16 Desember 2022 4:16 pm

7 Tips Sederhana Untuk Jaga Kesehatan Jantungmu!

7 Tips Sederhana Untuk Jaga Kesehatan Jantungmu!
Berdasarkan laporan Kemenkes RI, penyakit jantung menjadi penyebab kematian kedua di Indonesia setelah penyakit stroke. Penderita penyakit ini sering kali tidak menduga bahwa dirinya mengidap penyakit jantung sampai ketika serangan itu terjadi.
Dan banyak orang yang berusia lebih muda menganggap penyakit ini hanya menyerang mereka yang sudah lanjut usia. Nyatanya penyakit jantung dapat dialami siapa saja!

Berikut ini 7 tips yang dapat kita lakukan untuk mengurangi risiko penyakit jantung!

1. Menjaga Kesehatan Mulut


-

Tahukah Fixas jika kesehatan satu bagian tubuh dengan bagian lainnya saling berkaitan satu sama lain? Misalnya kesehatan mulut dengan jantung. Masalah di jantung bisa terjadi ketika terjadi gejala penyakit gusi, mulut, dan gigi yang bertambah parah dan tidak mendapat perawatan.

Ketika bertambah parah, baik itu bakteri maupun jamur bisa berpindah ke aliran darah dan meningkatkan protein C-reaktif. Protein bisa menimbulkan peradangan pada pembuluh darah sekitar jantung.

Oleh karena itu, jangan lewatkan rutinitas menggosok gigi 2 kali sehari, pagi sebelum sarapan dan malam hari sebelum tidur. Bersihkan juga gigi dengan flossing atau menggunakan benang gigi.

2. Kurangi Garam


Mengurangi asupan garam menjadi tips jantung sehat selanjutnya. Hal ini dilakukan guna menjaga tekanan darah dalam tubuh agar tetap stabil. Jika ingin mengonsumsi makanan kemasan, perhatikan label kemasan terlebih dulu sebelum membeli.

Makanan dengan kandungan tinggi garam memiliki kadar di atas 1.5 gram garam (0.6 gram sodium) per 100 gramnya. Sedangkan asupan garam yang direkomendasikan adalah 6 gram garam per hari, atau sekitar satu sendok teh.

3. Tidur / Istirahat yang Cukup


-

Perlu Fixas ketahui bahwa tidur adalah waktu bagi tubuh Anda untuk beristirahat. Jika Anda sering tidur larut malam, maka jam biologis tubuh akan rusak. Kondisi ini bisa menyebabkan tekanan darah menjadi naik dan peradangan, sehingga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, jantung kita tidak hanya bekerja lebih keras saat kita kekurangan asupan gizi dan air, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh tingkat stres dan tekanan darah. Saat Fixas memaksa tubuh sampai ke luar batasnya, ada banyak bagian dalam tubuh Anda yang akan terganggu, terutama jantung.

Istirahat yang cukup akan memastikan bahwa metabolisme Anda berjalan optimal, stres Anda lebih terkelola, dan tekanan darah yang normal.

Dan cobalah untuk tidur lebih awal dan bangun pagi hari setiap hari, sekalipun Anda sedang libur. Jauhkan segala hal yang dapat mengganggu tidur Anda pada malam hari, seperti main ponsel atau menonton tv. Pastikan Anda tidur setidaknya 7-8 jam per hari.

4. Berhenti Merokok


Jika kamu adalah perokok pasif, cobalah hindari paparan asap rokok! Namun jika kamu adalah perokok aktif, mulai saat ini sebaiknya berhenti merokok.

Merokok merupakan salah satu pemicu rusaknya jantung dan menjadi penyebab utama penyakit jantung coroner, karena bahan kimianya bisa mendorong pembentukan plak pada pembuluh arteri di jantung. Plak ini bisa menumpuk seiring waktu dan menyumbat aliran darah sehingga bisa menyebabkan penyakit jantung nantinya.

Untuk itu, sebaiknya Anda berhenti merokok. Anda juga perlu menghindari orang yang sedang merokok karena asapnya juga bisa tercium oleh Anda.

5. Perbanyak Konsumsi Sayur & Buah


-

Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral untuk tubuh Anda. Selain itu, jenis makanan ini mengandung senyawa antioksidan yang bisa mencegah peradangan, kaya serat, dan rendah kalori.

Kandungan nutrisinya ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan jantung. Anda bisa menambahkan berbagai jenis sayur sebagai menu makan, dan buah-buahan sebagai camilan sehat. Jangan lupa, cuci sayur dan buah tersebut lebih dahulu dengan air mengalir sebelum dimakan.

6. Rutin Berolahraga


Olah raga atau setidaknya melakukan aktivitas fisik ringan secara rutin dapat menolong jantung kita untuk tetap sehat. Saat kita berolah raga (yang dimulai dengan pemanasan yang tepat, tentunya) jantung akan memompa darah lebih deras sehingga pembuluh-pembuluh darah kita menjadi lebih lentur.

Selain itu, oksigen akan terdistribusi ke seluruh bagian tubuh kita sehingga membuat kita menjadi lebih bugar.

7. Kelola Stres Dengan Baik


Saat seseorang sedang stres berat, tekanan darah bisa meningkat. Stres juga menganggu kualitas tidur seseorang sehingga bisa memperburuk kesehatan jantung.

Apalagi banyak orang yang menjadikan minuman alkohol, merokok, dan makanan berlebihan sebagai cara menghilangkan stres yang mereka hadapi. Padahal, tindakan tersebut justru menurunkan kesehatan jantung.

Oleh sebab itu, Anda perlu tahu caranya mengelola stres. Ada banyak cara sehat untuk mengatasi stress, seperti berolahraga, melakukan teknik pernapasan dan meditasi, atau melakukan aktivitas yang disukai. Jika stres tidak juga teratasi, jangan ragu untuk melakukan konsultasi ke psikolog.

Menjaga kesehatan jantung adalah sesuatu yang penting. Jika Anda merasa memiliki masalah dengan jantung Anda, segeralah periksakan diri ke dokter sebelum terlambat!
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.