28 Juni 2023 11:28 am

8 Manfaat Daging Kambing yang Harus Kamu Tahu! Terutama Jika Kamu Memiliki Anemia!

8 Manfaat Daging Kambing yang Harus Kamu Tahu! Terutama Jika Kamu Memiliki Anemia!
Mendekati Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban, hidangan sehari-hari kita akan segera digantikan oleh daging kambing, atau sapi yang melimpah.

Namun tak sedikit yang beranggapan mengonsumsi daging kambing bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Darah tinggi, jantung hingga stroke menjadi tiga dari banyak penyakit yang bisa muncul akibat daging kambing.

Sebenarnya, daging kambing adalah salah satu daging merah yang paling sehat untuk dikonsumsi karena lebih rendah lemak jenuh dan kolesterol dibandingkan dengan jenis daging merah lainnya.

Daging kambing juga merupakan sumber nutrisi dan vitamin yang kaya seperti protein, zat besi, B12, dan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. Selama daging disiapkan dengan benar tentu dapat memberikan manfaat bagi tubuh kita.

Kandungan Gizi Dalam Daging Kambing


Komposisi nutrisi dalam daging kambing dapat bervariasi tergantung pada cara penyajiannya dan ukuran porsi yang dikonsumsi.

Menurut data Departemen Pertanian Amerika Serikat, dalam setiap 100 gram daging kambing mengandung sekitar 143 kalori, jumlah ini lebih rendah dibandingkan dengan daging ayam, sapi, dan domba.

Dalam daging kambing juga terkandung sekitar 27 gram protein, dengan kandungan lemak yang cukup rendah, sekitar 3 gram. Namun, daging kambing memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, yaitu sekitar 75 mg.

Seperti halnya daging sapi, daging kambing juga mengandung zat besi, vitamin B12, fosfor, selenium, magnesium, kalium, dan bahkan omega 3.

8 Manfaat Daging Kambing Untuk Kesehatan Tubuh


1. Mencegah anemia


-

Daging kambing diklaim memiliki kemampuan untuk mencegah gejala anemia yang disebabkan oleh defisiensi zat besi dan anemia megaloblastik. Hal ini disebabkan oleh kandungan gizi daging kambing yang kaya akan vitamin B12, kalsium, asam folat, dan zat besi.

Nutrisi ini dapat membantu tubuh dalam produksi sel darah merah yang cukup. Sel darah merah berperan dalam mengangkut oksigen dan nutrisi penting ke seluruh organ tubuh agar tetap berfungsi dengan baik.

2. Membantu penurunan berat badan


Mengonsumsi daging kambing sebagai sumber protein dalam hidangan dapat membantu mengurangi asupan kalori harian saat menjalani diet dengan kekurangan kalori.

Daging kambing terbukti memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi atau ayam, yakni sekitar 268 kalori dan 120 kalori per 100 gram.

Selain itu, mengonsumsi daging kambing juga dapat membantu mengurangi rasa lapar. Hal ini dikarenakan protein mampu mengurangi kadar hormon ghrelin, yang merupakan hormon pemicu rasa lapar.

3. Menjaga kesehatan sistem saraf


Daging kambing merupakan sumber energi yang kaya dan juga mengandung vitamin B12 yang baik untuk sistem saraf manusia. Dalam setiap 100 gram daging kambing, terdapat sekitar 4,4 mcg atau 74% dari kebutuhan harian akan vitamin B12.

Kandungan vitamin B12 yang tinggi dalam daging kambing ini memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan sistem saraf.

4. Meningkatkan kesehatan tulang


Dalam 100 gram daging kambing terkandung sekitar 272 mg fosfor, yang merupakan sekitar 27% dari kebutuhan harian. Fosfor merupakan salah satu zat yang penting untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang.

5. Membantu pembentukan otot


Daging kambing memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Protein dikenal sebagai zat yang sangat penting untuk pembentukan dan pertumbuhan otot.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


-

Daging kambing mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gram daging kambing, dapat memenuhi sekitar 26% kebutuhan harian zat besi tubuh kita. Salah satu manfaat zat besi yang sudah diketahui adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Mencegah risiko cacat lahir


Daging kambing kaya akan asam folat. Seperti yang dilaporkan dalam manfaat kesehatan, asam folat sangat penting dalam mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

8. Menjaga kesehatan kulit


Dengan kandungan asam lemak omega-3 dalam daging kambing, kulit dapat mendapatkan perlindungan dari antioksidan. Senyawa ini membantu mengurangi munculnya keriput dan bintik-bintik penuaan pada kulit.

Meskipun daging kambing memiliki manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan proporsi yang sehat dan seimbang, konsumsi daging kambing matang tidak lebih dari 70 gram per hari.

Menghindari konsumsi berlebihan daging merah secara umum disarankan untuk menjaga keseimbangan nutrisi dan mengurangi risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung.

Selain itu, memilih potongan daging yang rendah lemak dan mengolahnya dengan cara memasak sehat, seperti dipanggang, direbus, atau dikukus, dapat membantu menjaga keuntungan kesehatan daging kambing.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.