15 Juni 2023 3:40 pm

10 Tips Ampuh Buat Kamu yang Sering Ngantuk di Siang Hari!!

10 Tips Ampuh Buat Kamu yang Sering Ngantuk di Siang Hari!!
Mengantuk di siang hari memang wajar, terutama kalau kita kurang tidur di malam hari atau karena kelelahan. Tapi, pasti ada nih di antara kita yang terlalu sering mengantuk bahkan sampai ketiduran, entah itu di sekolah maupun di tempat kerja. Kalau sudah seperti itu tentu kamu akan sulit untuk fokus.

Gejala Kantuk Akut


Mengantuk yang dibilang nggak wajar kalau terjadi terlalu sering, dalam jangka waktu yang lama, atau tanpa alasan yang jelas. Rasa kantuk yang tidak normal ini, biasanya juga disertai dengan gejala lain, seperti lambat merespon, sering lupa, kerap ketiduran di situasi yang tidak cocok, dan susah mengendalikan emosi.

Selain itu, kantuk yang enggak biasa juga sering bikin hal-hal berikut terjadi :
  • Ingin terus tidur atau sering ketiduran di siang hari
  • Sulit fokus saat lagi belajar, kerja, atau nyetir
  • Prestasi di sekolah atau produktivitas kerja jadi menurun
  • Gampang tertidur ketika nonton TV atau baca buku
  • Dan sering mengalami microsleep

Microsleep adalah kondisi saat seseorang tiba-tiba tertidur dalam waktu sangat singkat, biasanya kurang dari satu menit, tanpa sadar, yang disertai dengan sentakan kepala yang keras.

Ini sering terjadi saat seseorang sangat mengantuk atau kelelahan. Microsleep bisa berbahaya, terutama saat melakukan aktivitas seperti mengemudi atau bekerja.

Penyebab Sering Mengantuk


1. Depresi


Depresi dapat menyebabkan kelelahan kronis dan mengganggu pola tidur normal, yang dapat menyebabkan seseorang sering merasa mengantuk di siang hari.

2. Konsumsi minuman alkohol


Meskipun alkohol dapat membuat seseorang merasa mengantuk awalnya, tetapi seiring waktu, alkohol dapat mengganggu tidur yang nyenyak dan menyebabkan terbangun di tengah malam. Akibatnya, keesokan harinya seseorang bisa merasa lebih mengantuk dan kurang bertenaga.

3. Sindrom kaki gelisah atau restless leg syndrome (RLS)


RLS adalah gangguan neurologis yang ditandai oleh sensasi tidak nyaman atau rasa ingin bergerak pada kaki, terutama saat beristirahat atau tidur. RLS dapat mengganggu tidur dan menyebabkan kelelahan dan ngantuk di siang hari.

4. Narkolepsi


Narkolepsi adalah gangguan tidur kronis yang ditandai oleh keinginan yang tak terkendali untuk tidur secara tiba-tiba dan serangan tidur mendadak di siang hari. Orang dengan narkolepsi sering merasa sangat mengantuk dan kesulitan mempertahankan kewaspadaan.

5. Parasomnia


Parasomnia meliputi berbagai gangguan tidur yang mempengaruhi perilaku atau aktivitas fisik saat tidur. Beberapa jenis parasomnia, seperti somnambulisme (tidur berjalan) atau meringkuk, dapat mengganggu tidur yang berkualitas dan menyebabkan kelelahan di siang hari.

Tips Mencegah Kantuk Di Siang Hari


Jika seringnya mengantuk sampai mengganggu aktivitasmu di siang hari, kamu perlu mencoba cara berikut untuk mengatasinya.

1. Minum kafein.


-

Kafein adalah zat stimulan. Ini bisa membantu kamu tetap terjaga di siang hari jika kamu merasa sangat ngantuk. Tapi, minuman yang mengandung kafein seperti kopi, atau soda bisa membuat sulit tidur meskipun kamu merasa lelah. Maka dari itu, kamu tetap harus menghindari kafein menjelang jam tidur.

2. Makan camilan.


Pilihlah camilan rendah gula dan tinggi serat dapat membantu menjaga energi lebih lama, seperti :
  • Yogurt dengan kacang dan buah-buahan
  • Selai kacang dan sayuran atau biskuit gandum utuh
  • Wortel dengan saus krim keju rendah lemak.

3. Istirahat sejenak.


Kamu bisa menjadwalkan waktu tidur siang untuk memulihkan energi. Namun, jika tidur siang terlalu berlebihan, kamu mungkin tidak bisa tidur di malam hari. Usahakan jangan tidur siangmu terlalu lama. Sebaiknya lakukan sekitar 6 atau 7 jam sebelum waktu tidur malammu.

4. Berolahraga.


Aktivitas fisik teratur dapat membuatmu tetap bertenaga dan memudahkan tidur di malam hari. Meskipun kamu mungkin tidak merasa ingin berolahraga jika merasa ngantuk di siang hari, cukup berjalan santai selama 15 menit saja bisa memberikanmu tambahan energi yang kamu butuhkan.

5. Berjemur.


Cahaya dan tidur saling berhubungan. Cahaya, terutama sinar matahari, memengaruhi jam internal tubuhmu. Penting untuk terpapar sinar matahari pada siang hari agar tetap terjaga dan mendorong tidur berkualitas di malam hari.

6. Hindari merokok dan alkohol.


Nikotin dapat merangsang tubuhmu dengan cara yang dapat mengganggu tidurmu. Sementara alkohol mungkin membuatmu lebih mudah tertidur, tapi setelah efeknya hilang akan mengganggu tidurmu nanti di malam hari.

7. Tetap terhidrasi.


Kamu mungkin merasa sangat lelah karena dehidrasi. Minumlah air sepanjang hari, terutama setelah berolahraga.

8. Terapkan kebiasaan tidur yang baik.


Untuk memaksimalkan kebiasaan tidur yang baik, pertahankan jadwal tidur yang konsisten, pastikan kamar tidurmu bebas dari gangguan, atur dengan nyaman, dan ikuti rutinitas yang menenangkan sebelum tidur.

9. Istirahat sejenak dari monitor.


Menatap komputer, tablet, atau ponsel dalam waktu yang lama dapat menguras tenaga mata dan membuatmu merasa lelah. Setiap beberapa menit, berhenti sejenak untuk melihat sesuatu yang lain, atau tutup mata sejenak untuk memberikan istirahat pada mata.

10. Kurangi stresmu.


Saat mengalami stres, kamu menggunakan banyak energi. Berolahraga, yoga, mendengarkan musik, menghabiskan waktu bersama orang yang kamu sayangi, dan membaca adalah contoh cara untuk mengurangi stres.

Selain cara-cara di atas, penelitian juga menunjukkan bahwa terapi seperti konseling atau terapi perilaku kognitif dapat membantu mengurangi kecemasan atau stres yang menguras energi dan membuatmu mengantuk.
Kontak Kami
081392630833
081228237993
official@fixaherba.id
Bumi Arca Indah Blok 14 nomor 7b Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas
Social Media
Our Payment Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Our Shipping Partner
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2022 Fixaherba. All rights reserved.