi makanan manis, hingga sisa-sisa makanan mengendap di sela-sela gigi, dan menyebabkan bakteri bersarang di dalam mulut.

Bakteri ini yang membuat kandungan gula berubah menjadi asam hingga terciptanya gigi berlubang. Jadi penting ya agar Parents membiasakan anak untuk menyikat gigi. 😉-

Seperti yang dikatakan juga oleh, Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc - seorang pakar kesehatan gigi dan mulut, bahwa "Minuman dan makan manis tersebut biasanya disukai bakteri, ketika ada yang manis di mulut akan menjadi asam. Inilah yang membuat gigi berlubang. Jika gigi berlubang, sisa makanan pun akan masuk ke gigi, alhasil bau mulut dan nafas tidak sedap pun terjadi."

Pertolongan Pertama Pada Anak Saat Sakit Gigi


Parents tidak perlu khawatir bila si kecil mengalami sakit gigi, segera berikan treatmen untuk meredakan rasa sakitnya, dan jangan lupa untuk periksa ke Dokter. Parents bisa mencoba cara-cara berikut untuk mengatasi keluhan sakit gigi pada si kecil :

1. Kumur dengan Air Hangat + Garam


larutan air garam
larutan air garam

Cara tradisional ini biasa digunakan apabila muali terasa nyeri pada gigi atau gusi. Coba berikan si kecil air hangat untuk berkumur beberapa kali, dan bisa juga ditambahkan dengan garam pada larutan air.

2. Kompres dengan air dingin / Es


air es
air es

Selain dengan larutan air garam, pada kondisi sakit gigi yang menyebabkan pipi sampai bengkak, Parents bisa mengkompres pada bagian luar pipi dengan air dingin atau es batu menggunakan handuk kecil atau saputangan.

3. Beri Jeruk Nipis


jeruk nipis
jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi dan dapat meredakan rasa nyeri saat sakit gigi. Cukup potong jeruk nipis menjadi potongan kecil lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit.

4. Obat Sakit Gigi Anak - GUMAFIXA


gumafixa-obat sakit gigi anak
gumafixa-obat sakit gigi anak

GUMAFIXA merupakan satu-satunya obat herbal alami untuk sakit gigi yang sudah ber-BPOM, yang aman digunakan bagi anak-anak. Kandungan yang terdapat dalam GUMAFIXA adalah Oleum Syzygium Aromaticum Folium dan Oleum Peppermint Folium.

Bahan tersebut merupakan Minyak Atsiri yang berasal dari Daun Cengkeh berkualitas tinggi dan Peppermint, yang terkenal sebagai pereda nyeri alami yang efektif mengobati sakit gigi.

Cocok digunakan pada anak-anak karena aromanya tidak menyengat, tidak terasa pahit di mulut, dan tidak menimbulkan rasa terbakar, serta aman bila tidak sengaja tertelan.

Cara pemakaiannya sangat mudah, Parents! Untuk anak-anak cukup dengan meneteskan 1-2 tetes GUMAFIXA ke kapas lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit, atau larutkan dengan air hangat untuk berkumur.

Itulah yang menjadikan GUMAFIXA obat herbal rekomended yang aman untuk sakit gigi pada anak-anak. Jadi apabila si kecil mengeluh sakit gigi, Parents tidak perlu khawatir jika sudah sedia GUMAFIXA di rumah. 😉-

Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati ya Parents! Yuk, biasakan si kecil untuk menghindari makanan manis sebelum tidur, dan biasakan mereka untuk rutin menggosok gigi setidaknya dua kali sehari, atau setelah makan yang manis-manis. 😊-
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.