5 Juli 2023 12:29 pm

13 Kosmetik Ber-Merkuri Ditemukan BPOM! Apa Dampaknya Bagi Kulit Jika Kamu Pakai??

13 Kosmetik Ber-Merkuri Ditemukan BPOM! Apa Dampaknya Bagi Kulit Jika Kamu Pakai??

BPOM Temukan 13 Kosmetik Mengandung Merkuri!


Dikutip dari laman Pom.go.id, Selama tahun 2018, BPOM RI telah menemukan 112 miliar rupiah kosmetik illegal. Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito menyampaikan bahwa temuan kosmetik didominasi oleh produk kosmetik yang mengandung merkuri, hidrokinon dan asam retinoat.

BPOM RI juga menemukan enam jenis kosmetik yang sudah ternotifikasi mengandung BD/BB yaitu pewarna dilarang (merah K3) dan logam berat (timbal). Secara umum bahan tersebut dapat menyebabkan kanker (karsinogenik), kelainan pada janin (teratogenik), dan iritasi kulit.

Berikut ini daftar 13 produk kosmetik ilegal mengandung merkuri yang telah ditemukan oleh BPOM :

-

  1. Temulawak New Day and Night
  2. CAC Glow
  3. Natural 99
  4. HN Siang dan Malam
  5. SP Special UV Whitening
  6. Dr Original Pemutih
  7. Super Dr Quality Gold SPF 30
  8. Diamond Cream
  9. Herbal Plus New Day & Night
  10. Ling Zhi Day & Night
  11. Sj Sin Jung
  12. Tabita
  13. Krim Labella

Apa Itu Merkuri?


Merkuri adalah logam berat yang dapat menyerap ke dalam tubuh melalui kulit. Merkuri kerap digunakan pada kosmetik seperti krim pemutih kulit karena dapat menghambat produksi melanin, yang memberikan warna pada kulit.

Merkuri juga dapat digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik, tahi lalat, noda, dan kerutan. Keracunan merkuri dapat menyebabkan cedera yang signifikan, termasuk ruam, penyakit ginjal, dan kerusakan pada sistem saraf.

Wajah Dapat Rusak Akibat Merkuri! Ini Tandanya :


Dalam produk kosmetik, merkuri dapat ditemukan dalam dua bentuk, yaitu anorganik dan organik. Merkuri anorganik digunakan dalam sabun dan krim pemutih kulit, sementara merkuri organik banyak digunakan dalam produk pembersih riasan dan maskara.

-

Berikut adalah beberapa efek yang harus diwaspadai akibat penggunaan merkuri pada wajah.

1. Ruam kemerahan


Salah satu efek samping yang sering muncul akibat penggunaan merkuri pada wajah adalah ruam kemerahan. Hal ini disebabkan oleh senyawa klorida yang terkandung dalam merkuri, yang dapat menyebabkan sensasi terbakar pada kulit dan membuatnya tampak merah. Selain itu, kulit wajah juga dapat terasa panas.

2. Kulit mudah terkelupas


Jika wajah terkena merkuri, kulitnya akan cenderung mudah terkelupas. Pada awalnya, mungkin terlihat seperti efek yang baik karena membuat kulit terlihat lebih putih. Namun, ini bukan hanya terjadi pada awal penggunaan saja. Secara bertahap, kulit akan semakin sering mengelupas akibat paparan merkuri, dan menyebabkan rasa perih pada kulit wajah.

3. Penipisan lapisan kulit


Akibat kulit yang mudah terkelupas, lapisan kulit akan mengalami penipisan. Biasanya, ini terjadi setelah penggunaan merkuri dalam jangka waktu yang lama. Penipisan lapisan kulit ini dapat merusak pelindung kulit. Akibatnya, kulit wajah menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap masalah kulit.

4. Iritasi kulit


Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, bahan kimia seperti merkuri dapat menyebabkan iritasi kulit. Gejala iritasi kulit yang mungkin timbul meliputi rasa gatal, perih, dan kemerahan pada wajah.

Jika kamu mengalami gejala ini setelah menggunakan produk kecantikan, sebaiknya segera hentikan penggunaannya dan berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mencegah kerusakan kulit yang lebih parah.

5. Munculnya jaringan parut


Penggunaan merkuri pada wajah juga dapat menyebabkan munculnya jaringan parut. Biasanya, jaringan parut muncul sebagai hasil dari proses penyembuhan luka setelah mengalami masalah kulit, dan sulit untuk dihilangkan. Jika jaringan parut muncul di wajah, hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri.

6. Perubahan warna kulit


Merkuri dapat menyebabkan perubahan warna kulit, karena kandungan klorida dalam merkuri yang menghambat produksi melanin pada kulit wajah. Inilah mengapa penggunaan merkuri dapat memberikan efek pemutihan instan pada kulit wajah.

Efek Keracunan Merkuri Bagi Tubuh


Di samping itu, merkuri juga dapat mengganggu kinerja organ-organ tubuh yang berbeda, termasuk otak, jantung, paru-paru, ginjal, dan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan oleh efek keracunan merkuri ketika zat tersebut masuk ke dalam tubuh.

Beberapa gejala keracunan merkuri yang mungkin muncul meliputi :
  1. Insomnia
  2. Fungsi kognitif dan daya ingat menurun
  3. Tremor
  4. Perubahan emosi
  5. Gangguan sensorik, termasuk gangguan penglihatan, pendengaran, dan bicara
  6. Penurunan kemampuan indra perasa
  7. Penurunan fungsi koordinasi tubuh
  8. Mati rasa dan kesemutan di tangan, kaki, atau sekitar mulut

Sebagai pengguna kosemtik dan skincare, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakan produk kecantikan termasuk pemutih kulit. Jangan pula mudah tergiur dengan hasil instan.

Agar tidak terjebak dalam produk kosmetik menggandung merkuri pastikan cek nomor BPOM dan periksa label kemasan pada produk yang kamu pakai.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.